Modus Penipuan Emas Batangan

Modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) kerap terjadi di masyarakat Indonesia. Sehingga kita sebagai orang awam, apalagi yang suka menabung emas, harus hati-hati terhadap segala modus yang mungkin bisa terjadi. Dan agar kita bisa terhindar dari berbagai macam modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) maka kita harus mengenali ciri-ciri modus penipuan emas tersebut secara prinsip (bukan hafalan loh ya).

modus penipuan emas batangan
Modus Penipuan Emas Batangan
Header berita "Fakta Menggelitik dari Penipuan Investasi Emas GTI Syariah" adalah salah satu contoh berita modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) oleh PT GTI Syariah dengan sumber berita terpercaya: liputan6.com

Dan yang paling parah dari modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) yang dilakukan oleh PT GTIS ini adalah diperolehnya sertifikat halal dari MUI sehingga banyak sekali korban penipuan yang sangat percaya dengan bujuk rayu mereka.

Bagaimana caranya hingga banyak investor tertipu? Tentu saja PT GTIS menawarkan iming iming mudah atau akan pasti kaya dengan hasil besar dengan cara investasi EMAS kepada para investornya. 

Dan selain penipuan yang dilakukan oleh PT GTIS ada beberapa modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab lainnya seperti yang dilakukan oleh CV Kebun Emas dengan menawarkan keuntungan 5% per bulan, Raihan Jewellry dengan menawarkan keuntungan 1,5% s/d 4,5% dengan cara menjual Emas Batangan 20% s/d 25% lebih mahal dari Emas Batangan Antam, dan Virgin Gold Mining Corporation dengan menawarkan keuntungan 10% s/d 20% per bulan.

Selain modus penipuan seperti tersebut diatas ada juga modus penipuan yang dilakukan dengan cara menjual logam besi, tungsten, atau wolfram yang kemudian dibentuk menyerupai Emas Batangan asli yang kemudian dilapisi Emas diatas permukaannya. Jadi modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) seperti ini mempunyai tujuan menjual logam selain emas dengan harga mahal seperti harga emas.

Dan yang paling parah dari modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) seperti ini adalah sering lolosnya model Emas Batangan (Logam Mulia) palsu ini karena proses pengecekan biasanya hanya dilakukan pada permukaan luarnya saja. Dan kemungkinan hanya bisa diketahui ketika kita membawanya ke tempat pemurnian emas.

Nah, setelah kita membaca beberapa berita terkait modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) diatas maka kita harus terus waspada. Hanya dengan menambah wawasan kita dapat terhindar dari berbagai macam modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia). Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri modus penipuan Emas Batangan (Logam Mulia) dan cara mengatasinya.

#A. Ciri-Ciri Modus Penipuan Emas Batangan.

  1. Menjanjikan skema investasi dengan imbal hasil yang menggiurkan, dengan rata-rata imbal hasil yang dijanjikan adalah sebesar 5% sampai dengan 20% per bulannya. 
  2. Menjual Emas Batangan dengan harga yang lebih tinggi dari Emas Batangan produksi PT Antam dengan diikuti beberapa macam skema investasi.
  3. Menjual Emas Batangan dengan cara disepuh yaitu logam besi (non emas) yang dibentuk menyerupai Emas Batangan dengan ukuran dan berat yang sama dengan Emas Batangan yang dijual di pasar yang kemudian dilapisi dengan Emas permukaannya.

#B. Cara Menghindari Modus Penipuan Emas Batangan.

  1. Mempelajari seluk beluk berbagai macam investasi dengan baik dan benar. Hanya berbekal Ilmu Pengetahuan yang baik dan hati yang bersih kita bisa terhindar dari berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan investasi dengan keuntungan besar setiap hari atau per bulan. Dan jika kita berbicara tentang hasil investasi yang sangat besar seperti ini maka ini adalah hal yang paling mustahil apalagi jika dilakukan dengan tanpa melakukan apa-apa. 
  2. Belilah Emas Batangan (Logam Mulia) di tempat terpercaya dan kalau Anda tidak mempercayai dealer manapun maka Anda bisa langsung datang ke Unit Penjualan Emas Batangan (Logam Mulia) yang telah disediakan PT Antam secara langsung. Dan jangan lupa bahwa setiap pembelian Emas Batangan (Logam Mulia) selalu disertai dengan sertifikat pembuatannya. Jadi, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan sertifikat ini di setiap Emas Batangan yang kita beli.

Kenapa sih kok banyak sekali investasi bodong? ya karena banyaknya pemahaman tentang investasi yang masih minim dan banyaknya orang yang pengen cepet kaya dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Dan karena hal seperti inilah banyak sekali orang pandai yang memanfaatkan celah ketidaktahuan masyarakat tentang bisnis dan investasi sesungguhnya. So, banyak-banyaklah belajar biar tidak menjadi korban penipuan yang memakai iming-iming mudah kaya. Dan jadilah investor yang cerdas yaitu teliti sebelum bergabung. Dan jika Anda belum paham dengan instrumen dan skema yang sedang ditawarkan kepada Anda maka silahkan Anda bertanya dengan orang yang ahli di bidangnya.

Sehingga, dengan banyak belajar tentang investasi maka kita akan paham seberapa besar imbal hasil yang wajar sesungguhnya yang bisa diperoleh oleh seorang investor. Sehingga jika ada sebuah penawaran yang sangat menggiurkan maka setidaknya kita tidak langsung menerima penawaran tersebut tetapi mencari tahu terlebih dahulu detail instrumen investasi dan skema yang ditawarkannya.

Info Penting:
Emas atau si kuning mengkilau yang banyak mempesona kaum Hawa ini sangat lah berbeda dengan instrumen investasi Saham.

Keuntungan yang diperoleh dari investasi EMAS sesungguhnya memang didapat dari fluktuasi harga emas itu sendiri baik dilihat dari pasar di Dunia atau pun di pasar lokal Indonesia. Dan emas sendiri tidaklah mempunyai nilai instrinsik seperti saham sehingga kita pun tidak bisa menambah nilai emas itu sendiri sesuai dengan keinginan kita. Sehingga Emas bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang stabil dan hanya cocok untuk melindungi kekayaan dari krisis moneter atau kondisi negara yang kacau.

Berbeda dengan saham sebuah perusahaan yang dijual di pasar modal. Saham mempunyai nilai intrinsik yang bisa dinaikkan nilainya dengan cara meningkatkan keuntungan perusahaan dari waktu ke waktu. Sehingga saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang tidak stabil dan sangat cocok untuk investor yang ingin menaikkan kekayaannya beberapa kali lipat lebih tinggi dari investasi EMAS.

Apakah Anda korban penipuan berikutnya? Nggak Donkkk. Aku kan sudah banyak belajar tentang dunia investasi bersama belajarcuan.com. So, amit amit jadi korban modus penipuan.