Cara Membuat Blog di Blogger Dengan Mudah Dan Cepat

Selamat malam sobat blogger semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin memenuhi halaman blog saya dengan judul "Cara membuat blog di blogger". Dan hal ini sesuai dengan profile blog ketika pertama kali dibuat.

Kenapa saya lebih memilih membuat posting tentang platform blogger.com dibandingkan CMS yang lain seperti wordpress.com / wordpress.org tidak lain karena platform blogger adalah platform ngeblog pertama kali yang saya kenal melalui search engine google.

Dan jika kamu ingin tahu perbedaan antara platform blogger dan wordpress. Silahkan kamu baca posting saya tentang "Perbedaan antara blogger dan wordpress".
Cara membuat blog dengan mudah dan cepat
Cara Membuat Blog Dengan Mudah dan Cepat

Langkah-Langkah Membuat Blog Menggunakan Platform Blogger

1. Pertama, kamu harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai akun Gmail silahkan buat terlebih dahulu disini.
2. Kedua, silahkan kamu buka platform blogger.com menggunakan akun Gmail yang barusan kamu buat tadi. Kemudian isi kolom Judul, Alamat, dan pilih Template. Kemudian tekan tombol "Buat Blog!".
Proses instalasi blogger
Proses Instalasi Blog Menggunakan Blogger

3. Sampai langkah kedua diatas sebenarnya kamu sudah mempunyai sebuah blog dengan alamat sesuai dengan nama yang barusan kamu masukkan kedalam kolom "Alamat" tersebut diatas.

Dan jika kamu buka  alamat blog kamu untuk pertama kalinya melalui web browser maka tampilan blog kamu akan terlihat seperti berikut dibawah ini.
Tampilan pertama blog
Tampilan Pertama Blog

4. Kemudian untuk mulai menulis konten blog, kamu bisa kembali ke panel Dashboard Blog dan pilih tombol "Entri baru" seperti ditunjukkan gambar dibawah ini.
Dashboard platform blogger
Dashboard Platform Blog

5. Kemudian saatnya kamu menulis artikel pertama dengan cara menulis Judul pos, Isinya, dan menentukan Label (kategori).

Jika kamu yakin bahwa artikel sudah benar maka kamu bisa tekan tombol Publikasikan untuk langsung mempublikasikannya kedalam blog. Tekan tombol Simpan jika kamu ingin menyimpannya terlebih dahulu sebagai draft, dan tekan tombol Pratinjau jika ingin meninjau terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya.
Halaman Menulis Posting Blog
Halaman Menulis Posting Blog

6. Selesai! Selamat kamu sudah mempunyai sebuah blog baru.

Untuk membuat blog menggunakan platform blogger seperti diatas sangat mudah dilakukan (kalau dihitung berdasarkan waktu paling-paling hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit-an). So, masih mikir apakah akan membuat blog atau nggak.

Tugas Pemilik Blog Berikutnya

Apakah tugas kita sudah selesai? Belum, karena proses membuat blog diatas adalah tugas pertama dan termudah.

Ada satu hal yang perlu kita ingat sebagai seorang blogger tentang "Kesuksesan" yaitu konsistensi mengelola blog menjadi sebuah media aktif, informatif, bermanfaat dan tidak menjadi bangkai lautan internet.

Kalau Anda searching menggunakan mesin pencari dengan tema apa pun pasti Anda akan menemui beberapa blog atau website yang sudah menjadi bangkai (tidak diupdate, tidak pernah dikelola, dan menunggu ditutup).

Kenapa hal ini bisa terjadi? inilah pertanyaan yang mudah untuk menjawabnya tetapi  sulit mengaplikasikannya. Kenapa? karena memerlukan tenaga, pikiran dan waktu yang tidak sebentar.

Dan biasanya, blog yang terbengkalai itu karena didalamnya tidak ditanamkan "visi & misi" yang jelas ketika pertama kali dibuat serta tidak adanya komitmen kuat dari pemilik blog untuk mengelolanya.

Kenapa tidak ada komitmen kuat mengelola blog? Biasanya hal yang sering terjadi karena pemilik blog terlalu memaksakan diri menulis konten blog yang temanya tidak mereka kuasai atau mengerti.

Ketika kamu tidak mempunyai visi & misi yang jelas. Kalau boleh Saya kasih saran, silahkan kamu tunda terlebih dahulu minat kamu membuat sebuah blog. Silahkan lakukan blogwalking atau mengunjungi beberapa blog untuk mendapatkan pencerahan sehingga kamu pun mempunyai visi dan misi yang jelas sebagai acuan menghidupkan blog.

Jika kamu nggak mempunyai tujuan yang jelas sudah dipastikan beberapa hari kedepan bahkan dalam hitungan jam blog yang baru saja kamu buat kemungkinan besar akan menjadi bangkai.

Jika kamu sudah menemukan sebuah tujuan (Visi dan Misi) yang jelas maka kamu harus mempunyai KOMITMEN kuat menjadikan blog sebagai media online yang banyak pengunjungnya atau setidaknya hidup dan mempunyai manfaat meskipun hanya kamu yang memanfaatkannya.

Komitmen kuat pasti akan menghasilkan konten berkualitas dan terupdate terus menerus. Dan komitmen kuat mengundang pengunjung akan terlihat dari jumlah pengunjung blog dari waktu ke waktu. Untuk mengundang pengunjung kamu bisa melakukan promosi kepada teman-teman melalui media sosial atau iklan berbayar/gratis.

Agar tugas kamu nggak berat. Jangan pernah memaksakan diri membuat blog dengan tema yang tidak kamu kuasai. Jadilah profesional yang mahir dengan passion yang kamu miliki. Jadi hal ini sama dengan istilah Jangan Pernah Memaksakan Cinta Kepada Orang Lain! tahu kan apa yang akan terjadi kalau kita menjalankan sesuatu dengan sebuah paksaan! Tidak enak dan yang jelas hanya akan membuat kamu tersiksa. 

Nah itu tadi secuil pemikiran saya tentang posting "Cara membuat blog menggunakan platform blogger". Jika Ada pertanyaan seputar tips dan trik ngeblog, saya persilahkan kamu untuk bertanya melalui contact us.