Bagaimana Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Bagaimana cara investasi emas untuk investor pemula, sebelum kita bahas mengenai bagaimana cara investasi emas maka kita perlu tahu terlebih dahulu tentang definisi tentang apa emas itu sendiri. Jadi bisa dikatakan bahwa emas merupakan logam mulia yang harganya lumayan mahal dan banyak diburu oleh masyarakat terutama kaum hawa. Masyarakat Indonesia banyak yang sudah memahami bahwa emas merupakan sarana investasi jangka panjang yang dapat dilakukan dengan cara membeli emas kemudian menyimpannya dalam kurun waktu yang lama dengan harapan harga emas tersebut naik berlipat ganda. Jadi sebenarnya sebagian masyarakat sudah tahu bagaimana cara investasi emas sejak dahulu kala.
Bagaimana Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula
Cara Investasi Emas untuk Investor Pemula

Kita sebagai investor pemula yang ingin tahu bagaimana cara investasi emas untuk jangka panjang maka harus tahu terlebih dahulu tentang seluk beluk emas itu sendiri. Dibawah ini kami sudah rangkum beberapa langkah bagaimana cara investasi emas yang baik dan benar yang dapat dilakukan oleh semua orang khususnya investor pemula.

#1. Langkah Pertama Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Kita sebagai investor pemula yang ingin tahu tentang cara investasi emas yang tepat maka kita harus tahu terlebih dahulu tentang macam-macam emas yang dijual di pasaran berdasarkan kadarnya (misal: 22 karat atau 24 karat) yang tentunya besarnya kadar emas ini akan mempengaruhi harganya
Cara investasi emas dengan tahu tentang kadar emas
Cara Investasi Emas, Tahu Tentang Kadar Emas

Dan satuan karat ini dinilai berdasarkan ukuran standar international yang menyatakan besarnya kadar kandungan emas yang ada di dalam perhiasan atau logam mulia yang dalam hal ini biasanya dicampur dengan tembaga atau perak.

Hal ini adalah adalah langkah pertama yang memang harus Anda lakukan ketika Anda ingin tahu bagaimana cara investasi emas yang tepat karena jangan sampai Anda salah beli kadar emas yang ingin Anda jadikan sebagai sarana investasi. Kadar emas yang berbeda tentu akan mempengaruhi harga atau nilai investasi emas Anda sendiri dan juga jumlah minat pembeli.

Di Indonesia untuk ukuran kemurnian kadar emas sudah diatur dalam bentuk Standard Nasional Indonesia Standar Nasional Indonesia Mengenai Kadar Emas (SNI) Nomor SNI 13-3487-2005 dengan rincian standard sebagai berikut:
  1. Emas 24 Karat = 99,00 – 99,99%
  2. Emas 23 Karat = 94,80 – 98,89%
  3. Emas 22 Karat = 90,60 – 94,79%
  4. Emas 21 Karat = 86,50 – 90,59%
  5. Emas 20 Karat = 82,30 – 86,49%
  6. Emas 19 Karat = 78,20 – 82,29%
  7. Emas 18 Karat = 75,40 – 78,19%
Semakin tinggi kadar emas maka semakin tinggi harganya dan tentu untuk menjualnya juga tidak sulit karena pasti banyak sekali peminatnya. Sehingga hal ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika belajar bagaimana cara investasi emas yang tepat sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

#2. Langkah Kedua Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Langkah kedua bagaimana cara investasi emas yang tepat untuk investor pemula adalah tahu bagaimana hubungan antara pergerakan harga indeks mata uang USD terhadap pergerakan harga emas di dunia dan hubungan atau korelasi tersebut yang akan merepresentasikan harga emas di Indonesia. Jadi, jika kita sudah tahu mengenai definisi apa itu emas dan satuan beratnya maka kita juga harus tahu apa yang mempengaruhi pergerakan harga emas di dunia yang juga akan berpengaruh terhadap pergerakan harga emas di Indonesia.
Cara investasi emas mengacu harga dollar terhadap emas
Hubungan Antara Harga Dollar (Coklat) Vs Emas (Biru)

Jika kita lihat perbandingan antara harga indeks mata uang USD dan harga emas maka bisa kita katakan bahwa ketika harga indeks mata uang USD naik maka harga emas turun dan juga berlaku sebaliknya sehingga bisa kita simpulkan bahwa pergerakan indeks harga mata uang USD dan harga emas di dunia selalu berlawanan.

