Perbedaan Bisnis Trading Emas Konvensional dan Modern

Kita perlu tahu apa saja perbedaan antara trading emas konvensional dan modern untuk saat ini sehingga kita sebagai trader / investor bisa memilih cara yang mana yang akan ditempuh, apakah akan berdagang emas secara konvensional atau modern.

Jika kita berbicara mengenai trading emas secara konvensional berarti kita harus datang ke toko emas atau unit penjualan untuk mendapatkan emas tersebut (emas batangan / perhiasan) dan tentu kita harus membawa uang dengan jumlah yang cukup.

Perbedaan trading emas konvensional dan modern
Trading Emas Konvensional VS Modern
Sedangkan jika kita berbicara tentang trading emas secara modern berarti kita berbicara tentang transaksi jual beli emas yang bisa dilakukan secara online dan kita tidak perlu harus datang ke toko emas atau unit penjualan emas itu sendiri.

Tentu antara trading emas konvensional dan modern masing-msing mempunyai kelebihan dan kekurangan dan setiap orang jawabannya pasti tidak akan sama antara satu dengan yang lainnya jika kita tanya, Pilih trading emas konvensional atau modern?.

# Perbedaan Trading Emas Konvensional dan Modern

Biar kita semua bisa memilih dengan tepat, apakah akan menjalankan bisnis trading emas secara konvensional atau modern, maka berikut ini ulasan kami tentang perbedaan diantara kedua cara tersebut. Dan semoga bisa dijadikan referensi alasan kenapa harus memilih salah satunya atau malah kedua-duanya.

#A. Trading Emas Konvensional

Trading emas konvensional mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan namun meskipun begitu cara ini adalah cara trading emas yang paling banyak dilakukan oleh kaum perempuan.

Kelebihan:
  1. Kita akan memperoleh emas secara fisik karena proses pembelian emas kita lakukan secara kontan (Cash And Carry).
  2. Ketika berbisnis trading emas dengan cara konvensional maka kita akan mempunyai banyak pilihan bentuk emas yang bisa ditransaksikan yaitu emas dalam bentuk Emas Batangan (Logam Mulia) dan Perhiasan.
  3. Sangat cocok untuk investor jangka panjang.

Kekurangan:
  1. Rawan pencurian sehingga kita harus menyimpan emas tersebut kedalam tempat yang aman. Jika Anda mempunyai emas dalam jumlah banyak maka bisa menyimpannya kedalam Safe Deposit Box (SDB) dan tentu Anda harus mengeluarkan biaya untuk hal ini.
  2. Anda harus memiliki dana yang cukup besar jika ingin mendapatkan keuntungan yang nendang dari bisnis trading emas secara konvensional ini.
  3. Jika kita berbisnis emas perhiasan maka kita harus mengeluarkan biaya tambahan yaitu biaya pembuatan bentuk emas itu sendiri. Kecuali jika Anda adalah dealer atau toko emas maka biaya ini adalah tambahan keuntungan tersendiri.
  4. Anda harus datang ke toko emas atau unit penjualan untuk bisa mendapatkan emas yang dimaksud. Dan hal ini tentu juga memerlukan biaya tambahan yaitu biaya transportasi dan biaya MakSi (Makan Siang) :)
  5. Agar bisa menjual kembali emas yang sudah dibeli maka kita harus mencari pembeli emas yang bersedia membeli emas dengan harga sesuai dengan harga pasar. Jika Anda tidak bisa menemukan pembeli maka Anda bisa menjualnya ke toko emas atau unit penjualan sebelumnya dan untuk melakukan hal ini maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

#B. Trading Emas Modern

Trading emas secara modern juga mempunyai kelebihan dan kekurangan juga. Dan trading emas cara modern ini tidaklah cocok untuk Anda yang ingin berdagang emas yang menginginkan keuntungan dan bentuk fisik emas. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimaksud tersebut. 

Kelebihan:
  1. Untuk menjalankan bisnis trading emas kita tidak perlu dana yang cukup besar karena didalam bisnis trading emas modern ada istilah leverage atau daya ungkit. Sehingga dengan modal yang cukup minim kita sudah bisa menjalankan bisnis trading emas.
  2. Tidak perlu mencari calon pembeli atau penjual emas karena semua hal yang menyangkut konsumen sudah diatur / dilakukan oleh broker emas kita.
  3. Tidak memerlukan tempat penyimpanan emas seperti Safe Deposit Box (SDB) agar terhindar dari pencurian. Dan kita pun tidak perlu khawatir terhadap emas yang sedang kita beli.`
  4. Kita bisa memperoleh keuntungan meskipun harga emas turun atau pun harga emas naik. Dan prinsip seperti ini adalah prinsip bisnis yang dijalankan toko emas atau unit penjualan Jual-Beli Emas.
  5. Proses bisnis trading emas dapat dilakukan di rumah sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya transport dan makan siang karena proses bisnis trading emas dapat dilakukan melalui smartphone.
  6. Tidak ada biaya tambahan karena emas yang dijual adalah Emas Batangan atau Logam Mulia.
  7. Cocok untuk trader jangka pendek.

Kelemahan:
  1. Ketika membeli emas dengan cara ini, kita tidak akan mendapatkan emas secara fisik tetapi hanya sebuah kontrak pembelian saja. Jika Anda adalah seseorang yang suka memegang emas secara fisik maka cara ini sangat tidak cocok untuk Anda.
  2. Diperlukan menajemen risiko yang sangat ketat atau modal Anda akan habis. Kenapa bisa begini? Karena adanya fasilitas leverage sehingga mengharuskan seorang trader / investor sangat teliti terhadap manajemen risiko atau modal.
  3. Dengan adanya fasilitas leverage menyebabkan bisnis trading emas ini menjadi bisnis yang penuh dengan risiko.
  4. Tidak cocok untuk investor jangka panjang.
Jika Anda ingin belajar trading EMAS lebih lanjut maka Anda bisa mengikuti pelajaran untuk pemula disini.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja perbedaan antara trading emas konvensional dan trading emas secara modern. Sekarang adalah waktu Anda untuk menentukan akan menjalankan bisnis trading emas dengan cara yang mana.

Dan sebelum Saya tutup tulisan kali ini Saya mengucapkan selamat berburu CUAN dan Happy Blogging.