Pengertian Domain dan Hosting

Posting Pengertian Domain dan Hosting dikhususkan untuk mereka yang sedang belajar dan ingin membuat website atau personal blog bahkan berbisnis online dengan membuka online shop. Ketika kita akan membuat sebuah website maka kita memerlukan alamat (seperti:google.com) dan tempat menyimpan file nah dari sinilah muncul pengertian domain dan hosting untuk istilah kerennya.

pengertian domain dan hosting

Domain bisa kita sebut dengan istilah alamat blog (bahasa indonesianya) seperti kita mengetikkan www.google.com kedalam web browser (mozilla, IE, Opera dan lain sebagainya) yang enak diingat karena dalam bentuk kata. Tetapi Anda bisa saja tidak membeli domain jika online shop Anda tidak terkoneksi dengan dunia internet secara luas (hanya lokal) karena alamat akan dalam bentuk IP Address misalkan saja 10.12.2.40 yang diketikkan kedalam web browser.

Anda bisa saja tidak membeli domain jika mempunyai jaringan (server) sendiri hanya menggunakan IP Address tetapi jika Anda ingin berbisnis secara serius hal ini tidak dianjurkan karena alamat tersebut kurang mempunyai nilai jual.

Sedangkan hosting sendiri bisa kita sebut dengan tempat atau media penyimpanan (hard disk) semua file blog atau online shop dan tanpa hosting kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Besar kecilnya kapasitas penyimpanan tergantung besar kecilnya file yang akan digunakan menampilkan blog atau online shop.

Nah jika Anda tidak mempunyai jaringan sendiri seperti Saya maka dapat memanfaatkan jasa sewa domain dan hosting baik lokal maupun internasional. Untuk lokal Anda bisa menggunakan Niagahoster salah satunya dan Saya pun menggunakan jasa ini selama beberapa tahun kebelakang sampai hari ini. Sedangkan untuk internasional bisa menggunakan jasa Hostgator.

Untuk bagaimana caranya mendapatkan domain dan hosting Anda langsung saja kunjungi masing-masing alamat penyedia jasa tersebut dan ikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh mereka (mudah kok gan tinggal ikuti instruksi dan bayar jika sudah selesai).

Jika Anda tidak mempunyai alat pembayaran seperti kartu kredit atau paypal dan sejenisnya maka silahkan hubungi Saya (ntar saya bantu dengan sedikit fee ya :)) tetapi jika tidak ingin repot silahkan saja pake jasa lokal karena bayarnya pake cara lokal (ATM, internet banking dan atau via teller bank).