Daftar REKSA DANA Umum

Reksa dana umum yang dimaksud disini adalah reksa dana yang susunan portofolionya terdiri dari instrumen perdagangan yang tanpa memandang apa itu namanya instrumen perdagangan syariah. Jadi reksa dana ini adalah seluruh reksa dana yang susunan portofolionya antara lain adalah obligasi (surat utang), pasar uang, dan saham.

Daftar REKSA DANA Umum
Reksa Dana Umum
Jika Anda adalah orang yang sangat memperhatikan halal dan haramnya produk usaha yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan maka Anda memang wajib mempelajari Fund Fact Sheet yang disediakan oleh masing-masing Manajer Investasi (MI). Didalam Fund Fact Sheet ini Anda akan menemukan racikan portofolio reksa dana dan Anda pun akan melihat apakah instrumen perdagangan yang dimasukkan kedalam portofolio tersebut termasuk instrumen perdagangan syariah atau bukan.

Jika Anda mengalami kesulitan memilih reksa dana yang termasuk syariah atau bukan maka Anda bisa memilihnya secara langsung dari daftar Reksa Dana Syariah yang sudah dikelompokkan oleh portal reksa dana misalnya portal reksa dana Indopremier.

Dan jika Anda tidak mempedulikan jenis instrumen perdagangan yang dimasukkan kedalam portofolio reksa dana maka Anda bisa langsung saja memilih salah satu reksa dana umum yang sudah dikelompokkan kedalam beberapa jenis seperti daftar berikut dibawah ini,
  1. Daftar reksa dana money market atau pasar uang
  2. Daftar reksa dana fixed income atau pendapatan tetap
  3. Daftar reksa dana balanced fund atau campuran
  4. Daftar reksa dana equity fund atau saham

Sebelum Anda memutuskan memilih reksa dana dari daftar diatas sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu tujuan dan jangka waktu yang Anda perlukan untuk menginvestasikan modal / dana yang Anda miliki.  Kemudian silahkan Anda pelajari masing-masing risiko reksa dana tersebut diatas dan bandingkan dengan profile risiko yang Anda miliki.

Jika Anda adalah termasuk orang yang suka mengambil risiko maka silahkan Anda pilih reksa dana yang mempunyai risiko sedang / tinggi dan tentu reksa dana tersebut akan menghasilkan return yang sedang / tinggi pula. Dalam hal ini reksa dana yang bersifat High Risk High Return adalah reksa dana campuran / reksa dana saham.

Tetapi jika Anda adalah termasuk orang yang tidak suka mengambil risiko maka silahkan Anda pilih reksa dana yang risikonya kecil dan tentu reksa dana ini akan menghasilkan return yang kecil juga. Jadi Anda jangan pernah berharap reksa dana dengan nilai risiko kecil akan menghasilkan return yang tinggi.