Dasar Bentuk Candlestick Jepang

Pembentukan body atau tubuh candlestick adalah sebuah proses penting dalam sebuah sesi perdagangan. Hal ini dikarenakan adanya pertempuran antara trader pembeli dan penjual, siapakah yang akan menang dialah yang akan memegang kendali penuh atas sesi perdagangan. Dan jika kita teliti terhadap kekuatan masing-masing kubu maka kemungkinan besar mendapatkan keuntungan akan kita raih karena kita dapat dengan mudah memprediksi kemana arah pergerakan harga akan berlanjut.
Dasar bentuk candlestick jepang
Dasar Bentuk Candlestick Jepang

Spinning Tops

Candlestick yang mempunyai bentuk tubuh pendek, ekor diatas yang panjang, dan ekor dibawah yang panjang disebut dengan spinning tops tidak peduli apakah warnanya hitam atau putih. Pola atau bentuk ini menunjukkan bahwa kekuatan trader pembeli dan penjual adalah sama-sama kuat didalam sebuah sesi perdagangan.
Spinning Tops
Bentuk tubuh yang kecil menunjukkan bahwa pergerakan harga tidaklah jauh antara harga pembukaan dan penutupan.dan ekor yang terbentuk menunjukkan adanya perkelahian antara trader penjual dan pembeli tetapi tidak ada yang bisa memenangkannya didalam sebuah sesi perdagangan.

Jika spinning tops terbentuk didalam sebuah trend naik atau uptrend hal ini biasanya menunjukkan bahwa tidak banyak trader pembeli yang tersisa dan biasanya sebuah pembalikan arah kemungkinan akan terjadi.

Jika spinning tops terbentuk didalam sebuah trend turun atau downtrend hal ini biasanya menunjukkan bahwa tidak banyak trader penjual yang tersisa dan biasanya sebuah pembalikan arah kemungkinan terjadi.

Marubozu

Adalah sebuah bentuk candlestick yang tidak berekor baik diatas maupun dibawah dan apakah bentuk tubuh tersebut berwarna hitam atau pun putih. Harga tertinggi dan terendah adalah sama dengan harga penutupan dan pembukaan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh candlestick marubozu dibawah ini.
Marubozu Candlestick

White marubozu adalah sebuah candlestick dengan bentuk tubuh panjang berwarna putih dengan tanpa ekor. Harga pembukaan sama dengan harga terendah dan harga penutupan sama dengan harga tertinggi. Ini adalah sebuah bentuk bullish candlestick yang menunjukkan bahwa trader pembeli memegang kendali penuh sesi perdagangan. Bentuk ini biasanya menjadi sebuah sinyal pembalikan arah atau sinyal terus menguatnya pola uptrend.

Black marubozu adalah sebuah candlestick dengan bentuk tubuh panjang berwarna hitam dengan tanpa ekor. Harga pembukaan sama dengan harga tertinggi dan harga penutupan sama dengan harga terendah. Ini adalah sebuah bentuk bearish candlestick yang menunjukkan bahwa trader penjual memegang kendali penuh sesi perdagangan. Bentuk ini biasanya menjadi sebuah sinyal pembalikan arah atau sinyal terus menguatnya pola downtrend.

Doji Candlestick

adalah sebuah candlestick yang mempunyai bentuk tubuh sangat tipis karena harga penutupan sama dengan harga pembukaan. Doji candlestick menjukkan tidak adanya kekuatan yang bisa mempengaruhi harga pembukaan sehingga harga penutupan berada tepat di harga pembukaan atau sedikit menjauh dari harga pembukaan.

Ada empat bentuk doji candlestick yang spesial, panjang ekor baik dibawah atau diatas tubuh sangat bermacam-macam dan jika terbentuk didalam candlestick forex akan kelihatan seperti cross, inverted cross atau plus. 
Doji Candlestick

Jika doji terbentuk setelah sebuah candlestick dengan bentuk tubuh panjang berwarna putih (seperti white marubozu), doji ini akan mengindikasikan bahwa trader pembeli sudah mulai jenuh dan lemah. Karena untuk menggerakkan harga terus berlanjut naik diperlukan banyak pembeli dan karena jumlahnya sudah mulai berkurang maka para trader penjual akan mengetahui kondisi ini dan siap-siap untuk masuk mengambil alih sesi perdagangan dan mengendalikan harga untuk turun.
Long White And Doji Candlestick

Jika doji terbentuk setelah sebuah candlestick dengan bentuk tubuh panjang berwarna hitam (seperti black marubozu), signal doji ini mengindikasikan bahwa trader penjual sudah mulai jenuh dan lemah. Karena untuk menggerakkan harga terus berlanjut kebawah memerlukan banyak penjual dan karena jumlahnya sudah berkurang maka para trader pembeli akan mengetahui kondisi ini dan siap-siap untuk masuk mengambil alih sesi perdagangan dan mengendalikan harga untuk naik. Dan jika Anda adalah pedagang saham inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan kesempatan harga yang murah.
Long Black And Doji Candlestick

Meskipun semua bentuk diatas adalah sebuah sinyal adanya pembalikan arah perlu diingat dan diketahui bahwa semuanya juga memerlukan sebuah sinyal konfirmasi apakah kemungkinan tersebut akan terjadi atau tidak.

Tulisan Terkait:
  1. Apa itu candlestick jepang
  2. Anatomi condlestick jepang
  3. Dasar bentuk candlestick jepang
  4. Single pattern candlestick jepang
  5. Double pattern candlestick jepang
  6. Triple pattern candlestick jepang