Pencapaian Akhir Tahun 2018 Blog BELAJARCUAN

Mengakhiri tahun 2018, bersama ini saya ingin menyampaikan pencapaian akhir tahun 2018 blog BELAJARCUAN. Dan pencapian akhir tahun ini sekaligus mengawali perjalanan panjang blog ini kedepannya khususnya mulai tahun depan yaitu tahun 2019.
Perjalanan Blog BELAJARCUAN
Perjalanan Blog BELAJARCUAN

Bisa dikatakan bahwa perjalanan blog BELAJARCUAN masih sangat pendek. Kenapa? Karena blog ini masih menempuh perjalanan selama 3 Tahun lebih sebulan (Didirikan pada Desember 2015) dihitung per Desember 2018.

Perjalanan yang masih sangat pendek dan harus penuh dengan pembenahan.

Blog ini saya dirikan sebagai bentuk kepedulian saya terhadap kebutuhan informasi seputar dunia bisnis dan investasi. Selain bermanfaat untuk saya pribadi, keluarga, dan teman dekat. Saya juga berharap blog ini mampu memberikan manfaat kepada banyak orang.

Dan memang inilah tujuan saya membuat blog, BERMANFAAT.

Untuk memonitor keberhasilan blog ini, saya menggunakan parameter jumlah pengunjung yang datang setiap hari, bulan, dan tahun. Sampai dengan tahun ini blog BELAJARCUAN masih sangat sedikit memberikan kontribusi di media jagad maya. Kenapa? karena Daily Visitor masih diatas 100 visitor lebih sedikit.

Kenapa Daily Visitor masih rendah? Karena sebenarnya saya nggak pernah mentargetkan berapa jumlah visitor blog ini. Karena tujuan awal saya ngeblog adalah Happy Happy Saja dan Nggak lebih dari itu.

Tapi nggak papa karena angka ini akan menjadi cambuk bagi saya agar lebih disiplin, konsisten, dan terus berbenah untuk terus berkarya agar Daily Visitor mampu mencapai 300 visitor per tahun 2019.

Pencapaian Tahun 2018
Pencapaian Tahun 2018

Pencapaian Monetize Blog BELAJARCUAN

Karena dari awal ngeblog saya nggak pernah punya tujuan monetize blog maka masih dikatakan wajar jika blog ini belum mampu menghasilkan pendapatan yang mampu disebut sebagai passive income. 

Pemasukan blog BELAJARCUAN masih berasal dari program Affiliasi. Dan itu pun masih dibawah angka $200, kenapa? Karena program affiliasi dijalankan pada pertengahan tahun 2018 dan hanya digunakan sebagai program pembuktian dan penjajakan.

Untuk kedepannya blog ini akan menjalankan program affiliasi atau program lainnya dengan lebih professional dan tertarget. Tentu untuk mencapai target tersebut, blog ini akan terus berusaha menayangkan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

Selain menghasilkan konten bermanfaat, blog ini juga akan menempuh cara lain untuk mencapai target tersebut. Salah satu strategi yang akan saya gunakan adalah menggunakan media online berbayar tentunya.

Pencapaian Konten Blog BELAJARCUAN

Jika berbicara tentang konten blog. Masih banyak sekali yang harus dibenahi dan ditingkatkan terutama kualitasnya.

Dilihat berdasarkan pencapaian jumlah konten. Blog ini hanya mampu menghasilkan 422 konten selama 3 x 365 Hari. Jika dirata-rata berarti blog ini hanya menghasilkan 1 buah konten per 3 hari. Kalau kita buat prosentase maka prosentase produksi konten adalah 33,33% selama 3 tahun terakhir.
Produksi Konten Blog Berkualitas
Produksi Konten Blog Berkualitas

Masih dikatakan sangat rendah sekali.

Kenapa masih dikatakan sangat rendah, karena menurut saya pribadi. Blog yang aktif minimal mampu menghasilkan konten blog satu hari satu konten.

Jika ditulis kedalam prosentase maka nilainya adalah sebesar 100% per tahun.

Tapi harus diingat bahwa setiap konten yang ditulis harus mengikuti kaidah asas berkualitas dan bermanfaat.

Selain itu juga, beberapa konten yang ada didalam blog ini harus mengalami proses editing. Karena konten blog yang sudah ditulis pada tahun pertama dan kedua proses editing yang dilakukan masih belum maksimal.

Kesimpulan

Secara keseluruhan kinerja blog BELAJARCUAN nggak bisa dikatakan buruk mengingat tujuan awal ngeblog bukanlah diperuntukkan menghasilkan passive income. 

Tetapi nggak bisa dikatakan baik juga karena belum mampu menghasilkan konten berkualitas dan bermanfaat. Apalagi jika dilihat dari jumlah pengunjung, blog BELAJARCUAN belum banyak memberikan kontribusi di jagad maya secara maksimal dibandingkan blog lain yang sejenis.

Mungkin hal ini lebih disebabkan karena blog ini mempunyai banyak kategori untuk ditulis. Meskipun konten yang dihasilkan sudah lumayan banyak tetapi beberapa konten nggak terlalu fokus. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya jumlah konten untuk masing-masing kategori.

Beberapa strategi yang akan ditempuh untuk mengurangi kekurangan tersebut antara lain adalah membuat lebih banyak konten berkualitas dan lebih fokus ke beberapa kategori sebagai senjata ampuh menarik pengunjung datang.

Akhir kata, semoga pencapaian akhir tahun 2018 blog BELAJARCUAN dapat menjadi cemeti yang mampu membawa keberhasilan dan prestasi di jagad maya.