Daftar Saham Sub Sektor Perikanan (Fishery)

Daftar saham sub sektor perikanan (fishery) adalah daftar perusahaan yang bergerak di industri jual beli ikan segar. Jumlah pemain bisnis di industri ini juga nggak banyak, hampir mirip dengan saham di sub sektor pertanian.
Daftar Saham Sub Sektor Perikanan (Fishery)
Saham Sub Sektor Perikanan (Fishery)

Industri perikanan yang ada di Indonesia ini, produk yang mereka milki sebagian besar mereka ekspor ke luar negeri dan jenis ikan yang mereka perdagangkan antara lain adalah ikan jenis konsumsi dan juga ikan hias (arowana).

Karena jumlah pemain di industri perikanan nggak banyak yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia maka kita dapat dengan mudah membandingkan kinerja perusahaan untuk mengetahui perusahaan mana yang berkinerja baik dan yang buruk.

Selain itu kita juga bisa membedakan perusahan-perusahaan yang berbisnis di sub sektor perikanan (fishery) ini mempunyai inti bisnis yang sama atau tidak. Dan semua itu tidak lain untuk mencari perusahaan berkinerja terbaik didalam sub sektor perikanan.

# Daftar Saham Sub Sektor Perikanan (Fishery)

Berikut ini adalah daftar saham sub sektor perikanan (fishery) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

NoKode SahamNama Perusahaan
1 DSFI PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk
Jl. Laksamana R. E. Martadinata Tj. Priok
Kota Jkt Utara DKI
Jakarta 14310 Indonesia
www.dharmasamudera.id
1 IIKP PT Inti Agri Resources Tbk
Puri Britania T7 No B27-B29
Puri Kembangan, Jakarta Barat
Indonesia
www.shelookred.com

Karena pemain di industri perikanan hanya ada dua perusahaan dan keduanya juga memiliki pangsa pasar yang berbeda jauh maka kita bisa memisahkan kedua perusahaan tersebut ketika melakukan analisis.
Ikan Kakap Merah
Daging Ikan Kakap Merah

Kita nggak bisa membandingkan kedua perusahaan tersebut secara langsung karena mempunyai segmen bisnis yang berbeda.

PT Dharma Samudera Fishing Industries adalah perusahaan yang bergelut dengan bisnis jual beli daging ikan segar yang sebagian besar di ekspor ke luar negeri. Dan sumber pasokannya berasal dari ribuan nelayan lokal dan masyarakat nelayan yang ada di perairan nusantara untuk menjamin pasokan ikan segar dan tangkapan yang stabil dan berkelanjutan .

Sedangkan PT Inti Agri Resources adalah perusahaan yang bergerak dibidang jual beli ikan Arowana merah yang merupakan jenis ikan hias. Dan ikan yang dijual berasal dari lima (5) tambak ikan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Sub Sektor Perikanan (Fishery)

Jika kita berbicara tentang faktor yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham perusahaan di industri perikanan ini maka kita sebenarnya kita sedang berbicara tentang faktor fundamental dan teknikal.

Secara fundamental tentu hasil penjualan dan pendapatan sangat mempengaruhi pergerakan harga sahamnya. Jika kita simpulkan ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hasil penjualan dan pendapatan perusahaan.
  1. Faktor cuaca sangat berperan penting didalam industri perikanan. Jika cuaca tidak mendukung maka akan mempengaruhi pasokan ikan yang bisa ditangkap nelayan.
  2. Jika perusahaan tersebut melakukan kegiatan ekspor maka nilai tukar mata uang, pajak ekspor, dan bea cukai sangat mempengaruhi pendapatan.
  3. Kecenderungan minat konsumen sangat mempengaruhi jumlah permintaan produk baik itu ikan konsumsi maupun ikan hias.
Gimana, jika kamu adalah pecinta makanan laut dan ikan hias maka kamu pasti sudah tahu apa saja faktor yang bisa mempengaruhi bisnis di industri perikanan ini.

Sedangkan jika kita berbicara tentang faktor teknikal maka sebenarnya kita berbicara tentang faktor psikologis para investor maupun trader saham sehingga harga saham pun mampu bergerak naik turum di pasar modal.