Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Solusi Tepat Mempunyai Rumah

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah salah satu solusi tepat agar bisa mempunyai rumah sesegera mungkin khususnya bagi karyawan baru atau keluarga muda.
Dapur rumah impian
Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Tapi, apakah benar KPR adalah satu-satunya solusi agar bisa memiliki rumah.

KPR adalah salah satu bentuk hutang dengan bunga rendah sehingga diharapkan dapat membantu orang-orang untuk memiliki rumah.

Tapi sebenarnya nggak semua orang harus mengambil KPR agar bisa memiliki sebuah rumah idaman.

Kenapa? Karena kamu masih bisa menabung dan tentu harus sedikit menahan keinginan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya memang nggak perlu kamu butuhkan. Atau kata lainnya, kamu harus menerapkan manajemen keuangan secara disiplin.

Tapi jika kamu tinggal di kota besar, mungkin KPR adalah salah satu jawaban yang mungkin bisa kamu ambil. Kenapa? Karena jika kamu ingin memiliki rumah di kota besar dengan gaji pas-pasan maka bisa jadi tabungan kamu nggak bakal cukup untuk membeli rumah meskipun kamu telah menabung selama 20 tahun.

Tapi harus diingat loh ya, kamu harus berpikir logis. Jika gaji kamu sebesar 5 juta dengan banyaknya uang yang bisa disisihkan sebanyak 2 juta per bulan maka kamu nggak boleh beli rumah seharga 1 Milyar loh ya, karena kamu pasti kesulitan.

Kenapa? Karena jika kamu menabung uang (2 juta) setiap bulannya maka kamu perlu waktu hampir 42 tahun untuk bisa membeli rumah tersebut secara cash itu pun dengan anggapan nggak ada kenaikan harga atau inflasi.

Nah, jika kamu ingin punya rumah seharga 1 Milyar tetapi hanya mampu menabung 2 Juta sebulan maka sepertinya kamu harus banyak-banyak beramal.

Kenapa harus banyak beramal? Karena saya yakin bahwa beramal nggak bakal bikin kita miskin tetapi malah sebaliknya, sehingga kita nggak perlu menabung semua uang jika ingin membeli rumah seharga 1 Milyar tersebut. Itu pun kalau kamu percaya loh ya, karena keyakinan ini juga diajarkan didalam agama.

Nggak Perlu KPR Untuk Bisa Punya Rumah Di Kampung

Tetapi jika kamu tinggalnya di perkampungan dan bukan diperkotaan sekelas jakarta, bandung, atau surabaya maka sangat disarankan untuk membeli rumah dengan cara menabung saja.

Kenapa? Karena setidaknya harga tanah nggak bergerak secepat pergerakan harga di kota-kota besar. Sehingga kamu pun bisa membelinya dengan menabung terlebih dahulu, tentu harga tanah atau rumah harus kamu sesuaikan dengan pendapatan yang bisa kamu sisihkan tadi.

Perhitungkan secara matang-matang sebelum memutuskan membeli rumah dengan cara KPR. Dan Jangan terpengaruh dengan iklan yang selalu mengatakan kalau harga rumah akan naik harganya beberapa hari lagi.

Kenapa? Karena nggak semua orang mampu membeli rumah secepat promosi di iklan jual beli properti tadi. Sehingga kamu pun nggak perlu takut jika kamu nggak akan bakal bisa beli rumah.