Daftar Saham Kesehatan Atau Healthcare

Daftar saham kesehatan atau healthcare adalah daftar saham perusahaan yang usahanya menyediakan fasilitas atau pelayanan kesehatan masyarakat berupa rumah sakit.
Daftar Saham Kesehatan (Healthcare)
Daftar Saham Kesehatan (Healthcare)

Siapa yang nggak pernah ke rumah sakit?

Hampir semua orang pasti pernah pergi ke rumah sakit meskipun hanya menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit.

Ketika kamu pergi ke rumah sakit pasti kamu pernah mendengar bahwa biaya yang biasanya dikeluarkan oleh pasien nggak pernah sedikit alias banyak sekali.

Makanya ada istilah bahwa kekayaan yang paling utama adalah kesehatan.

Kenapa? Karena sebanyak apapun kekayaan materi yang kita punya, kekayaan tersebut bisa habis hanya untuk mengobati penyakit yang kita derita.

Tetapi jika kita lihat dari sisi usaha perusahaan yang sahamnya masuk kedalam daftar saham kesehatan atau healthcare, saham perusahaan yang bergerak di usaha ini adalah daftar saham perusahaan yang mempunyai prospek bisnis sangat bagus.

Daftar Saham Kesehatan Atau Healthcare

Berikut ini adalah daftar perusahaan yang usahanya menyediakan pelayanan kesehatan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

NoKode SahamNama Perusahaan
1 SAME PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav 25, Tangerang Selatan 15325
www.omni-hospitals.com
2 SILO PT Siloam International Hospital Tbk
Jl. Siloam No. 6, Lippo Karawaci 1600 Tangerang 15811
www.siloamhospitals.com
3 SRAJ PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk
Jl. Honoris Raya Kav.6 Kota Modern (Modernland) Tangerang 15117
www.mayapadahospital.com

Jika kita lihat dari daftar saham kesehatan atau healthcare yang sahamnya tercatat di papan pasar modal, jumlahnya nggak banyak. Hanya ada tiga perusahaan yang sahamnya tercatat di BEI.

Dan seperti yang saya jelaskan diawal bahwa perusahaan yang usahanya menyediakan failitas atau pelayanan kesehatan adalah perusahaan yang mempunyai prospek bisnis bagus.

Kenapa?

Karena semakin banyak orang yang menderita sakit maka semakin besar peluang perusahaan mendapatkan pendapatan, apalagi jika didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Tetapi semakin besar kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan maka bisa jadi nggak ada orang yang pergi ke rumah sakit untuk berobat. Kenapa? Karena masyarakat banyak yang sehat.

Faktor Penggerak Pergerakan Harga Saham Kesehatan Atau Healthcare

Jika kita berbicara mengenai faktor penggerak yang mampu menggerakkan harga saham kesehatan atau healthcare maka sebenarnya kita sedang berbicara mengenai faktor fundamental dan teknikal.

Faktor fundamental berhubungan secara langsung dengan kinerja perusahaan.

Semakin bagus kinerja perusahaan dalam hal membukukan keuntungan atau profit maka semakin naik harga sahamnya di pasar modal.

Kenapa? Karena semakin banyak investor atau trader saham yang membeli sahamnya. Entah itu mereka gunakan sebagai instrumen investasi atau perdagangan.

Begitu juga sebaliknya, semakin buruk kinerja yang disampaikan melalui laporan keuangan maka semakin menurun harga sahamnya. Kenapa? Karena banyak investor atau trader saham yang menjual sahamnya.

Sedangkan faktor teknikal berhubungan secara langsung dengan psikologis pelaku pasar modal yaitu persepsi investor dan trader saham ketika menilai kewajaran harga saham yang sedang diperjual belikan di pasar modal.

Semakin besar perbedaan persepsi yang terjadi di pasar modal maka semakin fluktuatif pergerakan harga sahamnya, apalagi jika dibarengi dengan volume perdagangan yang begitu besar.

Gimana, kamu tertarik membeli saham yang masuk kedalam daftar saham kesehatan atau healthcare ini.

Jika kamu tertarik membelinya, maka kamu jangan lupa untuk melakukan riset dan analisis terlebih dahulu terhadap kinerjanya.

Apakah memang benar, prospek bisnis mereka sejalan dengan kinerja aktual yang mereka miliki.