Cara Menggunakan Fibonacci Retracement Dengan Garis Support dan Resistance

Seperti yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya bahwa teknik fibonacci retracement ini adalah sebuah teknik analisis yang sangat berguna dalam trading tetapi tidak selalu berguna jika kita tidak memanfaatkannya dengan cara yang benar yaitu tanpa menggunakan bantuan teknik yang lainnya. Artinya teknik ini tidak bisa berdiri sendiri tetapi perlu dikombinasikan dengan teknik lainnya agar dapat memberikan hasil yang optimal.
Fibonacci Retracement Dengan Support dan Resistance
Fibonacci Retracement Dengan Support dan Resistance

Ibarat yang bisa saya sampaikan disini adalah seperti pemain bola, Ronaldo, yang tidak akan bisa mencetak goal ke gawang lawan tanpa adanya bantuan pemain-pemain lainnya begitu juga dengan metode fibonacci retracement.

Fibonacci Retracement dengan Support dan Resistance

Salah satu cara terbaik menggunakan metode fibonacci retracement adalah menentukan titik potensial level ssupport dan resistance kemudian melihat apakah mereka sebaris dengan fibonacci retracement. Jika level fibonacci menjadi level support dan resistance dan kemudian Anda kombinasikan dengan daerah harga yang banyak trader melihatnya maka pantulan harga dari daerah harga ini sangatlah besar peluangnya.

OK, mari kita lihat contoh kombinasi antara level support dan resistance dengan fibonacci retracement terhadap daily chart USD/CHF dibawah ini.
Daily Chart USD/CHF

Seperti yang terlihat bahwa kondisi pasar sedang uptrend dan jika melihat candlestick berwarna hijau maka Anda pasti ingin masuk pasar dengan membuka posisi BUY USD/CHF.

Tetapi tunggu dulu "berapakah daerah harga yang tepat untuk masuk kedalam pasar?" dengan menggunakan fibonacci retracement maka jawaban ini akan terjawab. Dengan menggunakan harga 1.0132 pada 11 januari sebagai swing low dan 1.0899 pada 19 januari sebagai titik swing high maka Anda akan mendapatkan grafik yang sangat cantik seperti dibawah ini.
Level Fibonacci dengan Support dan Resistance

Sekarang kita memiliki sebuah framework untuk menentukan daerah yang tepat untuk membuka posisi dan siap menjawab pertanyaan "berapakah daerah harga yang tepat untuk masuk kedalam pasar?" 

Setelah melihat grafik Anda menemukan bahwa titik harga 1.0510 adalah sebuah level resistance dimasa lalu dan segaris dengan level fibonacci pada level 50%. Jadi jika level resistance ini dapat dilewati maka akan menjadi level support dan daerah harga yang tepat untuk membuka posisi BUY USD/CHF.
Level fibonacci dengan Support dan Resistance Segaris

Jika Anda mengatur posisi pada daerah level fibonacci 50% maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Ketika Anda akan menerapkan metode ini maka akan ada sebuah momen yang sangat menegangkan yaitu pada tanggal 1 April bahwa harga mencoba untuk menembus level support (50%) tetapi pada akhirnya gagal dan rally terus hingga melewati titik swing high melanjutkan uptrend nya.

Anda pun juga dapat melakukan hal ini terhadap posisi downtrend. Dan point dari hal ini adalah Anda harus dapat menemukan sebuah daerah harga yang menarik pada waktu lalu. Dan jika Anda berfikir tentang hal itu maka kesempatan harga untuk memantul dari daerah tersebut sangat besar. Karena apa?

Pertama, seperti yang pernah kita diskusikan sebelumnya bahwa level support dan resistance adalah sebuah daerah harga yang sangat tepat untuk membuka posisi BUY/SELL karena banyak trader yang melihat daerah ini seperti seekor elang.

Kedua, karena kita tahu bahwa banyak trader yang menggunakan metode fibonacci retracement maka menunjukkan bahwa akan banyak trader yang membuka posisi di masing-masing level harga.

Dengan banyaknya trader yang melihat level support dan resistance maka dapat dipastikan akan banyak order di level tersebut. Walaupun tidak ada garansi yang menyatakan bahwa harga akan memantul sesuai perkiraan tetapi setidaknya Anda mempunyai sebuah kepercayaan diri untuk membuka sebuah posisi di pasar.

Dan terakhir hal yang perlu diingat adalah bahwa yang kita lakukan tidak lain adalah meningkatkan PELUANG MENANG dengan mengikuti arah pasar yang sedang bergerak dan tidak ada hal yang pasti di dalam pasar untuk itu lakukan selalu manajemen risiko didalam trading.

Tulisan Terkait:
  1. Teori fibonacci
  2. Fibonacci retracement bukan hal yang mudah
  3. Bagaimana cara menggunakan fibonacci retracement dengan candlestick jepang
  4. Bagaimana cara menggunakan fibonacci retracement dengan trend lines
  5. Cara menggunakan fibonacci retracement dengan garis support dan resistance
  6. Bagaimana cara menggunakan fibonacci retracement kedalam trading forex