Cara Mudah Menabung EMAS Secara Online

Tulisan tentang cara mudah menabung emas secara online ini dikhususkan untuk menjelaskan kepada Anda yang sedang penasaran dengan cara menabung emas yang sedang marak terjadi saat ini secara lebih detail jika dibandingkan dengan tulisan sebelumnya yaitu daftar tempat jual beli emas secara online. Tulisan ini sangat cocok untuk Anda yang suka menabung secara rutin entah itu dimulai dengan nominal kecil atau besar dan juga untuk Anda yang ingin mempertahankan nilai tabungan meskipun inflasi sedang terjadi di Negara ini.

Cara mudah menabung emas secara online
Cara Mudah Menabung Emas
Ketika Anda menabung dalam bentuk uang di Bank selama beberapa tahun, katakanlah 5 tahun, kemudian Anda ambil tabungan Anda tadi karena periode tujuan Anda menabung memang sudah berakhir maka bisa dipastikan bahwa nilai tabungan Anda tadi sedang mengalami penurunan nilai mata uang. Kenapa? karena ketika Anda menabung uang di Bank dan proses menabung tersebut berlanjut selama 5 tahun maka yang sebenarnya terjadi adalah nilai uang Anda sedang mengalami penurunan karena nilai uang Anda terkoreksi oleh adanya inflasi.

Dan jika tujuan menabung Anda tadi adalah untuk menyekolahkan Anak terus bagaimana, sayang kan jika usaha dan penantian panjang Anda tadi harus diganggu mahluk halus yang bernama INFLASI. Nah untuk menangkal mahluk halus bernama inflasi maka kita bisa minta bantuan Logam Mulia yang berwarna kuning dan sering kita sebut dengan nama EMAS.

Jika Anda menabung EMAS maka yang namanya inflasi bisa Anda tahan dan tentu nilai tabungan Anda tidak akan pernah berkurang bahkan bisa bertambah. Tapi ingat ya, jenis EMAS yang harus Anda gunakan adalah Emas Batangan atau Logam Mulia entah itu yang diproduksi oleh PT Antam atau PT UBS karena Logam Mulia produksi mereka dijamin keasliannya yang dibuktikan dengan sertifikat pembuatan.

Untuk mulai menabung emas kita bisa langsung membeli EMAS tersebut di Toko Emas, Pegadaian, atau langsung ke unit penjualan PT Antam. Tapi untuk bisa membeli EMAS di tempat-tempat seperti ini maka Anda harus menyediakan uang minimal setara dengan ukuran minimal EMAS yang dijual di pasaran.

Modal minimal untuk kegiatan menabung emas
Modal Minimal Rp 669.000,- Untuk Menabung Emas Offline
Karena ukuran minimal EMAS yang dijual di pasar adalah 1 gram maka modal minimal untuk menabung emas adalah Rp 669.000,-

Jika Anda ingin menabung EMAS tapi nominal tabungan rutin Anda hanya Rp 20.000,- per waktu nabung maka Anda pasti nggak bisa beli emas pada waktu itu karena minimal tabungan yang diperlukan adalah setara dengan berat emas ukuran 1 gram. 

Tapi sekarang ini sudah Ada cara yang mudah untuk menabung emas yaitu menabung EMAS secara online yang dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa harus datang ke Toko Emas, Pegadaian, atau Unit Penjualan PT Antam dan bisa menabung emas mulai dengan nominal tabungan yang kecil yaitu Rp 10.000,- atau setara dengan harga emas seberat 0.02 gram.

Jadi cara menabung emas secara online ini bisa dilakukan oleh anak SD sekalipun dan lumayan lah untuk mengajarkan anak-anak cara menabung uang yang cerdas sejak dini.

Jika Anda penasaran ingin tahu bagaimana cara mudah menabung emas secara online lebih detail lagi maka silahkan saja Anda ikuti beberapa langkah yang sudah kami kemas secara ringkas berikut dibawah ini.

#1. Langkah Pertama Cara Mudah Menabung EMAS Secara Online

Langkah pertama cara mudah menabung emas secara online yang harus Anda lakukan adalah tentukan terlebih dahulu tujuan akhir Anda menabung emas. Apakah itu,
  1. Untuk mengkoleksi fisik Logam Mulia atau EMAS yang dimulai dari nominal tabungan yang minimal karena memang ada orang yang suka memegang EMAS dalam bentuk fisik.
  2. Untuk biaya pendidikan entah itu jenjang SD, SMP, SMA, atau Perguruan Tinggi.
  3. Untuk biaya jalan-jalan alias liburan.
  4. Untuk biaya tak terduga lainnya.
Jika Anda sudah menentukan tujuan awal Anda menabung EMAS maka selanjutnya Anda akan lebih mudah untuk menentukan model atau skema menabung EMAS Anda. Dan hal ini juga tidak akan membuat Anda bingung dengan beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh kebanyakan aplikasi yang antara lain Gadai Emas, Tabungan Emas, dan Cicil Emas.

