Cara Mengatur Pendapatan Ala Li Ka-Shing Kepada Anak Muda

Setelah beberapa kali browsing kesana kemari ketemu dengan sebuah artikel menarik mengenai bagaimana cara mengatur keuangan oleh Mr Li Ka Shing. Jika ada yang masih belum tahu siapa dia, diskripsi singkat ini mungkin bisa memberikan penjelasan bahwa Li Ka Shing adalah salah satu orang terkaya di Asia (dari Hong Kong) dan kekayaannya mencapai 31.9 Milyar US Dollar.

Wow uang segitu banyaknya mo digunakan apa ya jika Saya yang punya? hmmmm yang jelas ada deh dan pasti habis itu uang hehehehe :)


Berikut ini adalah nasehat beliau kepada kita agar dapat membeli sebuah mobil dan rumah dalam waktu lima tahun. Kira-kira begini nasehatnya "Anggap saja kalau pendapatan Anda sebulan sebesar 5 Juta, Anda masih dapat hidup layak. Saya akan membantu Anda membagi pendapatan tersebut kedalam lima bagian. Pertama 1,5 Juta, Kedua 1 Juta, Ketiga 750 Ribu, Keempat 500 Ribu, Kelima 1,25 Juta."

Penjelasan ini dikhususkan untuk mereka yang sedang dalam status Single.

Penjelasan Bagian Pertama (30%):

Bagian pertama yaitu 1,5 Juta digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan bergaya hidup sederhana yang berarti jika 1 bulan adalah 30 hari berarti untuk satu harinya Anda hanya bisa menghabiskan uang sebesar 50 Ribu rupiah. Hmmmm bisa apa ya dengan uang sebesar ini? yang jelas jika Anda adalah seorang yang masih lajang bisa saja hidup layak dengan uang segitu (masak sendiri mungkin bisa jadi pilihan). Jadi menurut Li Ka Shing selama masih muda, bergaya hidup seperti ini dan hanya dilakukan beberapa tahun saja tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Penjelasan Bagian Kedua (20%):

Dengan uang sebanyak 1 Juta rupiah Anda bisa membuat pertemanan (relationship) yang berkualitas seperti membelikannya makan siang sebulan sekali :) atau mentraktirnya minum kopi di kafe. Gimana? enak ya kalau menjadi teman orang seperti ini! hehehe yang dimaksud teman disini adalah teman Anda yang mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan Anda, suka menolong Anda meningkatkan kemampuan belajar, orang yang lebih kaya atau orang yang membantu karier Anda. Lakukan hal ini selama setahun dan lingkaran pertemanan Anda akan terjalin dengan banyak manfaat. Reputasi Anda, pengaruh Anda, dan nilai tambah Anda akan semakin jelas.

Penjelasan Bagian Ketiga (15%):

Dengan uang sebanyak 750 Ribu Rupiah Anda dapat belajar dengan cara membeli banyak buku yang sesuai dengan minat Anda. Bacalah buku yang Anda beli dengan pelan dan praktekkan strategi yang disampaikan. Jika sudah selesai membacanya Anda bisa menulis ulang isinya kedalam bahasa Anda (misalnya membuat blog seperti ini). Hal ini dapat Anda lakukan untuk mempertajam pemahaman  Anda terhadap isi bukunya terlebih lagi Anda berbagi pengetahuan dengan teman Anda terhadap isi buku-buku yang sudah Anda beli dan baca. Hal ini pun akan dapat meningkatkan kredibilitas Anda dimata banyak orang.

Anda dapat juga meluangkan beberapa rupiah untuk mengikuti pelatihan atau seminar dan jika Anda sudah mampu menyisihkan banyak uang untuk bagian ini Anda dapat meningkatkan jenis pelatihan yang selama ini Anda ikuti disana Anda akan bertemu dengan berbagai macam teman yang mempunyai pemikiran Out Of The Box dan teman semacam ini tidak akan Anda dapatkan ditempat lain.

Untuk point yang satu ini mengingatkan penulis saat-saat menjadi seorang mahasiswa yang mempunyai prinsip lebih baik tidak makan daripada tidak bisa beli buku dan belajar. Dan ada satu teman akrab yang tahu bagaimana penulis pada waktu itu dan tidak segan untuk mentraktir makan jika penulis sedang tidak ada uang hehehehe Terimakasih kepada Yang Maha Kuasa Yang Telah Menempatkan Hambanya Kedalam Lingkaran Pertemanan Yang Baik.

Penjelasan Bagian Keempat (10%):

Untuk hal ini Anda tidak boleh lupa untuk selalu memanjakan diri sendiri dengan berlibur ke berbagai tempat yang selalu Anda impikan. Dengan menyisihkannya sebesar 500 Ribu Rupiah perbulan Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai tempat baik di dalam ataupun luar negeri ya:). Gunakan waktu berlibur Anda untuk mengisi ulang semangat untuk terus berjuang mendapatkan kehidupan yang layak. Jadi intinya meskipun Anda sedang bekerja keras tetapi jangan sampai lupa kepada tubuh, pikiran, dan jiwa yang selalu ingin diperhatikan. Dan jangan sampai Anda menzalimi diri sendiri!

Penjelasan Bagian Kelima (25%):

Dengan uang sebanyak 1,25 Juta perbulan simpanlah kedalam bank atau tumbuhkan uang Anda tersebut melalui investasi (belajarlah sedini mungkin untuk hal ini agar tidak menyesal dikemudian hari) untuk selanjutnya Anda gunakan sebagai modal awal berbisnis. Untuk jenis bisnis silahkan Anda sesuaikan dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki. Bisa saja Anda menemui distributor baju dan menjadi agennya.

Jika dalam lima tahun pendapatan Anda masih saja 5 juta perbulan maka silahkan beli tahu atau telur kemudian lempar ke kepala Anda biar Anda sadar bahwa Anda adalah orang yang tidak pernah belajar dan punya kemauan untuk sukses dan dapat dikatakan bahwa Anda adalah orang yang gagal.

Jika Anda menerapkan cara ini maka setidaknya dalam 5 tahun kedepan pendapatan Anda adalah sebesar 7 juta sampai 13 juta rupiah perbulan tetapi jika tidak sampai silahkan cari pekerjaan lain yang lebih baik atau pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan perbulan.

Sebenarnya inti dari nasehat beliau kepada kita adalah bahwa selagi muda janganlah semua uang yang kita miliki dihabiskan tidak peduli seberapa besar pendapatan Anda pada saat ini untuk hal-hal yang tidak produktif dan selalu ingatlah untuk membagi pendapatan kita kedalam lima bagian atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan jangan sampai menyesal seperti yang penulis alami baca disini untuk lebih jelasnya karena tidak mau belajar keras dan mempraktekkan semua pengetahuan yang sudah dimiliki sejak dini.