Cara Pasang SSL / HTTPS di Blogger

Cara pasang SSL / HTTPS di blogger. Jadi, setelah kamu melakukan customize domain blog. Langkah berikutnya adalah mengaktifkan SSL (Secure Socket Layer), kenapa? Karena hal ini sangat penting. Google sangat menganjurkan setiap blog atau website menerapkan SSL untuk keamanan pengunjungnya. Pengunjung siapa sih, ya pengunjung blog atau website tersebut.

Cara pasang SSL di blogger
Cara Pasang SSL di Blogger
Secure Socket Layer / SSL sendiri adalah fasilitas standar yang digunakan mengenkripsi komunikasi antara pengguna dengan website Anda secara aman, mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website berupa password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dll.

Dan untuk memastikan bahwa website dan pelanggan kamu aman dari pencurian maka kamu harus menerapkan koneksi HTTPS kedalam alamat blog atau website.

SSL sendiri ada beberapa jenisnya. Dan tentu masing-masing jenis tersebut mempunyai harga yang berbeda-beda. Tetapi, jika kamu menggunakan platform blogger. Kamu sudah bisa mendapatkan SSL secara cuma-cuma. Tetapi jenis SSL dari blogger adalah jenis yang cocok untuk personal blog, toko online atau website bisnis yang belum memiliki badan usaha / hukum yaitu Domain Validation SSL Certificates (DV).

Untuk mengaktifkan SSL di blogger caranya sangat mudah. Jika kamu membuat blog tanpa melakukan customize domain maka secara otomatis kamu sudah mendapatkan SSL tanpa melakukan pengaturan.

Tetapi, jika kamu melakukan custom domain blogspot maka kamu harus melakukan sedikit pengaturan untuk mengaktifkan SSL /HTTPS pada alamat blog kamu.

# Cara Pasang SSL / HTTPS di Blogger

1. Silahkan kamu masuk kedalam "Dashboard" blog kamu. Dan kemudian kamu pilih menu "Dasar" dan kemudian kamu pilih "Ya" pada Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS.

Cara Pasang HTTPS
2. Setelah kamu lakukan langkah pertama diatas maka langkah berikutnya adalah kamu rubah semua "http" di script template menjadi "https". Jika sudah selesai, silahkan kamu tekan tombol "Simpan tema".

Cara pasang SSL / HTTPS
Rubah HTTP Menjadi HTTPS

Sedikit tips untuk pekerjaan ini. Kamu bisa mengkopi seluruh script yang ada didalam tempate blog menggunakan kedalam notepad atau editor lainnya kemudian kamu "Replace" kata "HTTP" menjadi "HTTPS". 

Kenapa kamu perlu melakukan tips ini? Karena ini akan mempercepat kerjaan kamu ketika akan mengganti kata HTTP menjadi HTTPS. Tetapi jika kamu nggak ingin melakukannya maka kamu harus menggantinya satu persatu secara manual.

3. Dari langkah satu dan dua diatas sebenarnya kamu sudah mengaktifkan SSL atau HTTPS. Untuk melihatnya, silahkan kamu coba buka halaman blog kamu di web browser menggunakan awalan https://www.alamatblog.com. Jika bisa maka kamu sudah berhasil memasangnya.

Google search console
Google Search Console
Tetapi, kamu harus ingat. Jika kamu sudah pernah mendaftarkan blog kamu di google maka kamu juga harus mengupdate alamat blog / website melalui webmaster atau google search console.

4. Selesai. Mudah kan.

Tapi, sebelum kita tutup posting tentang "Cara pasang SSL / HTTPS" perlu kita ketahui bahwa jenis SSL itu sendiri ada beberapa jenis antara lain adalah.

#1. Domain Validation SSL Certivicates (DV)

Jenis SSL ini sangat cocok untuk personal blog atau toko online yang belum berbadan usaha atau badan hukum. Personal blog atau toko online yang memakai SSL ini bercirikan ketika kita membuka alamatnya (HTTPS) maka akan kita temui simbol gembok (lock) di web browser.

Domain validation SSL certivicates (DV)
Domain Validation SSL Certivicates (DV)
Salah satu contoh adalah blog https://www.belajarcuan.com.

Proses validasi SSL ke pemilik blog sangat mudah sekali karena melalui email dan prosesnya instant. Untuk mendapatkan SSL atau HTTPS kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 150.000,- sampai dengan Rp 500.000,- untuk 1 buah domain.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan SSL atau HTTPS secara gratis jika kamu membeli paket hosting Niagahoster apapun itu jenis paket hostingnya.

#2. Organization Validation SSL Certificates (OV)

Jenis SSL ini sangat cocok untuk validasi kepemilikan nama domain yang dimiliki oleh web bisnis yang sudah mempunyai badan hukum / badan usaha. Untuk mengetahui apakah web tersebut menggunakan DV atau OV kita hanya perlu klik icon gembok pada alamat HTTPS. Dan pilih certivicates (valid), maka kita akan temui nama organisasinya.

Organization validation SSL certivicates
Organization Validation SSL Certivicates (OV)
Untuk membeli SSL 1 domain, kita akan memerlukan dana sekitar Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 2.000.000 per tahun dengan proses validasi 1-2 hari kerja.

#3. Extended Validation SSL Certivicates (EV)

Extended Validation SSL adalah fungsi SSL dengan tingkat jaminan keamanan tertinggi. Jika kamu menggunakan SSL ini maka kamu harus melakukan verifikasi dokumen kepemilikan badan usaha. SSL jenis ini paling sering dipakai website bank atau website kelas enterprise yang ditandai dengan sebuah green address bar eksklusif pada browser pengunjung website.

Extended Validation SSL Certivicates
Extended Validation SSL Certivicates (EV)
Untuk membeli SSL ini per 1 domain, kita harus mengeluarkan biaya antara Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000/tahun dengan proses validasi 3-4 hari kerja.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang SSL atau memperolehnya secara gratis (khususnya SSL tipe DV) maka kamu bisa memilih web hosting Niagahoster. Kenapa? Karena harganya benar-benar bersaing.