Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Kali ini kita akan bahas mengenai Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar yang berada di Jl. Banteng - Blorok No. 18, Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Kademangan, Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur 66161. Hal yang akan kita bahas disini akan lebih banyak ke arah topik pembahasan bisnis meskipun juga akan dibahas mengenai sisi wisatanya.

Tapi sebelumnya, apa yang sedang Anda pikirkan tentang Kampung Coklat? Adanya pohon coklat sekampung

Anda nggak salah karena apa yang Anda pikirkan sama dengan kebanyakan orang pikirkan begitu juga dengan Saya. 
Wisata edukasi kampung coklat Blitar
Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Sebenarnya Kampung Coklat adalah sebuah nama wisata edukasi yang bertema tentang segala hal yang berkaitan dengan coklat, mulai dari proses penanaman sampai proses pembuatan produk jadi. Dan konsep ini sama dengan wisata lainnya yang mengambil tema "Kampung, Kampung Belimbing atau Kampung Susu".

Dan penggunaan tema "Kampung" memang terbukti bisa mendatangkan banyak pengunjung karena banyak orang yang penasaran dengan tema wisata seperti ini dari berbagai kalangan masyarakat.

Oke, kita kembali ke topik pembahasan Kampung Coklat.

Untuk masuk kedalam wisata edukasi Kampung Coklat Blitar kita harus membeli tiket masuk sebesar Rp 5000,- untuk segala umur.
Harga tiket masuk kampung coklat Blitar
Harga Tiket Masuk (Rp 5000,-) Kampung Coklat Blitar

Gimana? murah kan.

Jadi, jika Anda tertarik datang ke Kampung Coklat Blitar maka Anda harus menempuh waktu kurang lebih sejam (dimulai dari Aloon-Aloon Tulungagung). Dan berikut ini adalah detail gambaran jarak tempuh menggunakan Google Map.

Posisi kampung Coklat Blitar dari arah Tulungagung
Posisi Kampung Coklat Blitar dari Arah Tulungagung
Tetapi jika Anda dari arah lain dan belum pernah datang ke kota Blitar maka Anda bisa minta bantuan Google Map dan pasti Anda akan menemukan tempat ini.

Apa saja yang kita dapat dari tiket masuk seharga Rp 5000,-? Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5000,- kita sudah bisa berkeliling Kampung Coklat ini secara gratis. Tetapi jika kita ingin memanfaatkan beberapa fasilitas wisata yang disediakan oleh pengembang maka kita harus membayarnya.
Paket edukasi kampung coklat Blitar
Paket Edukasi Kampung Coklat Blitar

Dan daftar diatas adalah salah satu contoh Paket Edukasi Kampung Coklat Blitar untuk kategori SMA & Universitas. Mereka juga menyediakan paket Edukasi Kampung Coklat untuk kategori PAUD / TK, dan SD / SMP.

Selain itu mereka juga menyediakan Guest House Syariah, sewa tempat Indoor, dan Outdoor. Dan fasilitas seperti ini biasanya disewa secara kolektif terutama fasilitas edukasi mengenai coklat.

Tetapi jika Anda tidak ingin memanfaatkan fasilitas tersebut maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas lainnya seperti jajanan anak, rumah makan, kolam ikan, cooking class, dan mainan anak-anak.

Jika Anda kesini bersama keluarga nggak perlu khawatir karena selain beberapa tempat diatas masih banyak tempat yang bisa Anda nikmati bersama keluarga karena tempat wisata edukasi Kampung Coklat Blitar ini memang lumayan luas.

#A. Analisis Bisnis Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Berikut ini adalah beberapa poin analisis bisnis Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar beserta penjelasan singkatnya. Dan jika Anda ingin menganalisis bisnis ini secara mandiri maka kami persilahkan Anda berkunjung sendiri ke tempat ini.

