Kampung Belimbing, Agrowisata Tulungagung

Tidak lengkap jika tidak mampir ke Kampung Belimbing yang merupakan salah satu agrowisata di kota Tulungagung ketika akan jalan-jalan atau berwisata ke Jawa Timur. Kampung belimbing ini tepatnya berada di Desa Moyoketen, kecamatan Boyolangu, kabupaten Tulungagung dan memang hampir satu warga di desa ini menanam buah belimbing sehingga suasananya pun ya seperti berada didalam kebun belimbing yang sangat luas sekali.

Kampung belimbing Agrowisata Tulungagung
Untuk mencapai lokasi ini tidak terlalu diperlukan usaha yang begitu berarti karena bisa dibilang lokasi kampung belimbing berada di tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat kota.

Posisi kampung belimbing di kota Tuungagung
Posisi kampung belimbing di kota Tuungagung
Hanya diperlukan sekitar 10 menit atau 4,8 km untuk bisa sampai ke tempat ini jika dihitung dari pusat kota.

Kampung belimbing ini berada di jalan jurusan Tulungagung - Trenggalek sehingga jika Anda dari arah Kediri, Blitar, maupun Trenggalek maka sudah dipastikan Anda tidak akan pernah nyasar tetapi jika Anda masih bingung mencari tempat ini Anda bisa menggunakan GPS (Google Map) pasti akan ketemu.

Dan kampung belimbing ini memang sangat cocok untuk kegiatan edukasi anak-anak selain juga sangat cocok sebagai salah satu tujuan wisata atau jalan-jalan santai bersama keluarga di hari libur.

kondisi kampung belimbing
Kampung belimbing
Untuk urusan parkir Anda tidak perlu khawatir karena telah disediakan tempat parkir yang sangat luas sekali untuk kendaraan minibus (mobil) atau pun bus pariwisata karena memang yang datang kesini tidak hanya rombongan keluarga tetapi juga rombongan sekolah atau wisata.

Berikut ini adalah salah satu penampakan lokasi parkir di kampung belimbing.

lokasi parkir kampung belimbing
Lokasi parkir kampung belimbing
Kok sepi ya? ya iyalah karena kami sekeluarga kesini waktu pagi hari habis antar anak sekolah dan belum ada satu pun pengunjung karena ya memang masih pukul 08.00 WIB.

Dan biasanya salah satu parkiran ini akan penuh pada hari libur (sabtu dan minggu).

Untuk memasuki kawasan kampung belimbing ini tidak dikenai biaya dan hanya pada saat Anda makan saja Anda harus bayar :) ya, so pasti lah!. Berikut ini adalah salah satu kebun belimbing milik warga desa Moyoketen.

kebun belimbing warga desa Moyoketen
Salah satu sisi kebun belimbing
Buah belimbing yang ada di desa ini rasanya sangat manis dan enak dengan harga yang terjangkau per kilonya. Jika Anda ingin tahu berapa harganya maka silahkan datang sendiri ya ke kampung belimbing.

hasil buah kampung belimbing
Buah belimbing
Selain menghasilkan buah segar kampung belimbing juga mengembangkan produk olahan buah belimbing salah satunya adalah dodol belimbing yang rasanya manis dan Anda pasti suka untuk terus memakannya.

produk olahan kampung belimbing
Dodol belimbing
Selain Anda dapat menikmati buah belimbing langsung dari pohon dan juga dapat menikmati beberapa produk olahan (turunan) buah belimbing lainnya. Anda juga bisa menikmati wahana permainan ATV yang disediakan oleh warga di kampung belimbing ini sehingga liburan Anda pun tidak akan terasa membosankan.

permainan ATV di kampung belimbing
Permainan ATV
Maaf ya hanya bisa kasih liat spanduk permainannya karena waktu kami kesana wahananya memang belum dibuka karena masih terlalu pagi.

Ulasan Bisnis Kampung Belimbing Tulungagung

Jika kita melihat dari sisi bisnis, untuk mendirikan sebuah kampung belimbing dengan cara melibatkan banyak warga desa (petani plasma) maka penulis yakin bahwa tidaklah mudah melakukannya seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Diperlukan kerja keras dan waktu untuk mewujudkan kampung belimbing seperti ini, dimulai dari sebuah mimpi kemudian dibarengi usaha dan doa hingga menjadi terwujud seperti sekarang ini.

Dan jika Anda masih penasaran tentang kampung belimbing silahkan datang kesini.

Kampung belimbing tulungagung
Suasana pagi kampung belimbing
Jika kita lihat bahwa untuk masuk ke kebun belimbing tidak ditarik biaya berarti warga di kampung belimbing akan mendapatkan keuntungan ketika pengunjung membeli buah belimbing baik yang dipetik sendiri maupun yang sudah disiapkan oleh penjual. Selain itu juga warga akan mendapatkan keuntungan dengan menjual produk turunan buah belimbing misalnya dodol belimbing dan menyewakan wahana permainan.

Sehingga untuk menaikkan penjualan berarti warga kampung belimbing harus melakukan banyak inovasi / melahirkan banyak ide kreatif untuk menarik pengunjung dan membeli produk-produk mereka. Selain itu ide-ide kreatif ini juga dapat menjadi strategi yang menjadikan proses bisnis kampung belimbing tetap berlanjut. Beberapa ide kreatif yang bisa dilakukan antara lain adalah menghasilkan produk baru turunan buah belimbing dan menyediakan tempat-tempat yang nyaman dan unik buat pengunjung.

Nah untuk Anda atau pun Saya pribadi dengan mendatangi tempat-tempat seperti ini Saya yakin kita akan mendapatkan banyak ide untuk mengembangkan potensi bisnis yang sedang kita persiapkan mulai dari ide marketing, strategi bisnis yang dijalankan, cara mempertahankan / mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya.

Semakin kita mengembangkan bisnis dengan cara yang kreatif dan tertarget maka Saya yakin bisnis yang sedang kita jalankan akan semakin berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan bagi diri kita sendiri maupun untuk orang lain.

kampung belimbing, hutan kota, agrowisata tulungagung
Kampung belimbing, hutan kota, dan taman burung
Sebagai informasi tambahan bahwa kampung belimbing yang merupakan agrowisata kota Tulungagung ini berdekatan dengan hutan kota dan taman burung atau istilahnya terletak dalam satu desa yaitu Desa Moyoketen.

Tunggu apalagi, kan gak terlalu seru kalau dapat informasi hanya melalui blog belajarcuan.com silahkan kunjungi langsung kampung belimbing agrowisata kota Tulungagung ini secara langsung. Siapa tahu nanti ketemu Saya disana :) :) :).