Cara Trading Currency Cross Pair Buatan

Currency Cross Pair Buatan! "Hmmmm kayak imitasi saja pakai kata buatan". Ya memang seperti judulnya currency cross pair ini memang kita buat-buat tidak seperti currency cross pair yang sudah disediakan oleh broker.
Currency Cross Pair Buatan
Currency Cross Pair Buatan

Dan currency cross pair buatan ini biasanya dibuat oleh para hedge fund atau pemain besar (yaitu mereka yang memiliki dana yang sangat besar) karena likuiditas currency cross pair yang diinginkan sangat rendah. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan pelajari pelajaran tentang bagaimana currency cross pair terbentuk disini.

Bagaimana Cara Membuat Currency Cross Pair Buatan

Misalkan saja ada sebuah institusi besar ingin membeli GBP/JPY tetapi karena pasar sangat tidak likuid maka institusi tersebut tidak dapat mengeksekusi order tradingnya. Sehingga agar tetap dapat membeli GBP/JPY maka institusi tersebut harus membeli GBP/USD dan USD/JPY.

Cara seperti ini adalah cara yang sangat cerdas untuk pemain seukuran hedge fund atau institusi besar yang mempunyai banyak uang. Tetapi hal ini adalah tindakan yang kurang cerdas untuk pemain seukuran kita yang termasuk golongan retail.

Kenapa bisa begitu? karena dengan membuat currency cross pair buatan kita akan dikenai spread yang besar oleh broker kita. Sedangkan para pemain besar kemungkinan besar karena terpaksa melakukan hal ini karena kondisi pasar yang tidak likuid sehingga semua dana yang ingin ditransaksikan tidak dapat diserap oleh pasar.

Nah selain adanya spread sebagai biaya trading ada juga hal yang perlu diperhatikan juga yaitu pengaturan margin karena Anda membuka dua posisi yaitu BUY GBP/USD dan USD/JPY untuk BUY GBP/JPY maka margin Anda pun akan dibagi dua. Sehingga Anda pun harus mempunyai dana yang cukup agar margin call tidak terjadi.

Sehingga trading dengan currency cross pair buatan tidaklah cocok untuk para pemain kecil seperti kita. 

Sekarang ini para broker sudah banyak yang menyediakan currency cross pair dengan spread yang sangat bersaing (rendah) dan kita pun tidak harus membuka dua posisi order untuk membeli/menjual currency cross pair yang diinginkan karena sudah tersedia. Karena dengan melakukan hal ini kita dapat hemat biaya trading dan mempunyai cukup margin agar margin call tidak terjadi.

Tulisan Terkait:
  1. Apa itu Currency Cross Pair
  2. Kenapa Harus Trading Currency Cross Pair
  3. Currency Cross Pair Lebih Menarik
  4. Trading Forex Dengan Suku Bunga Berbeda
  5. Trading Currency Cross Pair Menggunakan Analisis Fundamental
  6. Hati-Hati Trading Obscure Currency Cross Pair
  7. Cara Trading Currency Cross Pair Buatan
  8. Trading Euro dan Yen Currency Cross Pair
  9. Cara Trading Major Currency Melalui Currency Cross Pair
  10. Pengaruh Currency Cross Pair Terhadap Major Currency Pair