#1. Tiket Masuk Kampung Coklat Blitar Rp 5000,- 

Tiket masuk seharga Rp 5000,- sangatlah murah sekali sehingga hampir semua kalangan masyarakat pasti bisa masuk kedalam wisata edukasi Kampung Coklat ini khususnya masyarakat Blitar dan sekelilingnya.

Dan dengan tiket masuk sebesar ini maka kita sudah bisa menikmati suasana wisata edukasi Kampung Coklat secara bebas tanpa ada batasan. Dan bahkan hanya membawa uang sebesar Rp 35.000,- per orang kita sudah bisa menikmati makanan dan beberapa fasilitas lainnya.

Konsep harga wisata murah tetapi tidak murahan seperti ini adalah konsep yang sangat baik sekali karena untuk mendapatkan keuntungan yang besar berarti sang pengembang harus mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke tempat ini dalam jumlah yang banyak (baik itu pengunjung baru atau lama).

Dan kehebatan dari wisata edukasi Kampung Coklat Blitar ini adalah bahwa tempat ini selalu penuh dikunjungi apalagi pada waktu sabtu minggu dan hari libur. Sehingga ini menunjukkan bahwa diawal menjalankan usahanya pengembang wisata edukasi Kampung Coklat sangat tahu sekali bagaimana kondisi ekonomi segmen pasar yang dibidik.

#2. Warung Makan dan Jajanan Anak-Anak Kampung Coklat Blitar

Pengembang wisata edukasi Kampung Coklat tahu bahwa warung makan dan jajanan anak-anak adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan oleh pengunjungnya. Kenapa? Karena rata-rata pengunjung yang datang ke tempat ini pasti memerlukan waktu yang lumayan lama untuk bisa menikmati suasana Kampung Coklat itu sendiri.
warung makan kampung coklat Blitar
Warung Makan Kampung Coklat Blitar

Kenapa mereka bisa berlama-lama di tempat ini, Karena tempat ini memang menyediakan tempat wisata yang lumayan enak dikunjungi dan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman dekat. Bisa juga karena mereka penasaran dengan Kampung Coklat itu sendiri atau ingin sekedar mendapatkan tempat selfie atau bareng teman kamu.

Karena hal inilah warung makan dan jajanan anak-anak diharapkan mampu menghasilkan sumber keuntungan bisnis wisata edukasi Kampung Coklat.

#3. Taman Bermain Anak-Anak Kampung Coklat Blitar

Ini adalah bagian yang tidak kalah ketinggalan dari bagian wisata edukasi Kampung Coklat Blitar yaitu wahana bermain anak-anak. Kenapa pengembang menyediakan wahana ini? Kemungkinan karena sebagian besar pengunjung adalah keluarga yang membawa anak-anak mereka entah untuk mengedukasi tentang coklat, menghabiskan, atau mencari tempat bermain yang bermanfaat.
Tempat bermain anak-anak kampung coklat Blitar
Tempat Bermain Anak-Anak Kampung Coklat Blitar

Dan menurut analisis kualitatif Saya pribadi, wahana bermain ini adalah sumber keuntungan yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan profesional. Kenapa? karena setiap anak-anak yang datang berwisata adalah anak-anak yang pasti dari rumah memang ingin hiburan (relaksasi) dengan cara bermain (termasuk anak-anak saya) sehingga yang namanya wahana bermain pasti akan sangat laku sekali.

Dan berdasarkan pengamatan selama berkunjung disana wahana bermain ini memang sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu sumber keuntungan bisnis wisata edukasi Kampung Coklat.

#4. Warung Kopi dan Panggung Live Musik Kampung Coklat Blitar

Ketika Saya berkunjung beberapa kali kesini Saya selalu menemui sekelompok anak-anak muda (remaja) yang nggak pernah absen sebagai salah satu pengunjung wisata edukasi ini. Sehingga adanya warung kopi di tempat ini adalah keputusan yang tepat mengingat lifestyle anak muda jaman sekarang adalah nongkrong di Warkop plus dengerin live musik.

