Cara Mengatur Tampilan Blog

Cara mengatur tampilan blog dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Dan jika bicara mengenai tampilan blog tidak akan ada habisnya karena hal ini sangat bergantung dengan tujuan ngeblog (tema blog), karakter pemilik blog, dan yang pasti keinginan pemilik blog itu sendiri seperti apa. Tetapi yang pasti, tampilan blog adalah aktualisasi jiwa seseorang yang ingin disampaikan melalui sebuah tampilan blog.

Cara mengatur tampilan blog
Contoh tampilan blog
Untuk mengatur tampilan blog langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk kedalam Dashboard blog kemudian pilih bagian mana yang ingin diatur.

Oh iya perlu saya sampaikan bahwa cara ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya yaitu cara membuat blog di blogger. Jadi kalau Anda pakai platform wordpress cara ini tidak akan berlaku ya!.

Langkah-Langkah Mengatur Tampilan Blog

1. Masuk kedalam Dashboard blog Anda, dan temukan tampilan dan menu seperti dibawah ini kemudian pilih menu Template.


2. Pilih tombol Sesuaikan untuk melakukan pengaturan seperti Latar belakang, Sesuaikan lebar, Tata Letak, dan Tingkat lanjut.


3. Pilih tombol Edit HTML untuk melakukan pengaturan template blog langsung dari kode HTML-nya. Pilihan ini disarankan dapat dilakukan jika Anda mempunyai kemampuan tentang ilmu koding minimal HTML, dan CSS.


4. Pilih tombol Cadangkan / Pulihkan untuk membackup dan mengunggah template yang sudah jadi. Dan hal ini yang sering Saya lakukan karena sudah jelas menghemat waktu selain Saya tidak mempunyai kemampuan yang sangat mahir dalam membuat desain (kurang berjiwa seni :). Template yang sudah jadi bisa Anda dapatkan secara gratis atau berbayar. You Know lah apa perbedaan antara kualitas yang FREE dan BAYAR.

Pilih tombol Unduh template untuk membackup template dan Pilih File >> Unggah untuk mengunggah (upload template baru).

5. Selesai!

Sampai langkah ke-4 Anda sudah bisa melakukan hal dasar yang sering dilakukan oleh para blogger yaitu mengatur template blog baik secara manual menggunakan default template platform blogger atau dari penyedia template berbayar atau gratis.

Meskipun Anda sudah tahu bagaimana caranya mengatur tampilan blog bukan berarti blog Anda sudah cukup mendapatkan treatment (hehehehe kayak pijat saja ya :) setelah langkah diatas maka langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah menambahkan beberapa gadget kedalam sidebar dan Anda bisa menambahkannya melalui menu Tata Letak seperti ditunjukkan pada gambar langkah 1 diatas.

Setelah Anda pilih menu Tata Letak maka Anda akan menemui tata letak (layout) tampilan blog Anda. Saran saya sih silahkan bereksperimen sendiri dengan bagian ini. Lakukan langkah coba-coba dan perhatikan perubahannya, apakah sudah sesuai dengan yang Anda perlukan dan inginkan belum.


Klik saja link Tambahkan Gadget dan pilih beberapa pilihan gadget kemudian klik tombol + seperti berikut dibawah ini:


Silahkan coba-coba ya karena kalau dijelaskan satu persatu akan sangat banyak sekali. Tetapi mungkin perlu saya jelaskan salah satu jenis pilihan gadget yaitu HTML/JavaScript. Pilihan ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan kode yang bisa Anda buat sendiri atau dari pihak lain. Dan pilihan ini adalah pilihan gadget yang banyak dipakai oleh blogger.

Nah pengaturan selanjutnya adalah pengaturan yang tidak kalah pentingnya yaitu mengatur beberapa hal dasar tetapi sangat berguna untuk blog Anda.


Dalam menu pengaturan (Setelan) ini Anda dapat mengatur mengenai Dasar blog, Pos, Komentar, dan berbagi, Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, Setelan pengguna, Lainnya (misalnya: backup data blog).

Oke sampai disini penjelasan singkat mengenai tulisan bagaimana cara mengatur tampilan blog. Jangan lupa di tema blogging ini isi tulisannya tidak hanya tulisan ini saja. Untuk itu saya persilahkan untuk membaca tulisan lainnya tentang cara ngeblog dengan platform blogger maupun yang lainnya.