Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara tentang cara meningkatkan jumlah pengunjung blog hingga mencapai 300% jumlah pengunjung sebelumnya. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama untuk mereka yang sedang mencari penghasilan dari sebuah blog.

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog
Pengunjung Blog sama dengan Pengunjung Mall
Jika kita sedang menjual jasa atau produk melalui sebuah blog atau website tetapi sepi pengunjung, hal yang pasti terjadi adalah jasa atau produk kita tidak akan pernah dikenal banyak orang apalagi habis terjual.

Jika kita berbisnis online, kita tetap memiliki kewajiban mendatangkan pengunjung kedalam blog atau website yang sedang kita kelola. Kemudian kita harus bisa merubah jumlah kunjungan tersebut menjadi sebuah aksi "Membeli" semua jasa atau produk yang kita miliki.

Berikut ini kita akan membahas langkah pertama menjalankan bisnis online yaitu belajar bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung blog atau website.

Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog / Website

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan jumlah pengunjung blog / website beserta penjelasan singkatnya yang bisa dilakukan oleh semua admin.

#1. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Media Iklan

Ini adalah salah satu cara yang pernah saya coba dan hasilnya sungguh luar biasa. 

Jika Anda menjual jasa atau produk yang mempunyai banyak manfaat untuk banyak orang, mengapa Anda tidak mencoba memperkenalkannya kepada calon pembeli Anda melalui media iklan.

Media periklanan yang bisa kita andalkan untuk saat ini antara lain adalah, Google Adwords.

Selain itu, kita juga bisa mengiklankan blog / website melalui media periklanan lainnya seperti radio, dan televisi.

Jika Anda memang serius berbisnis, jangan pernah ragu untuk mengeluarkan biaya iklan seperti ini karena semua itu sepadan dengan apa yang akan kita peroleh.

#2. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui SEO Artikel

Selain media periklanan kita juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan cara meningkatkan peringkat Search Engine Optimisation (SEO) artikel yang kita tulis.

Meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan SEO
Search Engine Optimisation (SEO)
Apa untungnya SEO? Kita bisa mendapatkan pengunjung dalam jumlah banyak tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun atau pun jika kita mengeluarkan biaya, jumlahnya tidak lah sebanyak media periklanan.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya maka Anda harus belajar banyak tentang SEO. Tetapi jika Anda tidak mempunyai waktu banyak maka Anda bisa menggunakan jasa SEO, tentu Anda harus mengeluarkan biaya untuk hal ini.

#3. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Dengan Cara Menulis Artikel Bermanfaat dan berkualitas

Jika kita ingin blog atau website banyak pengunjungnya maka kita harus mampu memberikan informasi yang banyak memberikan manfaat untuk orang lain.

Misalkan, jika blog yang kita buat mempunyai tema "Tutorial" maka kita mempunyai kewajiban menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat sekaligus bisa dipertanggung jawabkan.

Tidak ada alasan bagi seseorang, mengunjungi sebuah blog atau website yang tidak bisa memberikan manfaat sama sekali untuk mereka.

Dan prinsip pelayanan ini adalah prinsip utama yang harus kita pegang ketika  memutuskan  berbisnis melalui sebuah blog.

Contoh sederhana,

kenapa kita harus menulis artikel bermanfaat didalam blog adalah karena kita sendiri pasti tidak suka dan tidak akan berkunjung lagi ke blog atau website yang tidak mempunyai manfaat untuk kita.

Jika Anda bingung akan menulis artikel apa, Anda bisa berkunjung ke Quora dan temukan seputar pertanyaan yang berhubungan dengan topik Anda. Kemudian Anda bisa menggunakan pertanyaan tersebut sebagai bahan tulisan Anda.

Atau Anda juga bisa berkunjung Buzzsumo dan melihat topik apa saja yang sudah ditulis oleh orang lain dan kemudian kita bisa menulis topik serupa dengan konten yang lebih baik. Tapi ingat, No COPAS.

