Rahasia Sukses Trading For A Living

Rahasia sukses trading for a living adalah sebuah konsep menarik sekaligus sesuatu hal yang sedang dicari oleh banyak orang termasuk saya sendiri.
Rahasia Sukses Trading For A Living
Rahasia Sukses Trading For A Living

Dengan mempunyai bisnis dibidang perdagangan saham, komoditas, dan/atau forex. Semua trader selalu berharap bahwa hal tersebut dapat menjadi sumber pendapatan utama yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Maksud "Terpenuhi" disini adalah kita mampu membiayai semua kebutuhan hidup hanya melalui kegiatan trading.

Dan sebelum tahu apakah hal ini mungkin dapat terjadi maka kita harus bertanya kepada diri kita masing-masing :) karena yang tahu jawabannya ya kita sendiri.

Setelah membaca buku karya Dr. Alexander Elder mengenai Trading For A Living bahwa rahasia sukses adalah mampu mengusasi psikologi, strategi trading, dan manajemen keuangan yang kita miliki.

Dan menurut pribadi apa yang disampaikannya adalah benar adanya bahwa kesuksesan berdagang atau trading tergantung kemampuan diri kita masing-masing.

Jika kita tidak mampu menguasai psikologi maka sudah dapat dipastikan bahwa kita akan sering mengalami kegagalan karena emosi yang banyak bekerja dan bukan logika.

Misalkan saja ketika kita akan mengambil keputusan melakukan posisi open dan close trading yang hanya berdasarkan emosi (seperti judi) tanpa melihat kondisi pasar sebenarnya (reality) maka peluang memperoleh keuntungan pasti sangat kecil.

Hal ini dapat terjadi karena di dalam diri manusia ada Fear (Ketakutan) dan Greedy (Keserakahan) yang selalu muncul pada saat trading.

Untuk bisa sukses menguasai psikologi untuk menghasilkan keputusan yang tepat saat trading maka kita perlu banyak latihan dan kesabaran sedangkan bagaimana caranya yang tahu adalah diri kita sendiri.

Kenapa? Karena setiap trader selalu mempunyai cara yang berbeda-beda.

Kemudian jika kita belum mempunyai strategi trading yang terbukti mampu memberikan keuntungan yang pasti maka jangan sekali-kali melakukan trading for a living.

Kenapa? Karena sudah bisa dipastikan bahwa kita akan kesulitan menjalani hidup karena sumber pendapatan kita ya hanya dari trading ini :) iya kan?

Sebagai contoh, misalkan saja kebutuhan hidup kita per bulan 10 juta rupiah dan modal kita 100 juta rupiah maka keuntungan yang harus diraih adalah sebesar 10% per bulan.

Dan yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita mampu menghasilkan keuntungan 10% per bulan secara terus menerus. Dan perlu diingat juga mengenai kenyataan di pasar bahwa jarang sekali ada trader yang mampu menghasilkan keuntungan sebesar itu secara terus menerus.

Ok, misalkan saja prosentase keuntungan yang bisa kita peroleh adalah sekitar 3-5% perbulan maka diperlukan modal sekitar 300 juta rupiah sampai 200 juta rupiah jika kita ingin memenuhi kebutuhan hidup sebesar 10 juta rupiah per bulan.

Atau Anda bisa hitung sendiri berapa kemampuan Anda untuk dapat menghasilkan keuntungan yang pasti yang dapat diperoleh dari kegiatan trading per bulannya.

Dan kemudian putuskan apakah memang benar Anda dapat melakukan trading for a living berdasarkan hasil tersebut.

Jadi sebelum memutuskan untuk trading for a living maka silahkan dilihat lagi korelasi kemampuan Anda melakukan trading dan besarnya modal yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan hidup yang diperlukan.

Dan jangan melakukan hal ini hanya berdasarkan emosi tanpa melihat kenyataan jika tidak ingin menyesal dikemudian hari.

Untuk bisa melakukan trading for a living kita memang harus mempunyai kemampuan manajemen keuangan yang sangat bagus jika tidak maka hal pertama yang akan diserang adalah psikologi kita.

Dan jika sudah tidak mampu menguasai psikologi maka kegiatan trading pasti akan sangat terganggu.

Sebelum kita melakukan trading for a living maka kita harus mempersiapkan modal hidup juga untuk berjaga-jaga jika gagal atau belum mendapatkan keuntungan pada bulan pertama selain modal trading.

Jadi sebelum memutuskan untuk menjalani konsep trading for a living maka kita harus melihat secara realita mengenai kemampuan kita pada penguasaan psikologi, strategi trading dan manajemen keuangan.

Jangan asal hajar kiri hajar kanan karena ini menyangkut HIDUP kita :) meskipun kelihatannya sulit dilakukan tetapi JANGAN PERNAH MENYERAH karena ternyata banyak juga trader yang mampu melakukannya :) jadi jangan pesimis ya Be Reality!

Jika Anda ingin sukses Trading For A Living maka begitu juga dengan Saya