Top Dua Puluh 20 Ide Bisnis Online

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas top sepuluh 10 ide bisnis online maka kali ini kita akan membahas top dua puluh 20 ide bisnis online sehingga total ide bisnis online yang sudah kita kumpulkan ada sebanyak 30 ide bisnis. Jadi jika Anda sedang mencari ide untuk berbisnis online mungkin beberapa dari ide ini bisa menginspirasi Anda untuk segera berkarya.
Dua Puluh 20 Ide Bisnis Online
Ide Bisnis Online

Dari beberapa ide bisnis online dibawah ini Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan pengalaman yang pernah Anda miliki karena yang namanya ide pasti banyak sekali referensinya.  Dan kemudian Anda dapat memanfaatkan media online sebagai alat marketing yang lebih murah dan efektif  untuk menjangkau calon pelanggan.

Top Dua Puluh 20 Ide Bisnis Online

  1. Online Shop
  2. Jasa desain rumah
  3. Les private
  4. Bisnis Affiliasi
  5. Jasa menulis artikel
  6. Jasa pembuatan logo, stempel dan lain sebagainya
  7. Jasa pencari kerja
  8. Agen perjalanan
  9. Jasa layanan penterjemah
  10. Jasa pembuatan skripsi atau tugas akhir mahasiswa
  11. Diet Consultant
  12. Jasa pembayaran online
  13. Penyedia Jasa SEO
  14. Tour Guide
  15. Desainer Kaos dan Baju
  16. Penjualan barang-barang bekas
  17. Jasa pelelangan
  18. Peta rumah makan
  19. Penyedia keperluan olahraga
  20. Jasa perancang perhiasan

# Ide Bisnis Online No.1

Ide bisnis online nomer satu (1) ini memang sudah banyak dipraktekkan oleh banyak orang, mungkin salah satunya adalah Anda. Tetapi jika Anda masih bingung ingin mempunyai bisnis online apa? dan ternyata Anda belum memiliki online shop maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilikinya terutama jika Anda sudah mempunyai produk yang siap dijual.
ide bisnis online buka online shop
Online Shop

Sebenarnya mempunyai online shop sama dengan mempunyai toko offline yang Anda buka di supermall, pasar, pinggir jalan, atau rumah / ruko. Sehingga Anda pun harus memperlakukannya seperti ketika mempunyai toko offline hanya saja ketika Anda mempunyai online shop berarti Anda tidak harus mempunyai toko offline yang memerlukan biaya yang sangat mahal entah itu Anda beli / sewa.

Anda mungkin hanya memerlukan gudang penyimpanan saja atau bahkan Anda tidak perlu memilikinya karena produk yang akan Anda jual bisa disimpan di supplier.

# Ide Bisnis Online No.2

Jika Anda adalah lulusan desain interior / eksterior / seni atau orang yang mempunyai keahlian mendesain rumah maka Anda bisa membuka jasa desain rumah (interior / eksterior) secara online dengan begitu Anda bisa mempunyai pekerjaan yang dapat Anda lakukan hanya dengan di rumah saja.

Ide bisnis online ini mungkin adalah ide bisnis yang layak Anda jalankan mengingat rumah adalah kebutuhan utama yang diperlukan oleh setiap individu. Sehingga kemungkinan besar bisnis ini adalah bisnis yang akan mendatangkan banyak keuntungan.
ide bisnis online jasa desain rumah
Desain Rumah

Karena yang Anda butuhkan hanya seperangkat software desain dan ide-ide kreative saja sehingga biaya / modal pun tidak terlalu besar.

# Ide Bisnis Online No.3

Dulu untuk mencari guru les private setidaknya kita dapat mencarinya di kolom iklan baris di koran atau melalui selebaran yang diberikan di depan sekolah. Tetapi pada zaman sekarang yang namanya mencari guru les private kita tidak perlu lagi bersusah payah membeli koran dan mencarinya melalui kolom iklan baris melainkan kita bisa mencarinya langsung melalui mbah google alias internet.
ide bisnis online buka les private online
Les Private

Jika Anda adalah seseorang yang suka mengajar bahkan jika Anda adalah seorang sarjana pendidikan maka kenapa tidak membuka les private secara online daripada harus menunggu menjadi PNS yang persaingannya sangat sangat ketat. Selain Anda menjadi guru les private Anda pun juga bisa menjadi penyalur tenaga pengajar dan calon murid yang akan diajar.

Saya rasa prospek bisnis ini masih sangat terbuka luas dan kategori bisnis jangka panjang karena yang namanya pendidikan pasti diperlukan oleh setiap individu sampai akhir hayatnya.

Jadi buruan buka sebelum bersaing dengan Saya nantinya :) hehehehe....