#4. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Update Artikel Secara Rutin

Setelah kita membuat sebuah artikel yang banyak memberikan manfaat untuk orang lain agar jumlah pengunjung blog meningkat, langkah berikutnya adalah membuat artikel berkualitas secara rutin.

Kita tidak boleh melakukan copas (copy paste) artikel milik orang lain hanya untuk mengejar deadline jadwal penulisan artikel, dengan alasan kepepet atau lainnya.

Kenapa? Karena bisa jadi, hal itu yang akan menyebabkan blog atau website Anda akan semakin sepi pengunjung. Hampir semua pengunjung blog membenci hal seperti ini bahkan mbah google.

So, jangan pernah Anda lakukan copas ya....

#5. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Sebuah Forum

Kita bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog melalui sebuah forum diskusi.

Setidaknya, kita harus aktif didalam forum diskusi tersebut. Dan sekali-kali kita bisa menuliskan solusi permasalahan yang dialami para anggota forum melalui blog atau website yang kita miliki.

Dan tentu untuk bisa mempromosikan blog atau website melalui sebuah forum, setidaknya topik pembahasan yang dimiliki forum tersebut sama dengan topik pembahasan yang sedang kita tulis didalam blog atau website.

Semakin aktif dan terkenalnya kita didalam sebuah forum maka kemungkinan besar jumlah pengunjung blog atau website kita akan semakin bertambah. Kenapa? Karena setidaknya semakin banyak anggota yang ingin tahu tentang kita lebih lanjut.

#6. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Media Sosial (Med Sos)

Media sosial akhir-akhir ini sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan pribadi masyarakat di Indonesia, dikit-dikit update status.

Nah, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mempengaruhi teman-teman kita untuk berkunjung ke blog atau website kita.

Media sosial yang bisa kita pakai untuk melakukan promosi antara lain adalah Facebook, Pinterest,  Twitter, Tumblr, Linkedin, dan Instagram.

Cara meningkatkan jumlah pengunjung melalui media sosial
Media Sosial
Tapi ingat, jangan terlalu mencolok jika Anda ingin berpromosi menggunakan media sosial kepada teman-teman Anda. Lakukan sewajarnya saja, kenapa? karena saya sendiri juga tidak terlalu suka dengan teman yang terlalu mencolok mempromosikan jasa atau produknya melalui media sosial.

Kita bisa mempromosikan artikel-artikel yang kita anggap menarik dan bisa mendatangkan manfaat kepada mereka. Selain itu, kita bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk mengupdate status kita seperti biasanya.

#7. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Blogwalking

Sudah tahu apa itu blogwalking? Jika belum, berikut ini penjelasan singkatnya.

Blogwalking adalah kegiatan lihat-lihat blog orang lain kemudian memberikan komentar dengan tujuan meninggalkan jejak kepada pemilik blog tersebut sekaligus pengunjung blognya.

Ketika kita berkomentar di halaman artikel orang lain, apalagi blog tersebut banyak pengunjungnya. Maka secara langsung maupun tidak langsung mampu menarik pemilik blog atau pun pengunjungnya untuk mengunjungi blog Anda.

Cara ini adalah cara yang sering dilakukan oleh para blogger tempo dulu, termasuk saya.

Dan saya rasa, cara ini adalah cara yang masih cukup baik meskipun tidak mendatangkan cukup banyak pengunjung. Tetapi patut Anda coba, karena tidak ada salahnya Anda lakukan.

#8. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog Melalui Sebuah Video

Selain menulis sebuah artikel berkualitas di blog, kita juga bisa membuat versi videonya sehingga para pengunjung blog kita semakin mudah memahami artikel yang kita tulis.

Untuk membuat sebuah video kita bisa memanfaatkan youtube sebagai media penyimpannya dan tentu dalam hal ini kita harus menggunakan sebuah kamera atau pun software pembuat video lainnya.

Gimana? Sudah dapat pencerahan kan tentang strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Apakah 5+ cara meningkatkan jumlah pengunjung blog diatas adalah keputusan final? Tidak! kita masih bisa menerapkan banyak strategi lainnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.