Belajar Trading SAHAM untuk Pemula

Untuk mempermudah belajar trading saham terutama mengenai mekanisme jual / beli di Bursa Efek Indonesia (BEI) maka sebaiknya Anda menggunakan akun DEMO terlebih dahulu sebelum menggunakan akun REAL yang menggunakan modal / dana sungguhan.
Belajar trading saham
Belajar Trading Saham

Dengan menggunakan akun DEMO maka Anda akan diberikan kesempatan mempelajari mekanisme perdagangan / trading saham secara nyata tetapi memakai modal / dana virtual. Untuk membuka akun DEMO Anda tidak akan dituntut biaya alias GRATIS tidak bayar.
trading saham dengan akun DEMO
Buka akun demo

Anda hanya perlu menghubungi care_center@mandirisek.co.id (sebagai contoh kita menggunakan jasa broker Mandiri Sekuritas) kemudian melengkapi permohonan pembukaan akun dengan mengisi data Nama, Email, dan Nomor Telpon.

Kenapa Anda harus menggunakan akun DEMO terlebih dahulu? Karena jika Anda adalah pemula didalam dunia bisnis trading saham maka belajar menggunakan akun DEMO adalah kewajiban. Dengan akun DEMO Anda dapat belajar dengan cepat mengenai mekanisme trading serta tahu bagaimana seorang trader saham akan mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Tetapi akun DEMO juga sangat cocok bagi Anda yang hanya sekedar ingin belajar / tahu bagaimana mekanisme trading saham (untuk pelajar / pengajar) atau juga bagi mereka yang belum mempunyai modal / dana yang cukup tetapi sangat ingin belajar terlebih dahulu sebelum menggunakan dana sungguhan.

Tetapi ada juga solusi yang bisa ditawarkan bagi Anda untuk saat ini yaitu membuka akun real dengan modal hanya Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) menggunakan jasa broker Megacapital atau Indo Premier Sekuritas. Harus diingat bahwa hanya dengan modal 100 RIBU bukan berarti kita bisa membeli saham-saham yang bagus tetapi setidaknya kita tahu bagaimana mekanisme sistem perdagangan saham.
modal 100 ribu jadi investor
100 RIBU jadi investor

Jika Anda sudah tahu bahwa sebelum Anda membuka akun REAL yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuka akun DEMO sebagai tempat berlatih. Dan jika kita urutkan kedalam beberapa langkah maka berikut ini adalah langkah-langkah belajar trading SAHAM untuk pemula.

#1 Langkah Pertama Belajar Trading SAHAM untuk Pemula

Hal yang pertama kali harus Anda pahami adalah Anda harus benar-benar paham apa yang disebut dengan saham, kapan waktu trading saham, siapa pelaku trading saham, dan memahami berbagai faktor yang mampu menggerakkan harga saham baik secara fundamental dan technical.

Untuk memulai semua ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain mengikuti pelatihan berbayar tentang trading saham yang diselenggarakan oleh pribadi / institusi dan tentunya Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk hal ini.
pelatihan trading SAHAM
Classroom trading saham

Pilihlah penyelenggara yang benar-benar terpercaya (sesuai dengan tujuan Anda) dan memang terbukti telah sukses menjalankan bisnis trading saham atau bukan teori saja.

Ketika Anda mengambil bimbingan belajar berbayar seperti ini maka akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa yaitu waktu belajar Anda akan semakin cepat dan Anda pun akan semakin terarah.

Untuk masalah biaya jangan pernah Anda berpikir mahal karena dibalik itu semua Anda akan mendapatkan hasil yang sungguh luar biasa bila dibandingkan biaya tadi. Berpikirlah tentang hasil yang akan Anda dapatkan dan jangan berpikir tentang biaya yang akan Anda keluarkan karena itulah prinsip bisnis yang tepat.

Tetapi jika Anda benar-benar tidak ingin mengeluarkan modal sepeser pun Anda bisa mencari bimbingan belajar trading saham gratis atau setidaknya mengeluarkan modal yang sedikit saja. Tapi ya jangan berharap Anda akan mendapatkan pengetahuan yang banyak :) kecuali dipadukan dengan membaca buku-buku tentang saham secara otodidak.

Anda pun bisa belajar bagaimana caranya trading saham dari beberapa website yang ada di internet secara gratis salah satunya www.belajarcuan.com tapi tentu Anda juga harus belajar secara learning by doing.

#2 Langkah Kedua Belajar Trading SAHAM untuk Pemula

Setelah Anda paham mengenai teori saham dan sudah siap untuk mulai trading saham maka langkah berikutnya adalah memilih broker saham yang akan dipakai sebagai partner transaksi. Banyak sekali daftar broker saham yang ada di Indonesia tetapi pilihlah broker saham yang dapat Anda percaya dan banyak memberikan keuntungan bagi Anda.

