Triple Pattern Candlestick Jepang

Jika sebelumnya ada single pattern dan double pattern maka kali ini kita akan bahas mengenai triple pattern candlestick jepang yang merupakan sebuah sinyal reversal pada sebuah sesi perdagangan yang sedang mengalami trending yaitu uptrend atau downtrend.
Morning star candlestick jepang
Morning Star Candlestick Jepang

Evening dan Morning Star

Kedua candlestick adalah jenis triple pattern candlestick yang biasanya dapat kita temui pada sebuah akhir trending sesi perdagagan. Mereka adalah sebuah sinyal pembalikan arah yang dapat kita ketahui dari ketiga karekteristiknya. Sebagai salah satu contoh adalah evening star seperti ditunjukkan oleh gambar berikut ini.
Evening dan Morning Star

Tiga Karakteristik

  1. Candlestick pertama adalah sebuah bullish candlestick yang merupakan bagian dari candle uptrend.
  2. Candlestick kedua memiliki bentuk tubuh yang kecil menunjukkan tidak adanya pemenang didalam sesi tersebut. Candlestick ini dapat berupa bullish atau bearish.
  3. Candlestick ketiga adalah sebuah sinyal konfirmasi bahwa pembalikan arah trend pasar terjadi dalam sepanjang sesi perdagangan. Dan harga ditutup dibawah separuh rentang harga candlestick pertama.

Three White Soldiers Dan Three Black Crows

Three White Soldiers dan Black Crows

Three white soldiers terbentuk ketika long bullish candle terbentuk setelah akhir trend downtrend sekaligus menunjukkan bahwa sinyal pembalikan arah mulai terjadi. Tipe candlestick ini diyakini sebagai sinyal kuat akan terjadinya pembalikan kearah uptrend setelah sesi perdagangan downtrend yang terjadi dalam waktu yang cukup lama dan atau pada sebuah sesi konsolidasi.

Candlestick pertama disebut dengan reversal candle yang mengakhiri sesi downtrend atau kondolidasi yang terjadi sudah mulai berakhir.

Candlestick kedua harus lebih besar dibandingkan dengan tubuh candlestick kedua dan juga harga penutupannya mendekati harga tertingginya atau bisa dikatakan hampir atau tidak mempunyai sebuah ekor diatas tubuhnya.

Candlestick ketiga mempunyai bentuk yang sama dengan candlestick kedua dan atau tidak mempunyai ekor sama sekali.

Three black crows adalah sama dengan three white soldier tetapi hanya letaknya saja yang berbeda. Sinyal ini hadir sebagai sinyal pembalikan arah dari sesi perdagangan yang uptrend menjadi sesi perdagangan yang downtrend.

Candlestick kedua harus mempunyai tubuh yang lebih besar dibandingkan candlestick pertama dengan harga penutupan lebih dekat dengan harga terendahnya. Sedangkan candlestick ketiga yang terbentuk mempunyai bentuk tubuh sama dengan candlestick kedua dan atau tidak mempunyai ekor sama sekali.  

Three Inside Up dan Down

Three Inside Up dan Three Inside Down

Three inside up adalah sebuah trend reversal yang bisa dijumpai di bottom sebuah downtrend sesi perdagangan. Formasi tiga candlestick ini menandakan bahwa sebuah sesi perdagangan downtrend kemungkinan akan segera berakhir dan sebuah sesi perdagangan uptrend akan segera mulai terbentuk. Berikut ini adalah ciri-ciri dari pola pembalikan arah tersebut:
  1. Candlestick pertama ditemukan di bottom downtrend dan mempunyai ciri khas long bearish candlestick.
  2. Candlestick kedua paling sedikit ditutup melebihi separuh candlestick pertama.
  3. Candlestick ketiga ditutup diatas harga tertinggi candlestick pertama untuk mengkonfirmasi bahwa trader pembeli menguasai sesi perdagangan dan mampu membalikkan sesi perdagangan yang downtrend.

Three inside down adalah berkebalikan dengan three inside up yang merupakan sebuah trend reversal yang bisa dijumpai di atas sebuah uptrend sesi perdagangan. Formasi ini menandakan bahwa sesi perdagangan uptrend tersebut segera berakhir dan sebuah sesi baru downtrend segera dimulai. Sebuah three inside down harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Candlestick pertama ditemukan diatas sesi perdagangan yang uptrend berupa long bullish candlestick.
  2. Candlestick kedua ditutup paling sedikit dibawah separuh candlestick pertama.
  3. Candlestick ketiga ditutup dibawah nilai terendah candlestick pertama untuk mengkonfirmasi bahwa para trader penjual menguasai sesi perdagangan dan mempu membalikkan sesi uptrend menjadi downtrend. 

Diatas adalah macam-macam pola candlestick yang dapat dijadikan referensi memprediksi sesi perdagangan untuk menentukan posisi yang tepat.

Tulisan Terkait:
  1. Apa itu candlestick jepang
  2. Anatomi condlestick jepang
  3. Dasar bentuk candlestick jepang
  4. Single pattern candlestick jepang
  5. Double pattern candlestick jepang
  6. Triple pattern candlestick jepang