Kapan Waktu Terbaik Untuk Menulis

Kapan waktu terbaik untuk menulis? Untuk menjawab pertanyaan ini, sepertinya kita harus memiliki jam terbang yang lumayan tinggi dalam hal kegiatan "Tulis Menulis". Tetapi, apakah benar kamu sedang bingung menentukan waktu terbaik untuk menulis. Sampai-sampai kamu mencari tips tentang "Kapan waktu terbaik untuk menulis" khususnya menulis konten blog.

Waktu terbaik untuk menulis blog
Waktu Terbaik Untuk Menulis
Tetapi, jika kamu memang bingung menentukan "Kapan waktu terbaik untuk menulis", kamu nggak usah khawatir. Kenapa? Karena, saya akan berbagi sedikit pengalaman dengan kamu tentang hal ini.

Mengapa saya memberanikan diri berbagi tips menentukan kapan waktu terbaik untuk menulis. Karena saya ingin berbagi pengalaman dengan kamu yang memang sedang bingung. Entah karena kamu sibuk sebagai Ibu Rumah Tangga, Pelajar, atau pun Pekerja.

Perlu kamu ketahui, saya sendiri bekerja pada waktu pagi hingga sore hari dan berprofesi sebagai trader forex/saham, dan juga sebagai kepala rumah tangga. Tetapi, saya juga tetap terus berusaha menyempatkan diri menulis dan mengelola blog ini secara rutin. 

Apakah saya pakai ghost writer? Nggak. Apakah saya pakai jasa freelance? Nggak juga. Tapi, jika kamu memang serius ingin mengelola blog. Pakai ghost writer maupun jasa freelancer juga gak papa kok.

Oke, sekarang kembali ke topik pembahasan "Kapan waktu terbaik untuk menulis". Sebenarnya, yang namanya waktu terbaik itu nggak pasti antara satu blogger dengan blogger lainnya. Kenapa? Karena tingkat kesibukan masing-masing blogger nggak sama.

Tapi, secara prinsip yang namanya "Waktu terbaik" itu adalah sama. 

Yaitu, sama-sama mampu menghasilkan konten blog yang super berkualitas tanpa harus mengganggu kehidupan rumah tangga kita. Kenapa saya bilang "Tanpa harus mengganggu"? Karena percuma, kita bisa membuat konten blog terbaik tetapi mengorbankan waktu terbaik (berkualitas) dengan keluarga.

# Kriteria Waktu Terbaik Untuk Menulis

Sebelum kita bahas "Kapan waktu terbaik untuk menulis", terlebih dahulu kita sepakati kriteria "Waktu Terbaik" menulis konten blog.
  1. Waktu terbaik itu adalah waktu yang mampu memberikan inspirasi dan kemudahan kepada kita untuk menuliskannya kedalam bentuk konten blog.
  2. Waktu terbaik itu adalah waktu yang bisa kita gunakan untuk menulis konten blog tanpa harus mengganggu waktu berkualitas bersama keluarga (suami/istri dan anak-anak).
  3. Waktu terbaik itu adalah waktu bebas kita dari segala aktivitas selain menulis. 
Gimana? Sederhana sekali kan, istilah waktu terbaik untuk saya pribadi.

Nah, setelah kita tahu kriteria waktu terbaik itu seperti apa. Selanjutnya, kita tentukan "Kapan waktu terbaik untuk menulis" bagi diri kita masing-masing.

Kalau saya pribadi, waktu terbaik untuk menulis konten blog adalah pada pukul 03.00 s/d 05.00 WIB dan pukul 20.00 s/d 22.00 WIB. 

Kenapa saya pilih waktu tersebut? Karena pada waktu pagi hari (03.00 s/d 05.00 WIB), saya lebih cepat mendapatkan inspirasi dan mudah menuliskannya kedalam bentuk konten blog. Dan, waktu pagi seperti ini, sudah biasa saya lakukan semenjak duduk dibangku sekolah. Plus, jam segini. Semua anggota keluarga masih tidur semua, terutama anak-anak.

Sedangkan pada malam hari. Anak-anak saya biasanya juga sudah tidur, kecuali weekend. Sehingga, pada malam hari seperti ini adalah waktu yang tepat buat saya untuk menulis sebuah konten blog.

Ketika menulis sebuah konten blog. Selama sehari, saya bisa menulis konten blog sebanyak 1 (satu) hingga 2 (dua) buah judul. Tetapi, saya nggak langsung mempublish semuanya dalam satu hari itu juga.

Paling, saya hanya mempublish 1(satu) buah artikel saja. Dan sisanya, saya publish dihari berikutnya dengan pengaturan jadwal (setel tanggal dan waktu).

Waktu terbaik menulis
Pengaturan Waktu Terbit Artikel
Gimana? sudah ada pencerahan tentang penentuan "Kapan waktu terbaik untuk menulis".

# Kapan Waktu Terbaik Untuk Menulis Konten Blog

Setelah kita tahu apa saja kriteria "Waktu Terbaik" maka kini saatnya menentukan "Kapan waktu terbaik untuk menulis".

Nggak harus sama dengan saya. Waktu terbaik untuk menulis konten blog menurut kamu, bisa jadi adalah pagi hari setelah semua anak-anak berangkat sekolah dan suami berangkat kerja. Kenapa? Karena kamu berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga.

Atau, bisa jadi. Waktu terbaik kamu adalah weekend saja. Kenapa? Karena diluar weekend kamu benar-benar nggak punya banyak waktu. Nggak papa, karena inti mengelola blog itu adalah rutin dan disiplin.

Jadi intinya adalah, kamu lah yang tahu persis kapan waktu terbaik bagi kamu untuk menulis sebuah konten blog secara maksimal dan berkualitas. Dan itu semua, nggak harus sama dengan blogger lainnya.

Dan kita nggak perlu memperdebatkan kenapa bisa seperti itu.

Gimana, jika saya ternyata nggak punya waktu sama sekali untuk menulis konten blog? Ya, itu derita loh... dan itu menunjukkan kalau kamu nggak perlu membuat sebuah blog.

Wkwkwkwk bukan begitu maksudnya. Jika kamu nggak punya banyak waktu menulis sebuah konten blog secara rutin. Kamu bisa menggunakan jasa penulis artikel. Tentu, kamu harus mengeluarkan biaya untuk hal ini.

Nah, itulah sedikit tips dari saya mengenai "Kapan waktu terbaik untuk menulis". Semoga bisa membantu kamu yang sedang bingung. Dan semoga sukses ngeblog....