Jangan Lupa Backup Data Blog

Backup data blog adalah sebuah aktifitas penting bagi seorang blogger. Kenapa? Karena jika terjadi sesuatu terhadap blog, misalnya blog gak sengaja kehapus, banned, kebobol (hacked), atau suspend maka semua data blog bisa hilang tanpa bekas. Untuk menghindari hal seperti ini maka kita bisa mengatasinya dengan cara membackup data blog secara rutin.

Jangan lupa backup data blog
Backup Data Blog
Apakah kamu menggunakan platform blogger, wordpress, atau CMS (Content Management System) buatan sendiri, kamu tetap harus melakukan backup data blog. Karena yang namanya musibah datangnya nggak disangka-sangka.

Apakah saya pernah mengalami hal seperti ini, blog dibobol hacker. Saya pernah mengalami hal seperti ini. Pada waktu itu, saya mempunyai sebuah web bertema social bookmark dan tak tahu mengapa tiba-tiba semua data hilang. Tetapi untungnya saya cepat melakukan recovery data dan meningkatkan security web. Tapi sayang, interval backup data yang saya lakukan terlalu lama. Sehingga banyak data yang hilang dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Dari pengalaman seperti itulah kita harus berhati-hati terutama bagi kamu yang membuat sebuah blog untuk tujuan yang mulia. Seperti misalnya, membuat blog untuk mengenang perjalanan hidup kamu bersama teman-teman atau keluarga kamu. Nggak bisa dibayangkan kan, bagaimana jadinya jika tiba-tiba blog kamu datanya hilang (dirusak orang jahat). Dan parahnya lagi, kamu nggak pernah melakukan backup data blog secara rutin alias nggak punya data sama sekali.

Wah, pasti nangis bombay deh.. gulung2 kayak trenggiling seperti kata emak emak disana.

 Jadi intinya, melakukan backup data blog adalah penting dan wajib buat kita semua (blogger).

#A. Backup Data Blog Untuk Pemakai Platform BLOGGER.com

Jika kamu adalah pengguna blogger.com maka kamu dapat dengan mudah melakukan backup data blog. Kok bisa? Karena blogger, miliknya google, telah menyediakan fasilitas ini.

Kamu bisa melakukan backup data blog mulai dari halaman, konten, komentar, dan templates blog. Disini juga disediakan fasilitas recovery dan hapus blog. So, mudah kan.

Untuk melakukan backup data blog, kamu hanya perlu masuk kedalam dashboard blog dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara backup data blog
Dashboard Backup Data Blog, Platform BLOGGER.com
  1. Masuk kedalam dashboard blog yang ingin dilakukan backup data blog
  2. Pilih menu Setelan >> Lainnya >> Backup Konten
  3. Klik tombol Simpan Ke Komputer
  4. Selesai, dan kamu pun akan mendapatkan backup data berupa file .xml
Gimana? Mudah kan.

Memang yang paling sulit dilakukan dari aktifitas ini adalah disiplin melakukannya. Tapi kamu harus ingat kalau aktifitas ini adalah sangat penting demi keamanan blog kamu.

Perlu kamu ingat, disini kita juga bisa melakukan pemulihan blog (recovery) dan juga menghapus blog yang sudah kita buat.

Untuk recovery data maka kamu hanya perlu menekan tombol "Impor Konten" kemudian pilih file yang akan diupload, selesai.

Sedangkan jika ingin menghapus blog maka kamu hanya perlu menekan link Hapus blog, pilih yes untuk konfirmasi, selesai. Tapi, sebelum kamu menghapus blog. Disarankan melakukan backup data blog terlebih dahulu.

#B. Backup Data Blog Untuk Pemakai Self Hosting

Kamu tahu kan, apa itu self hosting? 

Self hosting itu artinya kamu membeli domain dan hosting dari penyedia layanan web hosting seperti Niagahoster. Dan, nggak peduli. Platform apa yang akan kamu gunakan untuk membuat website atau blog. Entah itu kamu menggunakan Wordpress atau CMS buatan kamu sendiri.

Cara melakukan backup data ketika memakai self hosting, sebenarnya mudah sekali. Kamu hanya perlu masuk kedalam akun Cpanel, pilih file manager, pilih tools backup data, dan kemudian ikuti langkah-langkahnya. Selesai.

backup data lewat cPanel
Backup data - cPanel
Langkah pertama kamu adalah masuk kedalam cPanel self hosting kamu. Kemudian, kamu cari pengaturan file data blog atau website kamu.

Backup data blog atau website
Pengaturan File Blog atau Website
Silahkan kamu pilih antara Backup dan Backup Wizard untuk melakukan seluruh backup data blog. Sekaligus, jika kamu ingin me-restore kembali seluruh data blog atau website.

Misalkan, saya pilih Backup Wizard. Kenapa? Karena pilihannya lengkap. Mulai backup data sampai restore data blog atau website.

Backup wizard untuk melakukan backup dan restore data blog
Backup Wizard untuk Backup data Blog
Setelah kamu pilih Backup Wizard, silahkan kamu pilih. Apakah kamu akan membackup data atau merestore data.

Dan data apa saja yang bisa kamu backup atau restore? File website, database, dan email.

Kalau kamu ingin memiliki self hosting untuk membuat blog atau website. Kamu bisa pertimbangkan memakai Niagahoster sebagai tempatnya. Kenapa? Karena, di Niagahoster banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh. Salah satunya adalah domain gratis, jika kamu memilih paket hosting minimal paket Pelajar.

Gimana? Cukup mudah kan melakukan backup data atau pun restore (recovery) data. Entah itu kamu memakai platform blogger atau self hosting.