Cara Membuat Web / Blog Self Hosted

Cara membuat web / blog self hosted. Sebelum kita bahas posting kali ini, kamu sudah paham kan apa itu "Self hosted". Oke, jika kamu masih belum paham makna dari kata "Self hosted" itu sendiri maka berikut ini adalah sedikit penjelasannya. 
Blog Self Hosted
Blog Self Hosted

Maksud dari kata "Self hosted" adalah kita mempunyai paket hosting sendiri sehingga kita mempunyai kendali penuh terhadap hosting tersebut secara luas.

Cara membuat web / blog self hosted
Cara Membuat Web / Blog Self Hosted
Bagaimana caranya mempunyai paket hosting sendiri? Tentu dengan cara membelinya di layanan web hosting seperti Niagahoster atau Hostinger.

Apakah kita bisa membuat berbagai macam blog / web dengan sebuah paket hosting. Jawabannya sangat bisa sekali. Karena dengan satu buah paket hosting, kita bisa membuat banyak website dengan domain yang berbeda tentunya. 

Kamu hanya perlu berkunjung ke layanan web hosting dan pilih paket hosting mana yang cocok untuk kamu pakai.

Jenis-jenis paket hosting
Jenis-Jenis Paket Hosting 
Misalkan saja paket hosting Bayi, dengan memilih paket hosting ini kamu hanya bisa menginstall 1 buah domain saja kedalam hosting kamu. Dan 10 buah domain untuk paket Pelajar, Unlimited untuk paket hosting Personal dan Bisnis.

Gimana? cocok kan untuk kamu yang benar-benar serius berbisnis mengandalkan internet.

Sekarang kamu sudah tahu kan dimana bisa memperoleh layanan web hosting untuk personal blog atau bisnis kamu. Kini saatnya kita bahas bagaimana cara membuat web / blog self hosted.

Cara Membuat Web / Blog Self Hosted Auto Install

1. Silahkan kamu beli terlebih dahulu paket hosting sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk membelinya kamu bisa memilih web hosting Niagahoster. Kenapa? Kamu bisa baca ulasan saya di "Review Web Hosting Niagahoster".

2. Ketika kamu mengaktifkan paket web hosting pertama kali. Tentu setelah kamu membayar paketnya, kamu akan disediakan pilihan instalasi platform blog Wordpress via beberapa klik saja. Dan kamu bisa memilih pilihan ini untuk menginstall web / blog self hosted kamu.

3. Jika kamu nggak menginstall langsung web / blog kamu ketika pertama kali menggunakan paket web hosting. Kamu bisa install Wordpress melalui pilihan "Install Website" pada paket hosting kamu.

Tetapi, pertama kali kamu harus membuka halaman akun kamu.
Cara Pertama Membuat Web / Blog Self Hosted
Cara Pertama Membuat Web / Blog Self Hosted
Oh iya, contoh yang saya pakai disini adalah contoh membuat web / blog self hosted melalui layanan web hosting Niagahoster.

Setelah kamu masuk kedalam hosting yang barusan kamu pesan, kamu klik tombol kelola dan pilih "Install Website". Kemudian kamu pilih "Install". Perlu kamu ingat, proses ini dilakukan secara otomatis.

Cara membuat web / blog wordpress self hosted
Cara Install Wordpress di Web Hosting Niagahoster
Silahkan kamu isi "Judul Website", "Deskripsi Website", "Admin User", dan "Admin password". Setelah itu silahkan kamu tekan tombol "Install".

4. Selesai.

Selain bisa menggunakan cara Auto Install, kita juga bisa membuat web / blog wrodpress dengan cara manual (FTP) atau Auto Installer Softaculous. Tapi, saya lebih suka pilih yang Auto Install. Kenapa? karena caranya mudah dan cepat.

Ingin tahu lebih banyak tentang web hosting Niagahoster. Silahkan kamu baca ulasan saya tentang "Review Web Hosting Niagahoster".