Beberapa keuntungan yang dapat Anda pertimbangkan adalah lengkapnya fasilitas trading yang diakomodir melalui platform trading yang diberikan kepada para nasabahnya serta enak tidaknya penggunaan platform tersebut (user friendly) karena platform trading masing-masing broker berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih broker mana yang mempunyai platform trading yang enak dipakai menurut Anda baik ketika menggunakan PC / Laptop / Mobile / Smartphone.
broker saham kiwoom sekuritas
Contoh broker saham

Selain lengkapnya fasilitas platform trading kita juga perlu memperhatikan seberapa lengkap layanan informasi penting seperti berita ekonomi (makro / mikro), sentimen pasar, jadwal pembagian dividen, jadwal IPO dan lain sebagainya yang diberikan kepada para nasabah. Hal ini penting karena sebagai seorang trader saham kita tidak bisa lepas dari informasi seperti ini.

Kemudian keuntungan lain yang tidak kalah menarik adalah besarnya fee jual / beli saham. Pilihlah fee jual / beli saham yang lebih menarik karena meskipun fee beli hanya 0.18% dan fee jual hanya 0.28% tetapi jika dikalikan jumlah / volume transaksi yang besar maka nilainya akan besar juga.

Dan yang terakhir adalah Customer Service (CS) dalam menanggapi nasabahnya. Apakah broker saham yang kita pilih menyediakan CS yang ramah dan cepat tanggap terhadap permasalahan kita atau tidak. Kenapa kita harus memperhatikan hal ini? karena jarak kita dengan kantor broker saham belum tentu dekat sehingga kita perlu perantara yang mampu menjembatani kita sebagai nasabah dengan broker kita sebagai partner trading saham.

#3 Langkah Ketiga Belajar Trading SAHAM untuk Pemula

Setelah Anda memilih broker saham mana yang akan dijadikan partner bisnis maka kini saatnya Anda membuka akun DEMO terlebih dahulu atau mencoba membuka akun REAL menggunakan dana / modal yang minim (100 RIBU) tetapi jika Anda takut salah dan kehilangan modal maka silahkan buka akun DEMO saja terlebih dahulu.
Pembukaan akun DEMO

Perlu diketahui bahwa untuk membuka akun DEMO trading saham hanya diperlukan data nama, email, dan handphone. Hanya saja Anda harus menghubungi CS masing-masing broker yang sudah Anda pilih untuk follow up pembukaan akunnya.

Proses pendaftaran ini memang tidak semudah ketika membuka akun DEMO trading forex yang tidak memerlukan contact CS nya secara langsung dan hanya mengisi formulir pendaftaran dan aktivasi akun DEMO melalui email yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Selanjutnya dengan akun DEMO ini silahkan Anda belajar bagaimana caranya membeli saham dan menjualnya kembali.

Silahkan Anda belajar bagaimana rasanya menjadi seorang investor / trader (intraday atau swing) dan bandingkan keuntungan / kerugian yang didapat apakah Anda lebih cocok menjadi seorang investor atau trader saham.

Jika Anda sudah yakin dan percaya diri membuka akun REAL dan menggunakan dana / modal sungguhan maka silahkan Anda lanjutkan ke langkah terakhir yaitu langkah ke-empat.

#4 Langkah Keempat Belajar Trading SAHAM untuk Pemula

Jika Anda sudah belajar bagaimana mekanisme trading saham menggunakan akun DEMO serta yakin / percaya diri apalagi dibuktikan dengan hasil yang memuaskan maka silahkan Anda buka akun REAL kemudian deposit menggunakan dana / modal sungguhan.

Meskipun Anda bisa membuka akun REAL hanya dengan deposit 100 RIBU atau 1 Juta Rupiah saja tetapi jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis ini maka setidaknya Anda menambah deposit Anda diatas 10 Juta Rupiah.
100 Ribu Mulai Jadi Investor
100 RIBU jadi investor

Jika Anda seorang pemula memang disarankan untuk deposit minimal saja dulu tetapi jika Anda yakin bahwa Anda mampu meraup keuntungan dari trading saham maka silahkan Anda deposit sesuai target keuntungan yang ingin dicapai.

Terus berapa dong modal yang tepat untuk trading saham? silahkan buka tulisan tentang trading for a living terlebih dahulu.

Jadi bisa dikatakan bahwa modal trading itu tergantung tujuan masing-masing trader. Misalkan saja kebutuhan hidup Anda sebulan Rp10.000.000,- sudah termasuk menabung / pendidikan / kesehatan keluarga Anda. Dan rata-rata Anda mampu membukukan keuntungan 2% sebulan dari bisnis trading saham maka besarnya modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis trading saham ini adalah sebesar Rp 500.000.000,- (Rp 10.000.000,- / 2%).

Sehingga besarnya kemampuan mencetak keuntungan dari bisnis trading saham dan besarnya keuntungan yang ingin dicapai sangat mempengaruhi besarnya modal yang harus disiapkan oleh masing-masing trader saham.

Jika kita tarik kesimpulan, belajar trading saham itu dapat dimulai dari memahami konsep tentang saham dan mekanisme, memilih broker kemudian membuka akun DEMO, dan terakhir adalah membuka akun REAL menggunakan dana / modal sungguhan.

Tetapi jika Anda masih ragu untuk memulai bisnis trading saham maka silahkan Anda pelajari terlebih dahulu tentang seluk beluk saham mulai awal sampai akhir melalui berbagai sumber tentunya. Jika malas untuk mencari referensi lain silahkan Anda baca-baca semua tulisan tentang saham di blog ini.