# Ide Bisnis Online No.4

Ide bisnis nomer 4 ini adalah ide bisnis yang memakai konsep tanpa produk kita tetap bisa berjualan dan untung besar dengan cara menjadi affiliate sebuah market place atau online store yang mempunyai barang / jasa. Affiliate ibaratnya seperti makelar yang bertugas mencarikan pelanggan untuk penyedia jasa / barang tersebut dan akan mendapatkan keuntungan jika para pelanggan yang dibawanya berbelanja atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
ide bisnis online menjadi affiliate
Program Affiliasi

Untuk mengikuti program affiliate ini sangatlah mudah dan potensi mendapatkan keuntungannya juga sangat menggiurkan.

Kunci sukses menjalankan program affiliate ini sama dengan konsep menjalankan online store milik Anda sendiri. Anda pun harus melakukan promosi agar banyak pelanggan yang tertarik membeli barang / jasa yang Anda tawarkan sehingga persenase keuntungan pun akan semakin besar.

# Ide Bisnis Online No.5

Ide bisnis online selanjutnya adalah bagi mereka yang suka menulis (blogger / publisher) dan tahu seluk beluk tentang Search Engine Optimization (SEO) maka ide bisnis online jasa menulis artikel dapat menjadi pilihan. Hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus menjadi penulis yang profesional dan berwawasan luas karena pelanggan Anda mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.
ide bisnis online jasa menulis artikel
Jasa Penulis Konten

Bisnis online ini tidak bisa dianggap remeh karena harganya sangat fantastis untuk setiap katanya.

Jadi, jika Anda adalah orang yang suka menulis maka kenapa tidak membuka jasa menulis artikel walaupun jika Anda hanya mampu menulis artikel untuk tema tertentu saja maka Anda bisa memberitahu / menjelaskannya kepada calon pelanggan Anda mengenai hal ini.

# Ide Bisnis Online No.6

Nah, ide bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang suka corat coret kreatif alias menggambar dan daripada cuman corat coret tidak ada hasilnya maka Anda bisa menuangkan hobi Anda kedalam bisnis online dengan membuka jasa pembuatan logo, stempel, dan lain sebagainya.
ide bisnis online jasa pembuatan logo
Desainer Logo

Hobi tersalurkan uang pun dapat.

Jangan dianggap remeh untuk bisnis yang satu ini karena harga logo perusahaan adalah mahal karena logo tersebut menunjukkan atau menggambarkan perusahaan.

# Ide Bisnis Online No.7

Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai ide bisnis online pencari jodoh maka kali ini kita akan memberikan ide bisnis online lainnya yang mampu memberikan manfaat yang sangat besar kepada pengunjung situs Anda yaitu ide bisnis online jasa pencari kerja. Seperti Jobstreet, JobsDB, Loker, dan lain sebagainya.
ide bisnis online jasa pencari kerja
Lowongan Kerja

Jika Anda pernah menjadi seorang Job Seeker pasti pernah merasakan bagaimana rasanya "sudah lulus sekolah tetapi kok susah banget mencari kerja" Nah jika Anda pernah tahu bagaimana caranya menemukan berbagai macam lowongan kerja secara mudah maka kenapa tidak Anda membagi informasi tersebut dengan yang lainnya secara online.

Selain Anda dapat menemukan pekerjaan dengan membuka jasa pencari kerja Anda pun bisa membantu teman-teman yang lainnya mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

# Ide Bisnis Online No.8

Jika Anda adalah seseorang yang suka / hobi mengunjungi tempat-tempat wisata dan ternyata Anda sudah pernah banyak mengunjungi berbagai tempat indah di Indonesia maupun di Luar Negeri maka kenapa tidak membuka agen perjalanan!

Meskipun begitu ide bisnis online agen perjalanan ini sangat cocok juga bagi mereka yang ingin berwisata ke banyak tempat tetapi belum mempunyai dana yang cukup maka Anda bisa membuka agen perjalanan untuk membiayai perjalanan wisata Anda.
ide bisnis online agen perjalanan
Travel Agency

Untuk ide bisnis online ini Anda bisa mengkhususkan sebagai agen perjalanan di daerah tertentu atau jika Anda memang bisa menjadi agen perjalanan di seluruh dunia karena memang mempunyai banyak teman di penjuru dunia maka itu sangat bagus untuk membantu mengembangkan bisnis Anda sebagai agen perjalanan.

# Ide Bisnis Online No.9

Jika Anda adalah seseorang yang mampu menguasai beberapa bahasa (Indonesia, Inggris, Perancis, Jepang, Korea, dll) maka Anda bisa menjalankan ide bisnis online jasa penerjemah yang tentunya Anda harus bekerja secara profesional yang salah satunya mampu menjaga kerahasiaan data / dokumen yang sedang Anda terjemahkan.
ide bisnis online jasa penerjemah online
Penterjemah

Anda tidak boleh mendistribusikan ulang data / dokumen yang telah Anda terjemahkan baik secara komersial atau non komersial.

