Kampung Susu Dinasty, Wisata Edukasi Tulungagung

Kampung Susu Dinasty (KSD) adalah salah satu wisata edukasi kota Tulungagung yang telah kita kunjungi setelah pergi berkunjung ke kampung belimbing yang merupakan salah satu agrowisata di kota Tulungagung. Kampung susu ini beralamat di Kabupaten Tulungagung, Jl. Raya Gondang, Sidem, Jawa Timur, 66263.

Kampung Susu Dinasty, Wisata Edukasi Tulungagung
Kampung Susu Dinasty, Wisata Edukasi Tulungagung
Untuk bisa mencapai tempat ini tidak terlalu sulit dilakukan karena sepanjang perjalanan kita akan dipandu oleh petunjuk jalan yang akan mengarahkan ke tempat tujuan yaitu Kampung Susu Dinasty (KSD) hanya saja tempatnya berada agak pelosok / masuk kedalam karena memang ini adalah sebuah peternakan sapi perah.

posisi kampung susu dinasty di kota Tulungagung
posisi kampung susu dinasty di kota Tulungagung
Jika Anda dari pusat kota Tulungagung dan akan menuju ke Kampung Susu Dinasty maka diperlukan waktu sekitar 35 menit atau jarak tempuh sekitar 16,1 Km. Jika Anda dari kampung belimbing kemudian bepergian langsung menuju kampung susu ini maka akan diperlukan waktu sekitar 20 menit.

Untuk masuk kedalam area ini kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000,-/ orang dan tiket ini dapat ditukarkan dengan segelas susu sehingga tidak sia-sia tiketnya sedangkan untuk anak-anak tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis FREE.

Dan jika Saya perhatikan tiket sebesar Rp 5000,- itu sangatlah murah sekali apalagi tiket masuk tersebut bisa ditukar dengan segelas susu segar jika dibandingkan dengan banyaknya hal / manfaat yang bisa kita dapatkan didalam area kampung susu itu sendiri.

Loket masuk Kampung Susu Dinasty
Loket masuk Kampung Susu Dinasty
Ketika Anda masuk kedalam area kampung susu ini Anda akan menemui / disambut dengan beberapa tempat untuk foto yang dapat Anda gunakan bersama teman, atau keluarga Anda sebagai kenang-kenangan dan kemudian Anda bisa langsung menuju wisata edukasi utamanya.

Pos photo background tulisan Kampung Susu Dinasty
Untuk pos pertama adalah pos photo dengan latar belakang tulisan warna-warni Kampung Susu Dinasty seperti gambar diatas. Biasanya semua pengunjung memanfaatkan latar belakang ini sebagai tempat foto. Jadi Anda juga bisa menggunakannya juga ya.

Pos photo background tulisan I love KSD
Pos photo background tulisan I love KSD
Dan pos berikutnya adalah tempat foto dengan latar belakang I Love KSD dan sebuah background taman seperti yang ditunjukkan oleh gambar diatas. Di tempat ini juga gak kalah serunya dengan pos photo pertama.

Kemudian Anda bisa langsung menuju ke wisata edukasi utamanya yaitu ternak sapi dan produk turunannya.

Edukasi yang pertama kami lihat adalah proses pembuatan biogas dari kotoran sapi mulai dari pengumpulan kotoran yang sedikit dilakukan pengolahan didalam bak penampung kemudian dialirkan kedalam tanki timbun / penampung melalui pipa yang selanjutnya dari tanki timbun tersebut akan dihasilkan gas (biogas) yang langsung dapat dipakai sebagai bahan bakar kompor yang disalurkan menggunakan sebuah pipa penyalur seperti ketika Anda memakai kompor gas.

Terus apa selanjutnya? Anda bisa memanfaatkannya untuk memasak sosis, ayam goreng, tempe goreng, dan lain sebagainya.

Edukasi biogas di Kampung Susu Dinasty
Edukasi biogas di Kampung Susu Dinasty
Pos wisata edukasi ini memang sangat cocok sebagai media belajar kepada anak-anak sejak dini bahwa dari dalam tubuh sapi semuanya sangat bermanfaat untuk manusia bahkan itu adalah bagian kotorannya. Selain cocok untuk mengedukasi anak-anak wisata edukasi ini sangat cocok juga loh untuk orang dewasa seperti Saya :).

Kemudian adalah pos wisata mengenal jenis sapi perah yang merupakan wisata edukasi utama Kampung Susu Dinasty (KSD). Di wisata ini kita bisa mengenalkan seluk beluk tentang sapi kepada anak-anak misalnya asal muasal susu kaleng atau kardus  yang biasa diminum sehari-hari oleh anak-anak sebagai pengganti ASI bahwa susu tersebut berasal dari seekor sapi atau biasa dikenal dengan sapi perah.

Edukasi memberi pakan sapi di kampung susu dinasty
Edukasi memberi pakan sapi dan mengenal jenis sapi perah
Di wisata edukasi ini anak-anak akan diajari bagaimana cara memberi makan sapi dan mengenalkannya dengan berbagai jenis sapi perah. Pada saat kami berkunjung pengelola Kampung Susu Dinasty hanya menampilkan sapi perah tidak lebih dari 20 (dua puluh) ekor saja.

Selain mengajak anak-anak belajar memberi pakan sapi dan mengenal jenis sapi perah maka anak-anak juga bisa belajar langsung bagaimana caranya memerah susu seekor sapi perah.