#2. Langkah Kedua Cara Mudah Menabung Emas Secara Online

Langkah kedua cara mudah menabung emas yang harus Anda lakukan adalah melakukan seleksi terhadap beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas jual beli emas secara online. Anda bisa melakukan selesi mulai dari beberapa kriteria berikut ini,
  1. Kemudahan mendaftar sebagai konsumen.
  2. Lancar atau tidaknya aplikasi jual beli emas yang ditawarkan, mulai dari proses instalasi sampai dengan tampilannya.
  3. Profesionalisme pelayanan yang ditawarkan, hal ini penting karena berhubungan dana tabungan Anda yang besar dan tidak mudah mendapatkannya.
  4. Biaya administrasi yang dibebankan kepada konsumennya untuk setiap transaksi jual beli emas, gadai emas, dan cicilan emas.
  5. Adanya kemudahan menjual kembali emas kepada penjual dengan harga yang kompetitif.
  6. Kemudahan mencetak emas fisik dan proses pengirimannya kepada para konsumen.
  7. Refer poin 5 diatas silahkan Anda tanyakan berapa biaya cetak emas fisik dan biaya pengirimannya.
  8. Minimal dana yang diperlukan untuk mulai menabung EMAS.
Kenapa hal ini harus kita lakukan? tidak lain untuk menyeleksi penyedia layanan transaksi jual beli emas terbaik yang ada saat ini. Karena jumlah layanan transaksi jual beli emas yang beredar saat ini sangatlah banyak dengan berbagai macam fasilitas tentunya.

#3. Langkah Ketiga Cara Mudah Menabung EMAS Secara Online

Langkah ketiga cara mudah menabung emas secara online adalah tentu menyisihkan sebagian uang untuk ditabung kedalam tabungan emas secara online. Dan kita juga harus melakukan evaluasi atau melihat tabungan emas secara berkala. Kenapa hal ini harus kita lakukan? untuk meyakinkan bahwa layanan tabungan emas yang sedang kita jalani selalu dalam kondisi JTA (Jujur Tulus dan Amanah) terhadap kita.

Jika kita sudah menabung emas secara online dalam kurun waktu yang lama maka kita bisa melakukan perbandingan antara kenaikan nilai emas yang ada didalam tabungan kita dengan pergerakan harga emas di Dunia (XAUUSD) dengan pergerakan harga emas di Negara Indonesia (XAUIDR). Kita bisa melihat apakah trending kenaikan tabungan emas yang kita lakukan sudah sesuai dengan trending pergerakan emas (XAUIDR) di Negara Indonesia khususnya karena memang kita membeli emas dalam bentuk mata uang Rupiah (IDR).

# Keunggunalan Menabung EMAS Secara Online

Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan menabung EMAS secara online yang bisa Anda jadikan kriteria alasan kenapa harus menabung emas secara online.
  1. Mudah dilakukan oleh siapa saja bahkan Anak SD pun bisa belajar menabung EMAS. Karena kita bisa beli emas mulai 0,02 gram atau setara sekitar Rp 10.000,-an.
  2. Biaya administrasi yang kecil jika dibandingkan membeli Emas dengan cara Offline melalui Toko Emas, Pegadaian, dan atau Unit Penjualan PT Antam.
  3. Emas dapat dicetak dalam bentuk fisik dan bisa dikirim ke rumah. Sehingga kita tidak perlu antri untuk membeli emas karena proses Beli, Jual, dan Cetak Emas cukup melalui aplikasi di smartphone saja.
  4. Aman karena kita tidak perlu menyimpan Emas di Rumah karena emas disimpan ditempat aman dan Emas dapat diambil kapan saja jika diperlukan.
  5. Kita dapat dengan mudah menjual Emas ke penjual dan tentu dengan harga sesuai harga pasar.
  6. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena Menabung EMAS secara online hanya diperlukan sebuah smartphone saja.
Gimana, Anda tertarik? jika jawaban Anda adalah "Yess" maka silahkan Anda langsung pilih salah satu penyedia layanan transaksi jual beli emas yang sesuai dengan kriteria Anda dan silahkan Anda rutin menabung emas disana. And..... GOOD LUCK.