Jadi dengan adanya warkop dan live musik menjadikan wisata edukasi Kampung Coklat Blitar mempunyai daya tarik tersendiri untuk segmen pasar remaja. Dan setidaknya mampu memberikan nilai lebih dari sisi sumber keuntungan bisnis ini.

So, kalau kalian yang mengaku masih muda yang sukanya nongkrong dan dengerin live musik maka nggak usah bingung ketika berkunjung ke Kampung Coklat karena kesenangan Anda tetap bisa Anda nikmati disini.

#5. Gallery Coklat Kampung Coklat Blitar

Jika Anda berkunjung ke wisata edukasi Kampung Coklat Blitar maka jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa produk coklat hasil olahan tempat ini karena memang inilah bukti bahwa Anda pernah datang ke Kampung Coklat Blitar.

So, pengembang wisata edukasi ini tidak lupa bahwa bisnis utama mereka adalah bisnis yang berhubungan dengan komoditas coklat (kakao). Sehingga mendirikan gallery coklat yang menjual berbagai macam produk olahan dari coklat itu sendiri adalah sebuah keputusan yang sangat tepat.

produk olahan kampung coklat Blitar
Berbagai Produk Kampung Coklat Blitar
Karena selain menyediakan fasilitas edukasi kepada para pengunjung, pengembang Kampung Coklat juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas yang berbahan dasar coklat. Sehingga penjualan produk khas wisata edukasi Kampung Coklat bisa digunakan untuk menaikkan hasil keuntungan bisnis ini.

Jika strategi pemasaran produk-produk coklat dijalankan dengan tepat maka nilai keuntungan bisnis wisata edukasi Kampung Coklat akan semakin menggemuk. Kenapa? Karena jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini selalu ramai (stabil) dan bahkan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

#6. Cooking Class dan Paket Edukasi Kampung Coklat Blitar

Bagian ini seharusnya adalah bagian inti tema Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Kenapa? Karena bagian ini mengajarkan kepada anak-anak kecil tentang hasil akhir pengolahan biji kakao menjadi sebuah produk coklat yang siap saji untuk program cooking class.
cooking class kampung coklat Blitar
Cooking Class Kampung Coklat Blitar

Jika Anda ingin belajar tentang proses pembibitan coklat sampai proses pembuatan produk coklat maka Anda bisa mengambil paket edukasi di Kampung Coklat dengan harga per paket berbeda-beda untuk setiap kategori (PAUD s/d Perguruan Tinggi).

Tetapi jika Anda tidak ingin mengambil paket edukasi Kampung Coklat maka Anda bisa mengambil program cooking class saja yang hasilnya langsung bisa Anda bawa pulang. Dan sepengalaman kami sih ini sangat cocok untuk edukasi anak-anak tentang bagaimana cara membuat variasi produk coklat yang menarik sebelum dijual kepada para konsumen.

Paket edukasi adalah paket yang kami pikir adalah paket yang sangat membantu menggemukkan keuntungan bisnis wisata edukasi Kampung Coklat Blitar. Kenapa? Karena bisa dibilang mereka nggak mengeluarkan biaya yang begitu besar tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang begitu besar.

#B. Sisi Positif Adanya Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Sisi positif yang kami maksud disini adalah adanya manfaat yang diterima warga sekitar lokasi wisata edukasi Kampung Coklat Blitar.

Ketika Anda berkunjung ke tempat ini Anda nggak perlu khawatir akan memarkir dimana kendaraan Anda (motor, mobil, dan bus) karena tetangga sekeliling tempat wisata edukasi ini digunakan sebagai lahan parkir.
lahan parkir wisata edukasi kampung coklat Blitar
Tempat Parkir di Lahan Warga Sekitar Kampung Coklat Blitar

Keberadaan bisnis wisata edukasi Kampung Coklat adalah sebuah berkah masyarakat sekitar karena mampu membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar mulai tentang lahan parkir, lapangan kerja, dan pajak daerah.