Jadi ketika harga indeks mata uang USD sedang dalam posisi puncaknya maka ini adalah waktu yang tepat untuk membeli emas dan begitu sebaliknya ketika indeks mata uang USD sedang berada pada posisi bawah (bottom) maka ini adalah waktu yang tepat untuk menjual emas.

Terus bagaimana korelasi atau hubungan antara mata uang Rupiah (IDR) terhadap harga emas?
Pergerakan harga emas terhadap  Rupiah
Cara Investasi Emas, Harga Emas terhadap Nilai Rupiah

Selain dengan cara melihat hubungan antara harga indeks mata uang USD terhadap harga emas maka kita juga bisa memutuskan cara investasi emas dengan cara melihat pergerakan harga emas terhadap mata uang Rupiah (IDR). Seperti yang terlihat digambar "Cara Investasi Emas, Harga Emas terhadap Nilai Rupiah" dapat kita simpulkan bahwa harga emas selalu naik dari tahun ke tahun. Sehingga emas memang cocok untuk kita jadikan instrumen investasi atau tabungan.

Dan berdasarkan hubungan antara pergerakan mata uang Rupiah (IDR) terhadap harga emas maka waktu yang sangat tepat untuk mengumpulkan emas sebagai instrumen investasi emas adalah ketika harga emas dihargai lebih murah di pasar.

#3. Langkah Ketiga Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Ketika kita belajar bagaimana cara investasi emas yang tepat maka langkah berikutnya adalah kita harus tahu bahwa investasi emas atau logam mulia relative lebih aman dibandingkan ketika kita berinvestasi saham atau obligasi. Tapi investasi emas yang dimaksud disini adalah investasi emas dalam bentuk emas batangan atau logam mulia loh ya dan bukan investasi emas di pasar spot.

Kondisi ekonomi sebuah negara juga sangat mempengaruhi harga emas terutama yang berkaitan dengan indikator ekonomi yang biasa disebut dengan inflasi. Semakin tinggi laju inflasi semakin tinggi kenaikan harga emas sehingga dapat dikatakan bahwa investasi emas adalah cara yang tepat untuk menagkal laju inflasi. Oleh karena itu banyak investor yang menempatkan emas kedalam komposisi portfolionya dengan tujuan lindung nilai (hedging) terhadap adanya laju inflasi.

Jadi ilustrasi hubungan antara harga emas dengan kondisi ekonomi negara adalah sebagai berikut. Ketika kondisi keamanan negara tidak menentu atau kondisi keuangan secara makro bergejolak maka kebanyakan orang pada umumnya akan melindungi kekayaannya dari gejolak moneter tersebut dengan cara mengalihkan kekayaan yang dimiliki kedalam bentuk emas. Jadi, selama inflasi suatu negara masih relatif tinggi dan keadaan pada umumnya masih penuh ketidakpastian maka emas merupakan sarana investasi yang cukup menarik.

Jadi cara investasi emas dengan cara melihat hubungan antara harga emas terhadap tingkat inflasi adalah cara yang cerdas. Karena investasi emas dengan cara seperti ini bisa menjadikan investasi emas sebagai penyeimbang terhadap racikan portofolio investasi Anda.

#4. Langkah Keempat Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Setelah kita tahu tentang jenis kadar emas dan faktor yang mempengaruhi pergerakan harga emas maka hal yang harus diketahui oleh seorang investor pemula ketika belajar bagaimana cara investasi emas yang tepat adalah mengetahui berbagai macam bentuk emas itu sendiri. Berikut ini adalah berbagai macam bentuk emas untuk kegiatan investasi yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi tentunya.