Kemudian selain menampilkan sapi perah pengelola juga memanjakan pengunjung dengan binatang lainnya yaitu kuda dan kelinci. Untuk kuda kita bisa berlatih menunggang kuda di sekitaran area Kampung Susu Dinasty.

wahana berkuda di kampung susu dinasty
Wahana berkuda
Untuk melihat kudanya sendiri Anda bisa menyusuri kandang sapi seperti gambar tersebut diatas karena kandangnya berada dalam satu area. Pada saat kami kesana ada 7 (tujuh) ekor kuda dan 1 (satu) ekor kuda dikandang terpisah lainnya. Dan di area Kampung Susu Dinasty ini juga disediakan susu kuda loh. Jika Anda adalah pecinta susu kuda atau hanya penasaran ingin tahu seperti apa rasanya minum susu kuda :) maka Anda bisa mencobanya.

Kuda di area Kampung Susu Dinasty
Kuda di area Kampung Susu Dinasty
Dan pos berikutnya adalah sebuah toko yang menjual produk susu terbaik dan beberapa makanan kecil / ringan seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Toko susu dan makanan kecil di Kampung Susu Dinasty
Toko susu dan makanan kecil di Kampung Susu Dinasty
Di area ini pengelola telah menyediakan tempat duduk untuk menikmati produk dan makanan ringan yang telah mereka tawarkan yang salah satunya adalah SUSU SAPI segar itu sendiri.

minum susu sapi di Kampung Susu Dinasty
Minum susu sapi di Kampung Susu Dinasty
Pengelola belum menyediakan makanan berat sebagai tujuan kuliner karena memang itu bukanlah tujuan utama mereka sepertinya karena target pelanggan utama Kampung Susu Dinasty ini sepertinya adalah anak-anak yang perlu diedukasi baik oleh sekolah maupun orang tua. Karena itu pada saat kami kesana yang kita temukan adalah produk susu dan makanan ringan (menurut Saya) sehingga yang paling senang ya anak-anak tentunya.

Keceriaan anak-anak di Kampung Susu Dinasty
Keceriaan anak-anak di Kampung Susu Dinasty
Jadi Kampung Susu Dinasty ini adalah benar-benar wisata edukasi khusus untuk anak-anak dan sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga khususnya untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang dunia sapi perah.

Setiap hari Kampung Susu Dinasty banyak mendapat kunjungan dari berbagai sekolah TK di Tulungagung dan wisatawan lokal yang berasal dari berbagai macam kota. Banyak juga loh anak-anak muda (ABG) yang datang berkunjung ke tempat ini untuk mencari tempat nongkrong sekedar berfoto ria bersama teman-temannya.

Dan karena banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini maka pengelola tidak lupa menyediakan tempat parkir mobil / motor / bus dengan area parkir luas sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan Anda.

Lokasi parkir mobil / bus Kampung Susu Dinasty
Lokasi parkir mobil / bus Kampung Susu Dinasty
Dan berikut dibawah ini adalah lokasi parkir sepeda motor.

Lokasi parkir sepeda motor Kampung Susu Dinasty
Lokasi parkir sepeda motor Kampung Susu Dinasty
Jadi tunggu apalagi? silahkan Anda berkunjung ke wisata edukasi ini jika Anda bingung akan kemana dan rasakan manfaatnya bersama keluarga atau teman Anda.

Ulasan Bisnis Kampung Susu Dinasty (KSD)

Secara garis besar dapat dikatakan bahwa pengelola tempat ini sudah dapat menentukan target utama bisnisnya dan mereka mampu menggunakan ide kreatif untuk menarik minat pelanggannya dengan menyediakan beberapa titik edukasi.

Berbicara tentang profit / laba dapat dikatakan bahwa pengelola mengandalkan produk susu, makanan ringan, produk lain yang disediakan di toko, dan penyewaan wahana. Untuk menarik minat beli pengunjung dapat dikatakan bahwa pengelola telah menggunakan strategi jitu yaitu dengan cara memakai tester segelas susu yang dapat diambil melalui mekanisme penukaran tiket dengan segelas susu segar ketika para pengunjung akan memasuki area kampung susu.

Selain itu sepertinya pelanggan juga menyediakan tenaga Event Organizer (EO) untuk memandu beberapa acara edukasi sekolah. Silahkan menggunakan jasa ini jika Anda membawa rombongan ketika berkunjung kesini. EO ini tidak hanya berbicara tentang sapi perah loh tetapi mereka juga bisa memandu beberapa permainan edukatif lainnya.

Sehingga untuk meningkatkan profit / keuntungan kemungkinan besar pengelola harus terus aktif menghadirkan ide-ide kreatif baru, meningkatkan pelayanan, mengembangkan produk-produk baru olahan susu, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin tahu lebih detail mengenai ulasan bisnis Kampung Susu Dinasty maka Anda jangan kemana-mana! terus kunjungi blog belajarcuan.com karena disini akan kita ulas secara detail tentang seluk beluk ide bisnis wisata edukasi yang berada di kota Tulungagung ini.

Sebenarnya masih banyak sih hal yang dapat Saya ceritakan tentang Kampung Susu Dinasty ini tetapi jika Saya ceritakan semuanya sepertinya tidaklah seru. Silahkan Anda berkunjung sendiri ke tempat wisata edukasi ini dan temukan banyak petualangan / keseruan lainnya bersama keluarga dan teman Anda.