Cara Membeli dan Menjual Saham

Sekarang ini untuk membeli dan menjual saham sudah dapat dilakukan dengan sangat mudah sekali karena kita dapat melakukannya secara online entah itu menggunakan platform berbasis website, dekstop, atau aplikasi mobile yang sudah disediakan oleh broker saham.
Belanja saham
Belanja Saham

Tetapi untuk itu jelas bahwa Anda harus terlebih dahulu membuka akun, deposit, dan baru bisa melakukan transaksi membeli dan menjual saham.
cara membeli san menjual saham
Alur Transaksi Saham

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang trader yaitu mereka yang melakukan aksi beli dan jual saham dengan rentang waktu yang pendek atau ingin menjadi seorang investor yaitu mereka yang membeli saham dan menahannya dalam waktu yang cukup lama. Jangan sampai lupa dengan tujuan awal Anda yaitu ingin mencari keuntungan dari transaksi saham. Jadi jangan lupa,

AMBILLAH KEUNTUNGAN ANDA DAN NIKMATILAH!

Jika Anda adalah seseorang yang baru di dunia investasi saham tetapi belum mempunyai sebuah akun saham, berikut ini adalah contoh bagaimana cara melakukan transaksi yang namanya membeli dan menjual saham secara online. Tentunya kita harus sudah melakukan dua tahap awal yaitu membuka akun investasi dan deposit dana kedalam akun tersebut.
Membuka Akun di Broker Saham
Membuka Akun di Broker Saham

Oke mari kita bahas mengenai cara membeli dan  menjual saham secara online. Kali ini kita ambil contoh transaksi membeli dan menjual saham menggunakan platform trading Mandiri Sekuritas yang berbasis Website.

1. Silahkan login terlebih dahulu kedalam akun saham Anda (syarat mutlak).
login akun
Login Akun 

2. Anda akan masuk kedalam dashboard akun saham.
Dashboard Akun Saham
Dashboard Akun Saham

3. Klik menu Trade
Papan Jual Beli Saham
Papan Jual Beli Saham

Disebelah kanan Ada sebuah window trading dengan beberapa menu antara lain, Stock Search, tombol BUY, tombol SELL, Price, Quantity (Lots), dan Pin Code.

4. Dalam contoh ini kita akan melakukan transaksi membeli saham Bank BRI dengan kode BBRI. Ketikkan di kolom Stock Search dan tekan tombol GO. Tekan tombol BUY, masukkan harga yang Anda inginkan pada kolom Price (ex. 11800) dan tentukan jumlah saham yang ingin dibeli pada kolom Quantity (Lots) (ex. 10), masukkan Pin trading Anda pada kolom Pin Code (ex. sssss) kemudian tekan tombol Submit.
Window Transaksi Saham
Transaksi Buy Saham

5. Untuk melakukan transaksi menjual saham langkahnya juga sama dengan langkah nomor 4 diatas. Misalkan kita akan melakukan transaksi menjual saham Bank BRI dengan kode BBRI. Ketikkan di kolom Stock Search dan tekan tombol GO. Tekan tombol SELL, masukkan harga yang Anda inginkan pada kolom Price (ex. 11775) dan tentukan jumlah saham yang ingin dijual pada kolom Quantity (Lots) (ex. 10), masukkan Pin trading Anda pada kolom Pin Code (ex. sssss) kemudian tekan tombol Submit.
Transaksi Sell Saham
Transaksi Sell Saham

6. Langkah keenam ini adalah langkah terakhir yaitu menunggu apakah transaksi yang sudah kita lakukan diatas akan dapat respon langsung dari penjual atau pembeli yang ada di bursa saham saat itu juga. Jika penawaran harga beli dan jual Anda menarik maka besar kemungkinan dalam hitungan detik transaksi Anda sudah pasti tereksekusi.

Jika dalam waktu sehari transaksi Anda tidak ada yang tereksekusi maka jangan menyerah karena kemungkinan penawaran yang Anda buat tadi memang tidak menarik. Silahkan ulangi langkah-langkah diatas tentunya dengan memberikan penawaran harga yang masuk akal.

Sebenarnya mudah kan untuk melakukan transaksi membeli dan menjual saham? jadi apa yang ditunggu, ayo buka akun investasi sekarang juga dan tabung uang Anda dalam bentuk saham demi meraih masa depan yang lebih baik.