Alasan Kenapa Bisnis Harus Punya Website

Anda pemilik bisnis? Jika jawaban Anda "Ya" maka silahkan Anda simak beberapa alasan kenapa bisnis harus punya website berikut ini. Perlu diketahui bahwa pada jaman sekarang ini yaitu jaman yang serba teknologi menyebabkan banyak orang mengalami demam Media Sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter sehingga kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu sehari-hari untuk beraktifitas secara online.
Alasan Kenapa Bisnis Harus Punya Website
Bisnis Harus Punya Website

Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa memanfaatkan waktu online mereka untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada mereka (calon konsumen).

Alasan kenapa bisnis harus mempunyai website
E-Commerce Jual Beli Produk
Dan jika Anda sebelumnya adalah pemilik bisnis entah itu jualan barang atau jasa maka kini saatnya Anda harus memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut sebagai media promosi.

Jika Anda belum bisa membuat website maka tidak perlu khawatir karena untuk membuat sebuah website tidaklah sulit. Namun jika Anda tidak mempunyai kemampuan dan waktu untuk membuatnya maka Anda bisa memakai jasa pembuatan website yang sudah banyak beterbangan jumlahnya di sekeliling kita pada saat ini.

Anda hanya perlu memberikan data-data yang diperlukan untuk membuat website bisnis Anda dan mereka akan membuatnya secara profesional untuk Anda.

Alasan Kenapa Bisnis Harus Punya Website?

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa bisnis harus punya website beserta penjelasan singkatnya.

#1. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website adalah Tempat Efektif Berkomunikasi Dengan Konsumen.

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis kemudian Anda membawa bisnis tersebut kedalam bentuk sebuah website maka komunikasi yang terbentuk antara Anda dengan pelanggan Anda akan semakin lebih efektif karena para pelanggan Anda hanya perlu menghubungi Anda melalui website (by Customer Service) dan tidak perlu datang langsung ke kantor Anda untuk menanyakan beberapa pertanyaan seputar produk, pelayanan, promosi, komplain, dan lain sebagainya.

Dan pelanggan Anda hanya perlu datang ke kantor Anda jika ada permasalahan yang memang harus diselesaikan dengan cara bertatap muka secara langsung.

Tetapi perlu diingat bahwa ada konsekuensi yang harus Anda terima yaitu Anda harus menyiapkan tim Customer Service yang siap selalu melayani pelanggan Anda kalau perlu sepanjang waktu. 

Jadi, Meskipun dengan menggunakan sebuah website komunikasi bisa terbentuk dengan baik tetapi kita sebagai pemilik bisnis harus tetap menyediakan tim Customer Service yang siap melayani pelanggan setiap waktu. Karena jika tidak maka adanya website tersebut tidak terlalu banyak berguna untuk pelanggan dan Anda sendiri.

#2. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website Mampu Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan.

Sekarang ini hampir semua pemilik bisnis pasti mempunyai sebuah website atau setidak-tidaknya mereka exist di dunia maya minimal memakai Facebook. 

Jika Anda sebagai pemilik bisnis kemudian membuat sebuah website yang menyediakan segala informasi tentang bisnis Anda maka secara tidak langsung Anda sedang meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata para pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang yakin bahwa Anda menjalankan bisnis secara sungguh-sungguh (profesional).

Sebagai contoh, hampir semua perusahaan (emiten) yang sahamnya dijual di pasar modal mempunyai website yang bercerita tentang bisnisnya. Dan didalamnya terdapat hampir semua data yang diperlukan oleh para investor sehingga para investor tidak perlu datang ke kantor mereka hanya untuk menanyakan Laporan Keuangan.

Jadi, dengan adanya fasilitas yang seperti ini maka kepercayaan investor terhadap emiten semakin bertambah karena investor dapat dengan cepat dan mudah menemukan informasi yang diperlukan hanya melalui sebuah website sehingga kredibilitas emiten pun akan semakin meningkat.

#3. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website adalah Tempat Efektif untuk Melakukan Promosi Produk Baru.

Melalui sebuah website maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa menghemat banyak waktu dan biaya promosi karena hanya melalui sebuah website Anda sebenarnya sudah memiliki tempat promosi yang luar biasa dahsyat. Dan yang paling mengagumkan bahwa jumlah materi promosi yang bisa kita sampaikan kepada pelanggan tidak terbatas jumlahnya.

Jika Anda punya sebuah produk baru maka Anda hanya perlu menaruh detail informasi tentang produk baru tersebut dan Anda hanya perlu memberi tahu informasi tersebut kepada pelanggan Anda. Untuk memberitahu pelanggan tentang informasi tersebut Anda bisa memakai jasa periklanan seperti Google Adwords atau yang lainnya.

