Pola Pikir Salah Tentang Investasi

Banyak sekali pola pikir yang salah tentang investasi di kalangan masyarakat Indonesia dan sebagian besar orang yang belum pernah belajar tentang dasar-dasar investasi pasti banyak yang terjebak kedalam investasi bodong karena tawaran yang sangat menggiurkan tentunya. Dan tidak tanggung-tanggung kerugian yang dialaminya pun mencapai ratusan juta hingga milliaran rupiah.
Pola Pikir Salah Tentang Investasi
Thinker
Dan kenapa banyak sekali pola pikir salah tentang investasi beredar di masyarakat? mungkin karena masih banyak sekali masyarakat yang tidak terudakasi secara baik dan benar mengenai investasi itu sendiri terutama tentang investasi saham. Banyak sekali masyarakat yang menganggap saham tidak lebih sebagai perjudian atau sesuatu yang sulit dipelajari.

Mungkin juga penyebabnya karena masyarakat Indonesia masih banyak sekali yang ingin kaya dalam waktu cepat tanpa kerja keras sehingga mereka mudah sekali ditipu dengan berbagai macam investasi bodong yang menawarkan return yang sangat tinggi sekali, misalnya return investasi 10% - 20% perbulan.
berbagai macam cara investasi
Beberapa jenis investasi
Jika Anda belajar beberapa cara investasi (menghasilkan uang tanpa bekerja) berikut ini seperti tabungan, deposito, emas, obligasi, dan saham maka Anda akan tahu sebenarnya berapa sih returnnya per tahun.

Tabungan adalah sebesar 2,53%/tahun, Deposito sebesar 7,36%/tahun, Emas sebesar 7,30% / tahun, Obligasi sebesar 8,96%/tahun, dan Saham sebesar 13,13%/tahun. Khusus untuk investasi saham Anda bisa menghasilkan return yang lebih besar jika Anda bisa memilih saham yang bagus dan aktif mengelola dana Anda.

Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang sangat besar tetapi tentu Anda harus bekerja lebih keras dan tentu memerlukan waktu yang tidak cepat seperti investasi dibidang properti. Anda harus pandai memilih waktu dan tempat yang tepat agar nilai properti yang Anda beli tadi dapat naik nilainya beberapa kali lipat.

Jadi jika Anda bertemu dengan seseorang yang menawarkan kerja sama dibidang investasi dengan iming-iming return atau hasil investasi yang tidak wajar (nilainya besar sekali) maka jangan langsung Anda terima tawaran tersebut. Pelajarilah terlebih dahulu mekanisme investasi yang sedang dijalankannya apakah mekanisme bisnis yang menjadi landasan investasi dijalankan secara wajar atau tidak dan bila perlu Anda lihat langsung bisnisnya.

Jika Anda tidak paham mengenai mekanisme investasi atau bisnis yang ditawarkan maka Anda bisa bertanya kepada teman atau konsultan investasi yang sudah berpengalaman meskipun Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk hal ini.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun untuk berkonsultasi dengan konsultan ahli investasi maka bekali lah diri Anda dengan pengetahuan tentang investasi yang benar. Anda bisa membaca buku-buku tentang berbagai macam investasi atau Anda juga bisa belajar melalui internet karena disana banyak sekali referensi yang bisa Anda pakai.

Rubahlah pola pikir Anda tentang investasi sekarang juga agar Anda tidak terjerumus kedalam tawaran investasi bodong.

Jangan sampai Anda menjadi korban berbagai macam jenis investasi menyesatkan seperti money game yang berkedok investasi beberapa tahun yang lalu Dream for Freedom (D4F) yang ditetapkan sebagai penipuan.

investasi bodong dream for freedom
Salah satu contoh penipuan money game
Yang namanya money game itu keuntungan yang didapat oleh pesertanya berasal dari perputaran uang peserta lain dan bukan dari hasil investasi atau bisnis yang nyata. Dan pada akhirnya uang pesertanya akan hilang dan tak kembali entah dibawa kabur pendirinya atau karena lain hal.

Saya pribadi pernah ditanya oleh teman yang akan mengikuti program ini dan Saya sarankan untuk menjauhinya serta Saya edukasi teman Saya tadi dengan pengetahuan investasi yang benar. Dan syukur teman Saya tadi tidak jadi ikut investasi bodong tersebut. Kenapa temen Saya tersebut ingin ikut? ya karena mereka menawarkan imbalan yang sangat menggiurkan sekali. Anda pun jika tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang investasi pasti akan tergiur ikut kedalamnya.

So, lengkapi diri Anda dengan pengetahuan investasi yang benar sekali lagi! hindari jenis investasi yang tidak wajar dan pelajarilah terlebih dahulu jenis investasi / bisnis yang dijalankannya atau pun yang menawarkan jenis investasi tersebut.