Daftar Exchange Trade Fund (ETF) Umum

Exchange Trade Fund (ETF) adalah reksa dana yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jadi reksa dana ini didalamnya adalah beberapa saham yang terdaftar di BEI, salah satu contoh adalah ETF LQ-45 (LQ45X:IJ) yang isinya adalah saham-saham yang dimasukkan kedalam kategori LQ45 (lihat: Daftar saham LQ45).

Daftar Exchange Trade Fund (ETF) Umum
Exchange Trade Fund (ETF) Umum
Dan disebut ETF umum karena isi saham yang ada didalamnya adalah semua saham yang terdaftar di BEI tanpa memperhatikan prinsip bisnis yang dijalankan apakah SESUAI atau TIDAK dengan prinsip-prinsip syariah yang ada di pasar modal.

Berikut ini adalah daftar ETF umum yang diperdagangkan di pasar modal:
  1. Pinnacle Core High Dividend ETF (XPDV:IJ)
  2. Pinnacle Enhanced Liquid ETF (XPLQ:IJ)
  3. Pinnacle Indonesia Large Cap ETF (XPLC:IJ)
  4. Premier ETF IDX30 (XIIT:IJ)
  5. Premier ETF Indonesia Consumer (XIIC:IJ)
  6. Premier ETF Indonesia Financial (XIIF:IJ)
  7. Premier ETF Indonesia State-Owned Companies (XISC:IJ)
  8. Premier ETF LQ-45 (LQ45X:IJ)
  9. Premier ETF SMInfra18 (XISI:IJ)
  10. Premier ETF Sri-Kehati (XISR:IJ)

Jadi karena ETF isinya adalah kumpulan saham maka ETF ini dapat kita masukkan kedalam investasi kategori High Risk High Return. Dan sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar modal, makro ekonomi, dan mikro ekonomi. Sehingga kita sebagai investor harus berhati-hati dan penuh ketelitian sebelum memilih ETF sebagai salah satu portofolio investasi.

Dan untuk memilih ETF mana yang layak dikoleksi maka setidaknya kita dapat menyaring atau menyortir ETF yang ada di pasar modal dengan cara membandingkan performance antar ETF tersebut seperti ditunjukkan oleh gambar dibawah ini.

Daftar Exchange Trade Fund (ETF) Umum
Perbandingan ETF di pasar modal
Sebagai contoh kita ambil perbandingan antara ETF LQ45 (LQ45X:IJ) dengan ETF Indonesia Consumer (XIIC:IJ) dengan hasil seperti ditunjukkan oleh grafik perbandingan diatas yang menunjukkan bahwa ETF LQ45 mempunyai kinerja yang lebih baik dibandingkan ETF Indonesia Consumer selama 5 tahun sehingga kita dapat memperhitungkan ETF LQ45 sebagai salah satu koleksi portofolio investasi.

Gimana? mudah sekali kan.....cara menemukan ETF unggulan di pasar modal.

Dan jika Anda ingin tahu dan tertarik membeli ETF umum di pasar modal maka silahkan Anda baca terlebih dahulu Cara Membeli dan Menjual REKSA DANA.