Untuk menjalankan bisnis online ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena yang diperlukan hanya kemampuan berbahasa yang baik / benar, sebuah PC, dan sebuah website sebagai media pemasaran.

# Ide Bisnis Online No.10

Ide bisnis online nomer 10 (sepuluh) ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai ilmu pengetahuan luas dan terutama bagi mereka yang suka belajar dan bereksperimen terhadap ilmu pengetahuan.

Untuk menjalankan bisnis online ini Anda bisa bekerja secara mandiri atau kelompok tetapi lebih disarankan Anda bekerja secara kelompok sehingga jumlah pelanggan Anda lebih banyak dibandingkan jika Anda bekerja secara mandiri.
ide bisnis online jasa tugas akhir
Jasa Tugas Akhir

Untuk menjalankan bisnis online ini Anda memang harus mempunyai pengalaman mengerjakan tugas akhir sehingga setidaknya Anda tahu apa saja format yang digunakan untuk membuat sebuah dokumen tugas akhir (D1, D3, S1, S2, dan S3) dan mengetahui keluhan apa saja yang sedang dihadapi oleh pelanggan Anda.

Selain itu Anda atau kelompok Anda harus mampu menerjemahkan ide / tujuan topik tugas akhir yang disampaikan oleh pelanggan Anda sehingga pengerjaan tugas akhir pun akan semakin mudah dan tepat waktu.

# Ide Bisnis Online No.11

Saya yakin bahwa ide bisnis online ini adalah sebuah ide bisnis yang mampu memberikan banyak keuntungan kepada Anda. Tetapi ide bisnis online ini harus menggunakan public figure yang sehat dan bugar dan mereka yang memahami ilmu pengetahuan di bidang gizi.

Ide bisnis online yang dimaksud adalah bisnis diet consultant yaitu bisnis yang membantu mereka yang mempunyai masalah berat badan (over weight).
ide bisnis online diet consultant
Konsultasi

Kenapa Saya bilang bahwa ide bisnis ini adalah ide bisnis yang mampu memberikan keuntungan yang banyak bagi Anda! Karena semakin hari semakin banyak orang yang bermasalah dengan kesehatan terutama mengenai berat badan mereka sehingga pasti akan banyak orang yang mencari cara agar berat badan mereka tidak bermasalah yaitu dengan cara mencari diet consultant terlebih dahulu.

# Ide Bisnis Online No.12

Semakin hari semakin banyak orang yang melakukan belanja online karena memang dengan belanja online banyak kemudahan yang diperoleh terutama kemudahan membeli produk yang posisinya ada dimana saja bahkan lintas negara. Karena hal ini maka diperlukan sistem pembayaran yang beraneka ragam pula seperti Paypal, Credit Card, Skrill, dan lain sebagainya.
ide bisnis online jasa pembayaran online
Jasa Pembayaran

Tidak semua calon pelanggan sebuah e-commerce terutama e-commerce yang berasal dari luar negeri mempunyai alat pembayaran seperti Paypal, Credit Card, Skrill, atau yang lainnya. Dan meskipun mempunyai Credit Card belum tentu langsung berani belanja barang yang tentunya karena alasan keamanan / takut.

Nah alasan inilah yang menjadi dasar ide bisnis online ini yaitu menyediakan jasa pembayaran online bagi mereka yang tidak mempunyai alat pembayaran yang disediakan oleh sebuah online store.

Untuk mendapatkan keuntungan maka Anda dapat menerapkan fee untuk setiap transaksi pembelian (10% atau lebih per transaksi) dan Anda juga dapat menentukan minimum fee untuk setiap transaksi.

# Ide Bisnis Online No.13

Nah ini dia ide bisnis online selanjutnya yang cocok untuk Anda seorang blogger yang suka mengutak atik kata kunci atau niche untuk bisa bertengger di halaman pertama mbah google atau search engine yaitu jasa Search Engine Optimization (SEO).

Jika Anda adalah orang yang jago SEO maka kenapa Anda tidak membuka jasa SEO untuk membantu orang lain agar bisnisnya (blog / web) dapat bertengger di halaman pertama mbah google dan tentunya Anda akan mendapatkan bayaran untuk melakukan hal ini.
ide bisnis online jasa SEO
Jasa SEO

Jasa ini tidaklah terlalu murah untuk dapat dijadikan ide bisnis online. Anda bisa memperoleh keuntungan yang banyak ketika menjalankan ide bisnis ini karena Anda hanya dituntut untuk selalu mampu menjadikan sebuah kata kunci dari alamat sebuah website mampu berada di halaman pertama google / search engine.

Sebelum Anda membuka jasa SEO silahkan Anda buktikan bahwa Anda memang benar-benar mampu menjadikan sebuah kata kunci berada di halaman pertama search engine.

