Ide Kreatif Menulis Blog

Apakah Anda sedang kehabisan ide kreatif untuk menulis blog? jika iya jangan khawatir karena melalui tulisan ini kemungkinan besar ide kreatif Anda akan segera muncul dan pasti Anda akan langsung mempunyai ide untuk menulis lagi kedalam blog Anda.

Tentunya menulis blog tidak hanya perlu ide kreatif saja tetapi juga memerlukan semangat. Jika Anda mempunyai banyak ide kreatif untuk menulis blog tetapi tidak mempunyai semangat untuk menulis pasti ide tersebut tidak akan bisa menjadi sebuah tulisan indah tentunya.

ide kreatif untuk menulis blog
Ide kreatif untuk menulis blog
Sebelumnya Saya juga sudah pernah membuat tulisan mengenai ide kreatif mengupdate blog dengan tulisan "cara mudah membuat posting personal blog" dan disitu Saya jelaskan bagaimana cara termudah untuk menulis blog dengan ide yang sangat sederhana.

Menulis blog itu paling mudah dilakukan memang ketika kita menulis berdasarkan sumber kegiatan kita sehari-hari seperti hobi, pekerjaan, masalah, percintaan, belanja, traveling, nongkrong, dan lain sebagainya.

Nah jika Anda masih belum mood menulis dan sudah terlanjur melakukan blogwalking dan nyasar ke halaman ini maka sebelum pergi silahkan baca dulu aja dech beberapa ide kreatif untuk menulis blog dibawah ini dan semoga bermanfaat.

#1 Ide reatif menulis blog berdasarkan hobi

Jika Anda hobi oleh raga (futsal, voli, golf, basket, dan lain sebagainya) maka Anda bisa menulis sebuah tips rahasia, pelajaran, dan atau bagaimana cara melakukan olahraga tersebut dengan baik / benar mulai dari nol hingga mahir.

ide kreatif menulis blog - tips bermain golf
Tips bermain golf
Anda juga bisa memberikan komentar terhadap sebuah pertandingan kemudian menuliskannya kedalam sebuah blog dan siapa tahu Anda akan diundang ke acara televisi atau radio sebagai komentator oleh raga.

Jika olahraga memang adalah hobi satu-satunya yang paling Anda kuasai / senangi maka Anda bisa membuat Vlog selain Anda juga ngeblog. Bisa jadi hobi olahraga Anda ini nantinya yang akan menjadi sumber pendapatan rutin Anda nantinya.

#2 Ide kreatif menulis blog berdasarkan pekerjaan

Jika Anda adalah seorang arsitek, engineer, Adm, PNS, dan lain sebagainya maka Anda bisa menulis segala hal tentang pekerjaan Anda tersebut mulai bagaimana cara memulainya, prosedur menjalankannya, tips menjadi pekerja yang baik, berita seputar pekerjaan Anda, bagaimana cara mendapatkan nilai terbaik, dan lain sebagainya.

ide kreatif menulis berdasarkan pekerjaan
Arsitektur
Sebenarnya ketika kita bekerja maka sebenarnya bahan atau ide untuk dijadikan sebuah tulisan sangatlah banyak tetapi terkadang kita menyepelekannya dan mencari bahan tulisan lainnya sehingga seolah-olah menulis itu sangat berat sekali dilakukan.

Dan jika Anda memang profesional dibidang pekerjaan ini maka Anda bisa menulis tentang tips dan trik menjalankan profesionalisme tersebut dengan baik sehingga selain bermanfaat terhadap diri Anda sendiri tips dan trik tersebut juga bermanfaat bagi orang lain.

#3 Ide kreatif menulis blog berdasarkan masalah yang pernah dihadapi

Jika Anda sering terkena masalah dan berhasil melaluinya maka Anda bisa berbagi tips dengan yang lainnya melalui sebuah tulisan. Saya yakin masalah yang dihadapi manusia dari satu nama ke nama lainnya pastilah sama. Misalnya saja Anda pernah terkena masalah kesehatan (kegemukan) dan Anda berhasil mengatasinya maka Anda bisa berbagi tips dengan yang lainnya melalui sebuah tulisan.

ide kreatif menulis blog diet
Kesehatan - Diet
Jika Anda pernah pengalaman mendapatkan masalah apa pun itu bentuknya dan kemudian mampu mengatasinya maka sebenarnya Anda sedang mempunyai ide / bahan untuk menulis dan so pasti Anda akan dengan mudah sekali mengekspresikannya kedalam bentuk tulisan.

