Jangan Lakukan Copas (Copy - Paste)

Jangan lakukan CoPas (Copy - Paste) jika ingin sukses menjadi seorang blogger. Kenapa? Karena kegiatan copas adalah kegiatan yang tidak memberikan banyak manfaat untuk kita. Ngapain kita melakukan copas jika kita bisa membuka kembali blog yang sedang kita copas artikelnya kemudian kita taruh didalam halaman blog kita. Jika tujuan kita adalah ingin belajar dari blog tersebut.

Jangan lakukan copas (copy - paste)
Jangan Lakukan Copy - Paste
Tetapi jika tujuan Anda adalah ingin mendapatkan keuntungan komersial maka ngapain Anda lakukan copas jika pada akhirnya orang tahu jika artikel Anda adalah hasil copas semua. Dan terlebih lagi jika ketemu dengan pemilik artikel aslinya, bisa-bisa blog Anda terkena banned.

Eh, tapi Anda sudah tahu kan apa itu kegiatan CoPas (Copy - Paste) yang saya maksud. Kita bahas sebentar saja ya, apa yang saya dimaksud dengan istilah copas atau copy - paste. 

Jadi kegiatan copas itu adalah kegiatan menyalin sebuah artikel tanpa melakukan perubahan terhadap artikel tersebut. Dan hasil dari copas tersebut tidak disampaikan sumber artikelnya sehingga seolah-olah artikel tersebut adalah hasil karyanya.

Kegiatan copas sebenarnya tidak hanya terjadi di dunia internet (blogging) tetapi juga terjadi di dunia pendidikan yang biasa kita sebuat dengan istilah plagiat.

Kegiatan plagiat ini adalah sebuah kegiatan yang sangat dilarang didunia pendidikan (kampus) karena yang pasti ini adalah kegiatan yang tidak mendidik mahasiswanya. Meskipun begitu masih ada saja mahasiswa yang melakukannya, tetapi yang jelas itu adalah hal yang merugikan dirinya sendiri.

Kriteria Artikel CoPas (Copy - Paste)

Berikut ini adalah kriteria artikel copas yang kami maksud,
  1. Menyalin tanpa merubah judul, dan isinya. Jadi artikel hasil copas tersebut mempunyai judul dan isi yang sama persis dengan blog orang lain.
  2. Menyalin sebagian besar isi artikel tanpa melakukan perubahan yang signifikan, entah itu satu paragraph atau beberapa paragraph.
  3. Ini adalah ciri khas yang paling parah dari kegiatan copas, selain menyalin seluruh judul dan isi artikel orang lain. Copaster (orang yang melakukan kegiatan copas) tidak mencantumkan sumber artikelnya. Sehingga bisa dikatakan sebagai pencuri karya orang lain.
Sebenarnya Anda melakukan copas itu boleh-boleh saja, tapi..... buat apa? kalau Anda bertujuan untuk belajar. Kalau tujuannya adalah belajar maka silahkan saja buka halaman blog tersebut, toh mereka juga nggak pernah meminta upah jika Anda bisa pintar. Malahan mereka akan senang jika Anda bisa pintar karena membaca halaman blog mereka.

Beda lagi jika Anda melakukan copas untuk kegiatan komersil, hal ini akan kita bahas berikutnya.

Kenapa Saya Katakan "Jangan Lakukan CoPas (Copy - Paste)

Ada beberapa alasan kenapa saya mengatakan hal ini,

  1. Jika tujuan Anda membuat blog adalah berbagi dengan orang lain atau ingin mengasah kemampuan maka jangan pernah melakukan kegiatan copas. Kegiatan copas tidak akan memberikan manfaat apa-apa, apalagi jika tujuan Anda mulia.
  2. Jika tujuan Anda adalah mencari pengunjung dan kemudian mengkonversinya menjadi bentuk penjualan entah itu melalu program adsense, atau program penjualan lainnya maka Anda harus berhati-hati. Kenapa? Karena kemungkinan artikel yang Anda copas mempunyai hak milik yang bisa saja menuntut Anda sewaktu-waktu.
  3. Refer point 2, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah. Menjual produk saja sudah susah, ngapain harus ditambah susah dengan cara berurusan dengan orang lain.

Solusi Kegiatan CoPas (Copy - Paste)

Copas memang tidak boleh tetapi itu bukanlah masalah jika Anda ingin membahas hal yang sama dengan pemilik artikel yang ingin Anda copas.

Lakukan kegiatan rewriting terhadap artikel tersebut jika Anda memang mampu plus lakukan penambahan nilai terhadap artikel tersebut dengan menambahan sesuatu yang tidak ada didalam artikel aslinya.

Apa saja nilai plus yang bisa kita tambahkan kedalam artikel rewriting, nilai tambah tersebut adalah pengalaman Anda setelah melakukan kegiatan seperti yang disampaikan didalam artikel yang Anda copas tadi.

Itu hanya sebuah contohnya saja loh ya.

Anda bisa menambahkan ide-ide kreatif lain yang menurut Anda sangat relevan dengan artikel tersebut.

Terakhir sebelum saya tutup tulisan ini, berhati-hatilah sebelum Anda copas dan pikirkan dengan matang terlebih dahulu sebelum melakukannya. Bacalah aturan mainnya (disclaimer) terlebih dahulu halaman blog yang artikelnya ingin Anda copas. Jangan sampai tidak Anda lakukan biar hal buruk tidak terjadi kepada Anda.