10+ Alasan Memilih Blogger Sebagai Tempat Saya Menulis

10+ alasan memilih blogger sebagai tempat saya menulis beberapa artikel tentang belajar trading dan investasi ini saya tujukan kepada para calon blogger yang sedang bingung memilih platform mana yang paling cocok digunakan sebagai media curhat, berbagi, dan lain-lainnya.
Blog blogger
Blog Blogger

Alasan yang saya tulis ini berdasarkan manfaat yang sudah saya rasakan sendiri selama beberapa tahun.
Alasan memilih blogger
Alasan Memilih Blogger

Saya sendiri memakai blogger sejak tahun 2011 sampai saat ini, berarti sudah berlangsung selama 8 tahun.

10+ Alasan Memilih Blogger Sebagai Tempat Saya Menulis

Biar nggak terlalu lama bacanya, silahkan Anda lihat sendiri beberapa manfaat yang saya rasakan sehingga saya mempunyai banyak alasan memilih blogger sebagai media atau tempat saya menulis berbagai macam artikel.

#1. Alasan Memilih Blogger Karena Mudah Digunakan

Membuat sebuah blog di blogger adalah hal yang sangat mudah sekali karena hanya dengan memiliki satu buah email saja kita sudah bisa membuat banyak blog.

Selain itu, proses pembuatannya sangat mudah sekali. Jika Anda tidak percaya silahkan Anda baca bagaimana caranya di halaman "Cara Membuat Blog di Blogger". Hanya diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk membuat blog.

Setelah kita berhasil membuat blog, kita harus melakukan beberapa pengaturan terhadap blog yang sudah kita buat dan tentu juga mengisinya dengan berbagai macam tulisan. Dan enaknya memakai blogger adalah semua hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara yang sangat mudah sekali.

#2. Alasan Memilih Blogger Karena Mudah Dikelola

Alasan kedua yang membuat saya lebih memilih blogger daripada platform blog yang lain adalah karena blog yang saya buat memakai platform blogger lebih mudah saya kelola dari sisi pengaturan templates, widget, SEO, dan menu-menu lainnya.

Karena saya membuat blog hanya untuk kegiatan blogging dan bukan untuk kegiatan lainnya maka fasilitas yang diberikan oleh google (blogger) bagi saya sudah cukup memuaskan dibandingkan platform yang lainnya.

Dan bagi saya semakin sederhana fasilitas yang diberikan maka semakin mudah kita mengelola blog karena yang terpenting dari proses membuat blog adalah kedisiplinan membuat isi blog itu sendiri dan bukannya yang lain.

#3. Alasan Memilih Blogger Karena Memiliki Unlimited Bandwidth

Jika kita memilih blogger sebagai tempat membuat blog maka kita tidak perlu khawatir tentang jumlah bandwidth. 

Jika ternyata pada perkembangannya blog Anda mengalami peningkatan jumlah pengunjung maka Anda tidak perlu khawatir, karena blog Anda tidak akan pernah mengalami "HANG" alias "Bandwidth Limited Exceeded" dan blog Anda akan tetap dapat diakses oleh pengunjung Anda.

Inilah bagian enaknya, unlimited bandwidth dan FREE. Sehingga yang perlu kita pikir adalah bagaimana caranya mengisi blog dengan konten bagus dan bermanfaat.

#4. Alasan Memilih Blogger Karena Memiliki Unlimited Disk Space

Jika kita memilih blogger sebagai tempat membuat blog, selain mendapatkan unlimited bandwidth maka kita akan mendapatkan unlimited disk space.

Kita bisa menulis dan mengupload berbagai macam gambar didalam artikel tanpa harus memikirkan berapa jatah tempat penyimpanan yang bisa kita pakai.

Sehingga lagi-lagi kita tidak perlu memikirkan tentang bandwidth dan disk space. Kita hanya perlu membuat konten menarik dan memanfaatkannya jika kita memang benar-benar ingin memanfaatkan blog untuk mencari uang.

#5. Alasan Memilih Blogger Karena Custom Domain

Ini adalah salah satu alasan favorit yang banyak membuat banyak orang memilih blogger ketika membuat sebuah blog. Kita bisa memakai nama domain kita sendiri dan tidak harus memakai nama domain dengan format http://www.namadomainAnda.blogspot.com.

Dan untuk merubah nama domain sesuai dengan yang kita miliki, caranya sangat mudah sekali.

Kita hanya perlu membeli nama domain dari penyedia layanan Domain dan Hosting berbayar atau bisa juga melalui google. Kemudian melakukan pengaturan di dashboard, hanya perlu waktu sekitar 10 menit. Dan Woaaa, selamat blog Anda sudah memakai nama domain sesuai dengan nama Anda.

Sehingga nama blog Anda sekarang adalah http://www.namadomainAnda.com dan bukan memakai http://www.namadomainAnda.blogspot.com lagi.

#6. Alasan Memilih Blogger Karena Biaya Maintenance Kecil

Untuk membuat sebuah blog, minimal diperlukan biaya pemeliharaan yang tidak kecil. Jika  Anda membuat blog dengan cara self hosted atau menyewa hosting dan domain maka setidaknya Anda harus mengeluarkan biaya sekitar diatas Rp 400.000,- per tahun.

