Double Pattern Candlestick Jepang

Double Pattern Candlestick Jepang adalah sebuah sinyal reversal yang terdiri dua buah candlestick (baca juga: single pattern candlestick jepang). Dan candlestick yang akan kita bahas adalah engulfing candlestick, dan twezzer bottom/tops candlestick.
Double Pattern Candlestick Jepang
Double Pattern Candlestick Jepang

Engulfing Pattern

Bullish engulfing pattern adalah dua buah candlestick yang menunjukkan adanya sebuah kemungkinan terjadinya pembalikan arah akan terjadi. Sinyal ini terbentuk ketika sebuah bearish candlestick diikuti oleh sebuah bullish candlestick yang kuat atau lebih besar.

Candlestick kedua ini mempunyai ciri-ciri bentuk tubuhnya menelan atau lebih besar dari bearish candlestick sebelumnya. Pada candlestick kedua ini para trader pembeli benar-benar mengalahkan para trader penjual sehingga harga berada jauh diatas harga penutupan sesi perdagangan sebelumnya yanng berada pada sesi downtrend.

Dilain pihak adanya bearish engulfing pattern yang merupakan kebalikan dari bullish engulfing pattern yang terbentuk pada sesi perdagangan yang bullish. Pola ini terbentuk setelah adanya bullish candle yang kemudian ditelan oleh bearish candle yang menunjukkan bahwa kekuatan para trader pembeli sudah lemah dan kini saatnya para trader penjual masuk dan mengalahkan para trader pembeli ini.
Bullish Dan Bearish Engulfing Patter

Twezzer Bottom dan Tops

Twezzer adalah dua buah candlestick yang terbentuk setelah perjalanan panjang sebuah sesi perdagangan dalam arah yang naik (uptrend) atau turun (downtrend) dan mengindikasikan bahwa sinyal pembalikan arah akan segera terjadi.
Twezzer Bottom dan Top

Berikut ini adalah ciri-ciri dari twezzer bottom dan top

  • Candlestick pertama sama bentuknya dengan pola pergerakan harga, jika harga bearish berarti candlestick pertama tersebut adalah bearish candle
  • Candlestick kedua berlawanan bentuknya dengan candlestick kedua. Jika arah pasar sedang bearish maka candle kedua ini adalah bullish candle
  • Ekor yang terbentuk adalah sama panjangnya baik untuk kedua candlestick pada twezzer bottom ataupun twezzer top.