Ilmu Teknik dan Finansial

Posting Ilmu Teknik dan Finansial akan menceritakan perjalanan seorang karyawan dengan latar belakang teknik yang memberikan pendapat mengenai Ilmu Teknik dan Finansial :) meskipun untuk ilmu finansial secara formal tidak pernah mempelajarinya di bangku kuliah.

Ilmu teknik dan finansial
Ilmu Teknik
Setelah beberapa tahun menempuh pendidikan teknik kini saatnya mencari uang entah melalui jalur karyawan, pengusaha, atau investor dan tentu pengetahuan ini adalah salah satu modal untuk meraihnya atau bisa kita sebut dengan modal dengkul. Pilihan pun sudah ditentukan yaitu menjadi karyawan perusahaan negara dengan harapan seperti kebanyakan orang punya segalanya terutama pada saat pensiun.

Selama belajar di perguruan tinggi jarang sekali kita mempelajari ilmu finansial atau apapun itu namanya ilmu ekonomi secara formal tetapi secara tidak langsung kita telah mempelajarinya ketika kita melakukan pengaturan waktu kuliah agar cepat lulus serta pengaturan uang untuk membiaya kos, buku, dan makan.

Menurut pribadi ilmu finansial harus dipelajari oleh setiap orang dan tak terkecuali bagi mereka yang sudah bekerja sebagai pegawai (swasta maupun pemerintah) yang bahkan harus diberikan sejak anak usia dini karena ilmu finansial bukan hanya milik mereka yang mempunyai bisnis :) Kenapa hal ini begitu penting? karena dengan mempunyai modal dasar finansial maka kita akan mendapatkan kehidupan yang layak meskipun sudah bekerja sebagai pegawai.

Kenapa judul ini perlu ditulis kedalam belajarcuan.com tidak lain karena ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik khususnya di masa tua (pensiun). Pengalaman pribadi setelah bekerja ternyata gaji yang kita terima selalu tidak berimbang dengan keinginan dan kebutuhan sehingga diperlukan usaha lain untuk memenuhinya dan kita memerlukan pendidikan finansial untuk mengatasinya seperti pemahaman mengenai trading atau investasi.

Tetapi perlu dicatat jika Anda sudah puas dengan apa yang sudah diperoleh ketika menjadi pegawai maka tidak perlu susah-susah untuk belajar finansial tingkat lanjut karena tidak semua orang harus bosan jadi pegawai ya :). Sedangkan untuk mereka yang tidak ingin pusing menghadapi kehidupan pegawai maka silahkan belajar dan terus belajar karena jangan pernah larut dengan kondisi sekarang ini (karena solusi sudah ada di depan mata).

Disini kita tidak harus keluar menjadi pegawai terutama jika kita sudah bisa menyisihkan sebagian rejeki untuk ditabung setelah semua kebutuhan terpenuhi karena kita bisa menjadi sleeping investor untuk memperoleh pasif income seperti Lo Kheng Hong sekaligus menjadi pegawai. Bagaimana caranya menjadi sleeping investor? caranya mudah yaitu merubah simpanan uang yang semula dalam bentuk tabungan menjadi bentuk instrument investasi (seperti obligasi, reksadana, atau saham).

Ya itu tadi! untuk bisa sukses menjalankan instrument investasi kita harus banyak belajar mengenai ilmu finansial setidak-tidaknya kita tidak akan masuk kedalam investasi bodong yang banyak beterbangan di sekeliling kita. Dan berharap dapat menjadi seperti orang-orang yang telah sukses secara finansial sedangkan untuk definisi "SUKSES" hanya masing-masing individu yang tahu.

Jadi inti dari posting kali ini adalah apapun ilmu pengetahuan yang Anda miliki maka barengilah dengan ilmu finansial yang cukup setidaknya hal ini akan membawa kita kearah ekonomi yang lebih baik.