Contoh Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan

Contoh kegiatan restrukturisasi perusahaan, sebelumnya kita sudah pernah bahas tentang aksi korporasi saham seperti pembagian dividen, right issue, stock split, dan buyback. Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan bahasan tersebut yaitu jenis aksi korporasi perusahaan yang lainnya yang kita sebut dengan istilah restrukturisasi perusahaan dan berikutnya akan kita bahas juga beberapa contoh kegiatan restrukturisasi perusahaan tersebut.
Beberapa Contoh Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan
Contoh Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan

Kegiatan restrukturisasi perusahaan yang paling sering muncul melalui berita adalah akusisi / merger, dan kerja sama meskipun masih ada beberapa yang lainnya seperti penggantian sektor usaha, spin off, dan kuasi reorganisasi.

Akusisi / Merger

Kita sebagai investor harus sangat jeli dengan saham yang kita miliki terutama ketika ada berita tentang proses akusisi / merger karena aksi korporasi, restrukturisasi perusahaan, ini mampu menggerakkan harga saham, entah naik atau turun, sehingga kita sebagai trader / investor saham jangan sampai ketinggalan beritanya karena jika ketinggalan berita sama dengan kehilangan peluang.

Biasanya perusahaan yang akan diakusisi akan terbang tinggi harga sahamnya apalagi jika perusahaan tersebut selalu membukukan kinerja yang sangat bagus / memuaskan setiap tahunnya karena perusahaan yang seperti ini mampu menambah kinerja positif perusahaan yang mengakusisi. Dan terlebih jika didukung oleh perusahaan yang mengakusisinya mempunyai kinerja yang sangat bagus juga, pasti lonjakan harga saham tidak tertahankan.

Tetapi kita juga harus waspada jika ternyata kegiatan akusisi tersebut tidak jadi atau batal dilakukan karena biasanya pasar bereaksi negatif alias harga saham berpotensi koreksi atau bergerak turun.  Sehingga kita sebagai trader / investor saham harus berhati-hati menanggapi beredarnya berita / rumor yang belum jelas tersebut karena biasanya ada pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab yang sengaja menghembuskan berita bohong atau hoax untuk mendapatkan keuntungan pribadi di pasar saham.

Kerja Sama

Kegiatan restrukturisasi perusahaan adalah jenis aksi korporasi perusahaan yang menunjukkan bahwa kita sebagai mahluk sosial memang tidak bisa hidup tanpa bantuan mahluk lain. Dengan adanya kerja sama diharapkan yang namanya bisnis atau usaha dapat berjalan dengan lancar dan jika usaha berjalan dengan lancar maka diharapkan yang namanya penghasilan juga lancar seperti yang dilakukan oleh perusahaan plat merah ini yaitu JASA MARGA (JSMR) dengan LKBN ANTARA seperti yang diberitakan media berita berikut ini.
Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan, kerja sama
Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan, Kerja Sama

Kerja sama yang seperti ini dapat kita artikan sebagai bentuk sinyal positif terhadap roda bisnis perusahaan apalagi jika kerja sama tersebut mampu mendongkrak potensi kenaikan pendapatan perusahaan. So! jangan sampai ketinggalan berita aksi korporasi perusahaan khususnya kegiatan kerja sama.

Berganti Sektor Usaha

Memang ada kalanya sebuah perusahaan yang mapan melakukan aksi korporasi perusahaan dengan cara melakukan restrukturisasi perusahaan melalui kegiatan berganti sektor usaha karena menurut mereka ada sektor lain yang berpotensi memberikan keuntungan yang lebih baik. Dan kita sebagai investor harus berhati-hati dengan aksi korporasi perusahaan yang seperti ini yaitu dengan cara mempelajarinya terlebih dahulu bagaimana hasil dari aksi korporasi tersebut setelah beberapa tahun menggeluti sektor usaha yang baru. Apakah hasilnya lebih baik atau malah sebaliknya!

Spin Off

Aksi korporasi perusahaan jenis ini adalah aksi seperti yang dilakukan oleh amoeba yaitu membelah diri tetapi masih memiliki sifat yang sama seperti sebelumnya. Jadi perusahaan yang melakukan restrukturisasi dengan cara spin off adalah perusahaan tersebut sedang memecah dirinya sendiri menjadi perusahaan induk dan anak yang masing-masing tetap fokus pada kompetensinya masing-masing seperti yang akan dilakukan oleh unit usaha syariah berikut ini.
Spin Off sebagai Salah satu Kegiatan restrukturisasi perusahaan
Kegiatan Spin Off


Meskipun begitu yang namanya induk usaha tidak akan langsung serta merta meninggalkan anak usahanya tetapi tetap melakukan dukungan yaitu memberikan bantuan dana dan strategi usaha.

Kuasi Reorganisasi

Kegiatan restrukturisasi perusahaan yang terakhir ini bisa kita sebut juga dengan istilah restart atau kembali dari awal alias zero. Terus yang dimaksud dengan zero apa sih? yag dimaksud dengan zero disini adalah laporan keuangannya bersih dari defisit dengan cara menilai kembali aset maupun kewajibannya dalam nilai yang wajar. Biasanya perusahaan yang melakukan aksi korporasi ini karena dalam catatan laporan keuangan mereka hasilnya adalah rugi sehingga jika ternyata perusahaan tersebut pada waktu berjalan sedang dalam kondisi untung dan ingin membagikan dividen maka hal itu tidak bisa dilakukan.
Kuasi reorganisasi salah satu kegiatan restrukturisasi perusahaan
Contoh Aksi Korporasi berupa Kuasi Reorganisasi

Jadi setelah adanya kuasi reorganisasi diharapkan laporan keuangan perusahaan tersebut berada dalam kondisi bagus seperti ketika pertama kali menjalankan usahanya (makanya kita sebut dengan istilah restart tapi yang direstart adalah kondisi perusahaan). Dan diharapkan perusahaan hanya dapat melakukannya sebanyak sekali saja.

Jika kita ingin tahu tentang aturan kuasi reorganisasi maka kita dapat melihatnya melalui halaman OJK lengkap dengan persyaratan dan caranya.

Jadi, itulah beberapa contoh kegiatan restrukturisasi perusahaan yang merupakan jenis aksi korporasi yang mampu mempengaruhi kondisi perusahaan dan tentu akan mempengaruhi juga harga sahamnya. Jadi kita sebagai trader / investor jangan sampai ketinggalan beritanya.