Anda bisa memberikan tips rahasia kepada pelanggan blog Anda mengenai solusi mengatasi masalah yang sangat menyusahkan Anda tadi sehingga orang lain yang mengalami masalah yang sama juga akan terbantu dengan solusi yang Anda tawarkan tadi.

#4 Ide kreatif menulis blog berdasarkan masalah percintaan

Jika Anda mempunyai banyak masalah percintaan dan berhasil melaluinya dengan perasaan senang maka kenapa Anda tidak menjadikannya sebagai ide kreatif kemudian menuliskannya kedalam sebuah blog. Saya yakin ide kreatif ini akan melahirkan topik tulisan yang sangat banyak sekali dan pasti hampir semua orang pernah mengalaminya.

Atau jika Anda punya bakat dibidang percintaan Anda dapat membuka klinik online tentang masalah percintaan.

ide kreatif menulis blog Love Astrology
Love Solution
Selain itu Anda dapat juga menuliskan tentang cerita Anda berdasarkan pengalaman pribadi atau pun pengalaman teman Anda sendiri.

#5 Ide kreatif menulis blog berdasarkan kegiatan belanja

Ide kreatif ini pasti tidak asing ditelinga kita dan yang pasti kita sering melakukannya. Ya, ide kreatif yang muncul karena kegiatan sehari-hari kita yaitu BELANJA. Jika Anda suka pergi ke IKEA beli perabotan, ke GIANT Supermarket untuk membeli kebutuhan sehari-hari, membeli tas HERMES untuk kebutuhan sosialita, dan atau suka membeli barang bermerek atau tidak maka kenapa Anda tidak menuliskan kesan Anda terhadap barang yang barusan Anda beli tadi kedalam blog Anda.

ide kreatif menulis blog - review produk
Review Belanjaan
Selain ide tersebut bisa menjadi bahan untuk mengisi blog Anda siapa tahu tulisan / ulasan yang Anda buat dapat bermanfaat bagi orang lain yang ingin belanja produk seperti yang telah Anda beli tadi. Anda bisa menulis review produk secara jujur menurut pengalaman Anda memakainya, dan Saya rasa tidak susah mendapatkan ide kreatif menulis blog berdasarkan kegiatan sehari-hari kita.

#6 Ide kreatif menulis blog berdasarkan pengalaman jalan-jalan

Anda suka jalan-jalan kemudian nyari tempat makan / minum bersama dengan keluarga atau teman maka kenapa tidak Anda tulisakan pengalaman seru Anda tersebut kedalam sebuah blog Anda. Ide kreatif menulis blog berdasarkan pengalaman seperti ini pasti sangat mudah dilakukan karena itu adalah pengalaman Anda sendiri.

ide kreatif menulis blog - pengalaman jalan-jalan
Cafe
Selain menulis pengalaman Anda jalan-jalan atau makan-makan dapat berfugsi menjadi salah satu bahan tulisan blog. Pengalaman yang Anda tulis tadi juga berfungsi sebagai penyimpan kenangan indah Anda bersama dengan keluarga / teman Anda.

Seperti ketika Saya melihat gambar diatas Saya pasti ingat teman-teman yang sedang nongkrong bersama Saya disana.

Dan juga seperti ketika melihat gambar dibawah ini, pasti Saya ingat jika Saya pernah menginjakkan kaki di Papua Barat, Sorong.

ide kreatif menulis blog berdasarkan pengalaman jalan-jalan
Sorong, Papua Barat
 So, jangan Anda lupakan pengalaman seru Anda ya.

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal kecil yang dapat kita gunakan sebagai ide kreatif untuk menulis didalam blog. Hal-hal yang Saya sebutkan diatas adalah beberapa contoh kecil pengalaman yang ada disekitar kita yang dapat kita gunakan sebagai ide kreatif menulis blog.

Masih banyak sekali ide kreatif yang bisa Anda gunakan sebagai bahan menulis blog seperti pengalaman Anda bersama gadget, komputer, software, kamera, mainan, robot, boneka, dan lain sebagainya.

Dan jika Anda masih bingung silahkan Anda ketikkan sebuah kata kunci di mesin pencari mbah google dan lakukanlah blogwalking untuk mencari ide kreatif lainnya. So pasti Anda akan menemukan banyak pengalaman seru baru lainnya.