Tetapi jika Anda memakai platform blogger maka Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian domain saja, sekitar Rp 112.000,- per tahun jika memakai domain (.com).

Beda lagi jika Anda tidak memakai domain sendiri maka Anda tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias FREE (Rp 0,-) per tahunnya. Dan Anda hanya mengeluarkan biaya internet bulanan saja.

#7. Alasan Memilih Blogger Karena Mudah Mengganti Templates

Jika Anda suka tampilan blog yang cantik, Anda nggak perlu khawatir jika memilih blogger sebagai tempat membuat blog karena disini Anda bisa merubah templates standard blogger menjadi sebuah templates yang cantik.

Kita bisa merubah templates sesuai dengan keinginan kita, tetapi ini adalah saran saya. Jika Anda tidak mempunyai kemampuan di bidang hal ini (koding) maka Anda bisa mendapatkan templates secara FREE atau berbayar (lihat themeforest.net).

Tetapi kalau saya sih suka membeli templates karena kita bisa membeli templates premium. Dan tentu templates berbayar pasti mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh templates yang gratisan.

#8. Alasan Memilih Blogger Karena Blog Kita Akan Tayang Selamanya

Jika Anda adalah seseorang yang suka lupa membayar biaya tagihan maka kemungkinan besar ini adalah salah satu alternatif bagus buat Anda.

Jika Anda menggunakan domain dan hosting berbayar, jika Anda terlambat membayar biaya sewa maka blog Anda akan terkenan "Suspend". Blog Anda tidak akan tayang sehingga Anda dan para pengunjung Anda tidak akan dapat melihat lagi blog Anda sebelum Anda membayar biaya sewa.

Jika Anda memilih blogger sebagai media membuat tulisan maka Anda tidak perlu khawatir karena blog Anda akan tayang sepanjang masa dan tidak perlu khawatir tentang istilah "Suspend". Karena didalam platform blogger, istilah ini tidak akan pernah Anda alami kecuali blog Anda melanggar ketentuan google.

#9. Alasan Memilih Blogger Karena Aman

Jika Anda memilih blogger sebagai media membuat blog maka Anda tidak perlu khawatir dengan istilah pembobolan karena saya merasa ini adalah platform ngeblog yang lumayan aman.

Platform blogger adalah milik perusahaan google, sehingga saya sangat yakin tentang keamanan yang diberikan kepada para pelanggannya.

Disini saya tidak bilang bahwa blog Anda tidak bisa dibobol loh ya, karena didunia ini apa yang tidak bisa dilakukan jika punya niat. Tetapi saya cukup yakin bahwa platform blogger memang platform buat ngeblog yang cukup aman, apalagi gratis.

#10. Alasan Memilih Blogger Karena SEO Friendly

Jika Anda suka blognya terindeks di halaman pertama google maka memilih blogger sebagai tempat membuat blog adalah sebuah keputusn yang tepat menurut saya. Kenapa? Karena blogger sangat ampuh tentang Search Engine Optimization (SEO) dan ada buku panduannya dari google sendiri.

Jika Anda ingin belajar bagaimana mengoptimalkan blog agar mudah diindeks oleh google maka silahkan Anda pelajari caranya di panduan seo google.

#11. Alasan Memilih Blogger Karena Mudah Menambah Widget

Jika Anda memilih blogger sebagai tempat membuat blog, Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana menambah widget kedalamnya. Tahu kan apa itu widget?

Widget yang disediakan oleh blogger berbasis Javascript dan HTML sehingga sangat ringan dijalankan dan tidak membebani proses loading blog Anda.

Kita pun bisa memperoleh widget secara free dan memasangnya didalam blog kita atau jika Anda jagoan koding maka Anda bisa membuatnya sendiri.

#12. Alasan Memilih Blogger Karena Kita Bisa Monetize Blog

Meskipun bisa dikatakan hampir tidak mengeluarkan biaya sepeser pun ketika memilih blogger sebagai tempat membuat blog.

Tetapi kita bisa mendapatkan uang dari kegiatan blogging yang telah kita buat tadi apalagi blog yang kita miliki sudah mendatangkan banyak pengunjung. Istilah ini biasa kita sebut dengan monetized blog, mendapatkan uang dengan cara menjual produk atau iklan.

Hal yang paling sering dilakukan oleh para blogger adalah membuat konten menarik sehingga banyak mendatangkan pengunjung kemudian memasang google adsense untuk mendapatkan bayaran dari tulisan yang dibuat.

#13. Alasan Memilih Blogger Karena Tidak Ada Iklan

Jika kita memilih blogger sebagai media membuat blog maka halaman blog akan terbebas dari iklan. Dan jika kita temui adanya iklan di halaman blog karena mereka memang sedang melakukan monetized blog. Iklan tersebut karena memang dipasang oleh pemilik blog.

Hal inilah yang paling mengasyikkan, meskipun fasilitas yang diberikan gratis tetapi tidak ada istilah iklan yang tidak bermanfaat untuk kita.