Cara Investasi Emas Berdasarkan Bentuk Emas

Emas Perhiasan

Jika kita investasi emas dalam bentuk emas perhiasan maka kita akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu sebagai perhiasan dan sarana investasi. Tetapi investasi emas dalam bentuk emas perhiasan mempunyai kelemahan yaitu kita harus membayar dengan harga yang lebih tinggi karena ada tambahan biaya pembuatan bentuk (cincin, kalung, bross, dll) perhiasan itu sendiri. Jadi ketika kita akan menjual emas perhiasan ke toko emas biasanya yang dihargai hanyalah jumlah emas saja dan tidak dengan harga pembuatannya sehingga cara investasi emas seperti ini biayanya lebih mahal dengan hasil yang kurang maksimal. Tetapi pada kenyataannya banyak masyarakat yang lebih suka investasi emas dalam bentuk emas perhiasan dibandingkan dalam bentuk emas lainnya.

Kalau menurut Saya pribadi membeli emas dalam bentuk perhiasan sama halnya dengan menabung uang di Bank tetapi menabung dalam bentuk emas perhiasan mempunyai nilai yang lebih banyak jika dibandingkan menabung uang di Bank karena kita dapat memanfaatkan keindahan bentuknya (sebagai hadiah untuk istri, anak, atau kerabat).

Emas Batangan atau Logam Mulia

Berbeda jika kita investasi emas dalam bentuk emas batangan atau logam mulia maka biaya yang kita keluarkan jauh lebih rendah jika dibandingkan investasi emas dalam bentuk emas perhiasan karena kita tidak perlu membayar biaya pembuatan bentuk (cincin, kalung, bross, dll) yang biayanya tidak bisa dibilang murah. Dan investasi emas seperti ini akan memberikan tingkat keuntungan lebih besar dan rasa aman yang lebih tinggi jika dibandingkan investasi emas dalam bentuk emas perhiasan.

Investasi emas dalam bentuk emas batangan atau logam mulia juga lebih terjamin karena akan diberikan sertifikat keaslian yang isinya adalah tentang informasi mengenai nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emas (disarankan belinya di tempat resmi dan atau terpercaya biar terhindar dari penipuan) khususnya jika kita membeli emas batangan atau logam mulia produksi PT ANTAM atau PT UBS.

Logam mulia yang umumnya diterima untuk transaksi jual beli di pasar Indonesia adalah emas batangan atau logam mulia produksi PT. Aneka Tambang,Tbk dan PT UBS dengan berat mulai dari 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 gram dan kadar emas 99.99%. Dan sekarang ini banyak sekali investor emas yang melakukan kegiatan investasi emas batangan atau logam mulia dengan skema berkebun emas karena metode ini secara perhitungan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan modal yang minimal.

Untuk memilih akan investasi emas dalam bentuk apa maka diperlukan kebijaksanaan investor itu sendiri karena setiap individu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan tidak harus sama dengan individu lainnya.

#5. Langkah Kelima Cara Investasi Emas Untuk Investor Pemula

Nah setelah kita tahu apa saja informasi yang diperlukan ketika akan investasi emas maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang investor pemula ketika akan belajar bagaimana cara investasi emas adalah menentukan metode pembelian emas batangan atau logam mulia yang akan dijadikan sebagai instrumen investasi.

Karena pada jaman sekarang ini kita sudah dapat melakukan transaksi jual beli emas dengan cara online sehingga kita tidak harus datang langsung ke toko emas atau unit penjualan. Dengan adanya fasilitas seperti ini maka jika kita ingin investasi emas maka kita bisa melakukannya hanya sambil duduk di rumah saja.

Jika Anda ingin tahu kelebihan membeli emas batangan atau logam mulia secara online maka silahkan Anda kunjungi halaman kami yang berjudul daftar tempat jual beli emas secara online. Disini kita akan ngomongin berbagai macam cara untuk melakukan transaksi jual beli emas secara online dan Saya yakin hal ini sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar cara investasi emas dengan modal yang minimal.
OldestNewer