Belajarlah Ilmu Keuangan Sedini Mungkin

Kepada kawan-kawanku semua balajarlah ilmu keuangan sedini mungkin bahkan ketika Anda masih didalam kandungan :) ilmu keuangan sangat penting untuk kita pelajari karena dengan ilmu tersebut kehidupan kita diharapkan dapat berjalan dengan tenang dan tenteram karena hidup tanpa hutang.
Belajarlah Ilmu Keuangan Sedini Mungkin
Ilmu Keuangan

Yang dimaksud didalam sini bukanlah ilmu keuangan yang sangat rumit seperti yang sedang Anda bayangkan tetapi setidaknya ilmu keuangan yang mampu mengatur kekayaan kita dan bagaimana menghasilkan passive income darinya.
Belajar Ilmu Keuangan
Belajar Ilmu Keuangan

Mungkin sebagian dari kita ada yang pernah melihat ataupun bahkan membaca/mempelajari tentang cashflow quadrant diatas yang penulis pernah baca sekitar tahun 2004-an, ya sekitar 12 tahun yang lalu, dengan penulis bukunya adalah Robert Kiyosaki. Jika pernah membaca bahkan mempelajari dan mempraktekkannya maka tulisan ini bisa menjadi sebuah pengingat dan jika Anda belum pernah membacanya maka bisa dijadikan keyword untuk belajar mengenai ilmu keuangan :) selanjutnya.

Penulis sendiri merasa menyesal karena hanya pernah membacanya namum belum mengerti bagaimana mempraktekkannya untuk ke-empat kuadran diatas terutama kuadran Investor setelah beberapa tahun bekerja (masuk kuadran Employee). Oke, jika masih ada yang belum pernah membaca tentang ke-empat kuadran diatas maka berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Jadi di dunia ini ada dua cara untuk mendapatkan income yaitu active income dan passive income yang kemudian dikelompokkan kedalam empat kuadran yaitu Business Owner, Investor, Emplyee, dan Self Employee.

Business Owner Anda adalah pemilik sistem mesin uang, yang jelas bukan ATM yang disebelah rumah ya :), dan Anda tidak harus mengeluarkan semua energi atau waktu untuk mendapatkan income karena para pekerja Anda yang akan melakukannya.

Investor disini uang Anda lah yang akan bekerja menghasilkan uang atau income setiap waktu nya seperti ketika Anda memiliki sebuah saham, obligasi, reksadana, dan atau kos-kosan dan sebagainya. Ketika berada di kuadran Investor kita mempunyai banyak waktu untuk melakukan banyak hal :) dan kita mempunyai kebebasan untuk melakukan apa saja.

Employee disini jika Anda ingin mendapatkan uang lebih banyak maka Anda harus menggadaikan waktu Anda lebih banyak juga. Dan satu-satunya cara agar mendapatkan income yang lebih besar adalah dengan cara mendapatkan gaji yang lebih baik.

Self Employee disini Anda adalah pemilik pekerjaan Apakah Anda ingin uang lebih banyak atau tidak itu urusan Anda dan di kuadran ini kita lebih baik dibandingkan dengan kuadran Employee karena disini Boss nya adalah Anda sendiri. Contoh pekerjaan freelance, pengacara, dokter, guru les privat dan lain sebagainya.

Posisi mana yang Anda inginkan dari keempat kuadran diatas? dan sudah ada dimana posisi Anda sekarang? jangan khawatir jika posisi Anda adalah sebagai seorang karyawan atau sedang berada didalam kuadran E tetapi menginginkan posisi sebagai Investor atau kuadran I. Jangan berkecil hati karena posisi kita adalah sama pada saat saya menulis ulasan ini.

Pertanyaan:
Apakah Saya bisa menjadi seorang Investor walaupun posisi saya sekarang adalah seorang karyawan? 

Jawaban:
Sangat bisa sekali bahkan setelah bekerja beberapa tahun maka Anda bisa menjadi seorang Investor tanpa harus menjadi seorang karyawan yang harus berangkat pagi pulang malam dan hanya bisa libur ketika sabtu dan minggu. 

Dan hal inilah yang sangat penulis sesalkan karena kekurang tahuan sehingga meskipun sudah bekerja selama 6 tahun masih saja menjadi seorang pekerja dan belum bisa menjadi full time Investor. Selain karena kekurang tahuan informasi hal ini terjadi karena minimnya ilmu finansial yang penulis miliki (baru belajar diumur 30-an) sehingga tidak mampu mengolah keuangan dengan baik. Contoh sederhanya adalah tidak mampu memprioritaskan kebutuhan dan banyaknya hutang yang kurang produktif.

Dengan Anda mempelajari ilmu finansial sejak dini maka diharapkan dapat merasakan kebebasan finansial sejak dini seperti Warren Buffet yang mengatakan penyesalannya kenapa tidak sejak kecil beliau menjadi seorang investor saham. Dan salah satu contoh orang yang mampu berubah dari seorang karyawan menjadi seorang investor adalah Lo Kheng Hong yang merupakan Warren Buffet-nya Indonesia. 

Dengan bekerja minimal 5 tahun dengan mampu menabung 5 juta perbulan (50%) berarti selama lima tahun akan terkumpul sebesar 300 juta (asumsi hanya ditabung selama 5 tahun) maka pada waktu itu juga minimal 2,25 juta perbulan (asumsi profit 9% setahun) dapat Anda kantongi dan itu adalah perhitungan paling rendah loh ya didunia investasi!

Dan hal inilah yang tidak pernah saya ketahui sejak dini sehingga tabungan pun habis untuk hal yang kurang produktif dan sampai sekarang masih bekerja atau berada dikuadran E dan tetapi jangan lupa bahwa saya juga sedang berjuang seperti Anda untuk masuk kedalam kuadran I secara full time :)