Daftar Saham Sub Sektor Pertambangan Minyak dan Gas (Crude Petroleum & Natural Gas)

Daftar saham sub sektor pertambangan minyak dan gas (crude petroleum & natural gas) adalah daftar saham yang unit usahanya adalah melakukan pengeboran bumi untuk mendapatkan minyak dan gas yang terkandung didalamnya.
Daftar Saham Pertambangan Minyak dan Gas
Daftar Saham Pertambangan Minyak dan Gas

Tidak banyak perusahaan nasional khususnya swasta yang bergerak dibidang usaha ini. 

Kenapa? mungkin karena berbisnis di unit usaha ini nggak semudah berbisnis di bidang pangan seperti saham UNVR. Kesulitan tersebut terjadi mungkin karena diperlukan dukungan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Dan sampai saat ini perusahaan pengolahan minyak mentah terbesar dan satu-satunya yang menghasilkan produk Bahan Bakar Minyak dan Non Bahan Bakar Minyak masih dikuasi oleh PT Pertamina (Persero).

Dan meskipun ada kilang Tri Wahana Universal (TWU) yang ada di Bojonegoro Jawa Timur, itu pun nggak bertahan lama karena sudah resmi tutup pada tahun 2018.

Daftar Saham Sub Sektor Pertambangan Minyak dan Gas (Crude Petroleum & Natural Gas)

Berikut ini adalah daftar saham pertambangan minyak dan gas (crude petroleum & natural gas) di Indonesia yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia.

NoKode SahamNama Perusahaan
1 ARTI PT Ratu Prabu Energi Tbk
Gedung Ratu Prabu 1 Lantai. 9 JL. TB. Simatupang Kav. 20
Jakarta 12560 - Indonesia
www.rpenergi.com
2 BIPI PT Benakat Integra Tbk
Menara Anugrah Lantai 10 Kantor Taman E.3.3
Jalan Mega Kuningan Lot. 8.6 8.7, Jakarta Selatan 12950
www.benakat.co.id
3 ELSA PT Elnusa Tbk
Graha Elnusa, Jl. TB Simatupang Kav. 1B, Jakarta 12560
www.elnusa.co.id
4 ENRG PT Energi Mega Persada Tbk
Bakrie Tower 32nd Floor, Rasuna Epicentrum,
Jl. HR Rasuna Said, Jakarta 12960
www.emp.id
5 ESSA PT Surya Esa Perkasa Tbk
DBS Bank Tower Lt. 18, Ciputra World 1 Jakarta,
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta Selatan 12940
www.sep.co.id
6 MEDC PT Medco Energi Internasional Tbk
The Energy 53rd Fl. SCBD Lot 11A
Jl. Jend. Sudirman, Jakarta 12190 - Indonesia
www.medcoenergi.com
7 RUIS PT Radiant Utama Interinsco Tbk
Kapten Tendean No. 24 Jakarta 12720
www.radiant.co.id

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang perusahan-perusahaan tersebut maka kamu bisa mengenal mereka melalui company profil. Kamu bisa mempelajarinya secara langsung melalui website mereka secara langsung.

Dan karena jumlah perusahaannya nggak terlalu banyak maka kamu bisa secara cepat mencari perusahaan mana yang merupakan perusahaan pemimpin di bidang usaha ini.

Kamu bisa membandingkan secara langsung laporan keuangan mereka, dan menemukan perusahaan yang benar-benar mampu memperoleh laba atau keuntungan yang baik dan konsisten.

Faktor Penggerak Harga Saham Pertambangan Minyak dan Gas (Crude Petroleum & Natural Gas)

Karena minyak dan gas merupakan komoditas dunia maka pergerakan harganya pun dipengaruhi oleh kondisi ekonomi secara global. 

Jika pasokan minyak dan gas di dunia sangat banyak maka sudah dapat dipastikan bahwa harga minyak dan gas akan semakin rendah.

Pertambangan Minyak dan Gas
Pertambangan Minyak dan Gas
Pada bulan pebruari 2016 harga minyak mentah turun bebas dan sudah bisa dipastikan bahwa industri pertambangan minyak dan gas banyak yang mengalami kerugian.

Khususnya adalah perusahaan yang melakukan penambangan, karena biaya operasional lebih tinggi dibandingkan hasil penjualan.

Jika kamu penasaran dengan keuntungan perusahan pertambangan tersebut maka kamu bisa menghitung besarnya keuntungan mereka secara langsung melalu laporan keuangan.

Jadi, jika kita memilih saham pertambangan minyak dan gas sebagai instrumen perdagangan atau investasi. Maka kita nggak boleh mengabaikan kondisi global ekonomi khsusunya tentang supply and demand crude oil & gas.