Dan untuk menarik hati pelanggan setia Anda agar membeli produk baru Anda maka Anda bisa menggunakan teknik CopyWriting yang Anda miliki tentunya atau jika Anda belum berpengalaman maka Anda bisa memakai jasa pembuat detail informasi produk baru yang sudah berpengalaman.

#4. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website Mampu Menurunkan Biaya Operasi.

Sebenarnya poin ini hampir sama dengan poin ke #3 diatas. Biaya operasi yang dimaksud disini adalah biaya periklanan. Dengan sebuah website maka setidaknya Anda bisa mengurangi biaya promosi tetapi dengan sebuah website Anda bisa menjangkau target pelanggan lebih luas lagi.

Selain itu, jika Anda mempunyai sebuah website yang berfungsi menjual barang / jasa maka sebenarnya Anda sudah memiliki sebuah toko atau kantor sehingga Anda tidak harus memiliki sebuah toko atau kantor lagi untuk bisa menjual barang atau jasa tersebut. Sehingga hal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan gudang penyimpanan saja.

#5. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website Mampu Meningkatkan Efektifitas Promosi Bisnis.

Dengan memiliki website maka promosi bisnis yang Anda lakukan akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan cara konvensional karena melalui website Anda bisa menjangkau calon pelanggan yang lebih luas dan dapat menyampaikan materi mengenai produk Anda lebih detail lagi.

Untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas seperti ini maka Anda bisa meminta bantuan jasa periklanan atau jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak maka Anda bisa memanfaatkan Search Engine Optimisation (SEO) jika Anda mempunyai kemampuan dibidang ini.

#6. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Dengan Website Bisnis Anda Akan Mudah Dijangkau, Kapan dan Dimana Saja.

Dengan adanya kecanggihan teknologi informasi (internet) maka bisnis yang mempunyai website akan mudah dijangkau oleh siapa saja. Kenapa? karena hanya melalui sebuah smartphone orang bisa memperlajari bisnis atau produk Anda dimana saja berada dan lebih canggihnya lagi kapan saja orang mengakses website Anda selama 24 jam sehari.

Jadi, jika bisnis Anda punya sebuah website maka peluang produk Anda terjual akan lebih besar jika dibandingkan dengan Anda tidak punya website bisnis sama sekali. Bahkan akhir-akhir ini banyak sekali toko yang jualan secara offline gulung tikar akibat bersaing dengan toko yang jualan secara online.

#7. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website Akan Mempercepat Proses Penjualan Produk.

Kok bisa? bisa dong. Karena ketika banyak pelanggan, katakanlah 100 orang sekaligus, yang sedang melihat-lihat produk Anda maka Anda nggak perlu menjawab pertanyaan 100 orang tersebut. Karena para pelanggan Anda hanya perlu melihat-lihat detail penjelasan produk Anda dan jika mereka tertarik maka mereka hanya perlu menekan tombol Buy dan proses dapat berjalan secara otomatis.

Dan ketika mereka membayar dan melakukan konfirmasi pembelian barang maka tugas Anda adalah mengirim produk sesuai dengan permintaan ke alamat pelanggan Anda.

Proses penjualan barang melalui website dapat dilakukan dengan cara mudah, cepat, dan mampu mengatasi penjualan yang banyak sekaligus. Sehingga proses penjualan barang melalui sebuah website benar-benar mampu menghemat biaya dan waktu sangat banyak.

#8. Kenapa Bisnis Harus Punya Website? Karena Website Dapat Menjadi Sarana Efektif Mengumpulkan Data Pelanggan. 

Ketika para pelanggan Anda membeli produk melalui website maka sebenarnya Anda dapat dengan mudah memperoleh data pelanggan Anda. Misalnya saja, data jenis kelamin, umur, favorit, nomor kontak, dan alamat lengkap pelanggan Anda.

Dan melalui data-data pelanggan yang seperti ini maka Anda bisa melakukan evaluasi terhadap produk dan pelayanan Anda lebih baik lagi. 

Jangan salah kira loh ya, banyak sekali perusahaan yang berminat membayar data pelanggan seperti ini. Kenapa? karena data pelanggan sama dengan permata yang terpendam yaitu sebuah materi bisnis yang sangat bernilai karena mampu dijadikan sebagai bahan evaluasi target pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Info Penting:
Ketika bisnis Anda sudah punya website sendiri bukan berarti semuanya sudah berakhir begitu saja tetapi Anda harus tetap melakukan perawatan terhadap website Anda. Menyediakan Customer Service yang siap melayani pelanggan Anda, dan mengupdate data secara rutin.

Kenapa hal ini harus Anda lakukan? Karena jika website Anda tidak pernah Anda rawat dengan baik maka lama kelamaan website Anda akan menjadi bangkai internet dan ditinggalkan pelanggan Anda.