# Ide Bisnis Online No.14

Ide bisnis online ini mungkin masih ada hubungannya dengan ide bisnis online nomer 8 yaitu agen perjalanan tetapi disini Anda menyediakan jasa tour guide yang artinya Anda menyediakan jasa pemandu yang mampu menjelaskan setiap tempat yang ingin dikunjungi oleh pelanggan Anda.
ide bisnis online tour guide
Tour Guide

# Ide Bisnis Online No.15

Ide bisnis online ini masih berhubungan dengan seni menggambar tetapi yang digambar disini bukanlah kertas atau tembok tetapi sebuah kaos. Jika Anda mempunyai keahlian menggambar dengan tema tertentu maka Anda bisa membuka jasa pembuatan desain kaos.
ide bisnis online jasa desain kaos
Desain Kaos

Syukur jika Anda juga menyediakan jasa penjualan kaosnya.

Dan Saya rasa kaos adalah sebuah kebutuhan sekunder yang mempunyai pasar tersendiri terutama para ABG yang selalu ingin bergaya dan tampil beda sehingga ide bisnis ini patut dicoba.

# Ide Bisnis Online No.16

Sebenarnya kita pernah membahasnya didalam top sepuluh 10 ide bisnis online untuk ide bisnis kali ini yaitu jasa penjual barang bekas melalu sebuah website jual beli.

Tetapi karena ini adalah sebuah ide yang sangat bagus maka tidak apalah jika kita tulis ulang didalam halaman ini.
ide bisnis online jasa penjual barang bekas
Penjual Barang Bekas

Jadi disini Anda bertindak sebagai seorang makelar untuk para pengunjung dan para penjual barang bekas.

Dan Anda mendapatkan keuntungan dari iklan premium atau adsense google.

# Ide Bisnis Online No.17

Jika Anda tahu dan bahkan pernah menjadi peserta lelang maka Anda bisa membuka jasa pelelangan dan tentunya Anda harus mencari peserta lelang. Disini ibaratnya Anda membuka salah satu sistem yang ada di pegadaian yaitu jasa pelelangan.
ide bisnis online jasa pelelangan
Jasa Pelelangan

Anda bisa menyediakan sebuah prosedur sederhana pelelangan yaitu prosedur pencarian barang yang akan dilelang, prosedur penawaran harga, dan prosedur penentuan pemenang lelang.

# Ide Bisnis Online No.18

Ide bisnis online ini khusus bagi Anda yang suka berpetualang dengan makanan dari satu tempat makan ke tempat makan berikutnya. Jika Anda suka makan dan memberikan komentar terhadap rasa makanan agar dapat dijadikan acuan orang lain maka kenapa Anda tidak mencoba membuat sebuah jasa peta rumah makan.
ide bisnis online jasa peta rumah makan
Peta Rumah Makan

Anda bisa menampilkan semua rumah makan yang ada di sebuah kota dan tentu Anda berikan penilaian berupa rating / deskripsi untuk masing-masing rumah makan. Dan penilaian ini akan membantu pengunjung peta rumah makan Anda untuk memutuskan akan makan dimana.

# Ide Bisnis Online No.19

Jika Anda suka bergelut dengan dunia olahraga maka ide bisnis online berikut sangat cocok untuk dijalankan yaitu membuka toko peralatan olahraga secara online. Selain hobi dapat tersalurkan dengan baik Anda pun akan dapat tambahan uang dari toko online tentunya :)
ide bisnis online jual peralatan olahraga
Toko Olahraga

Anda dapat mulai menjual peralatan olahraga yang Anda geluti (misal: perlengkapan bela diri, basket ball, sepak bola. atau olehraga lainnya).

# Ide Bisnis Online No.20

Lagi-lagi ide bisnis online yang berhubungan dengan sebuah seni tetapi kali ini adalah ide bisnis online jasa perancang perhiasan. Ide bisnis ini terinspirasi dari kesuksesan Kendra Scott yang seorang ibu rumah tangga yang mampu sukses menjalankan bisnis perncang perhiasan di US dengan modal awal $500.
ide bisnis online perancang perhiasan
Perancang Perhiasan

Jadi jika Anda punya ide-ide menarik seputar perhiasan maka kenapa tidak memonetize kreatifitas tersebut untuk menghasilkan sebuah uang.

Nah itu tadi adalah beberapa ide bisnis online yang dapat dilakukan oleh sebagian besar orang termasuk Anda dan saya. jadi jangan sampai ketinggalan ya untuk ikut andil dalam dunia maya yang menguntungkan ini dan semoga dapat membantu Anda menemukan inspirasi untuk berkarya :) jika Anda punya beberapa ide gila berbisnis jangan sungkan untuk berbagi bersama kami.