Daftar Saham Sub Sektor Pertanian (Crops)

Daftar saham sub sektor pertanian (crops) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) jumlahnya nggak banyak. Meskipun negara Indonesia disebut sebagai negara agraria atau pertanian namun hanya ada satu perusahaan yang masuk kedalam pasar modal yaitu PT Bisi International Tbk.
Saham Sub Sektor Pertanian (Crops)
Saham Sub Sektor Pertanian (Crops)

Karena jumlah perusahaan di sub sektor pertanian nggak banyak yang terdaftar di pasar modal maka kondisi tersebut menjadikan kita sebagai investor atau trader saham lebih mudah mengevaluasi kinerja saham sub sektor pertanian.

Kenapa? Karena kita nggak perlu terlalu banyak membandingkan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya untuk menentukan perusahaan terbaik didalam sub sektor ini.

Karena jumlahnya nggak banyak maka kita bisa langsung menganalisis laporan keuangan perusahaan tersebut untuk melihat apakah perusahaan tersebut profitable atau nggak. Jika nggak ya tinggalkan saja. Nggak perlu repot-repot berharap.

# Daftar Saham Sub Sektor Pertanian (Crops)

Berikut ini adalah daftar saham sub sektor pertanian (crops) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

NoKode SahamNama Perusahaan)
1 BISI PT BISI International Tbk
Jl. Raya Surabaya Mojokerto km 19,
Desa Bringinbendo,
Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo,
Jawa Timur, Indonesia.
www.bisi.co.id

PT BISI International Tbk memproduksi benih jagung hibrida, benih hortikultura, benih padi, pestisida dan pupuk.

Berdasarkan inti bisnis perusahaan yaitu menjual benih maka bisa dikatakan bahwa besar kecilnya keuntungan sangat dipengaruhi oleh jumlah permintaan benih yang berasal dari para petani. Semakin banyak permintaan dari para petani maka semakin besar keuntungannya.

Karena yang diproduksi adalah benih jagung, benih padi, benih hortikultura (sayur dan buah), pestisida, dan pupuk maka dapat saya katakan bahwa seharusnya perusahaan ini adalah perusahaan yang sangat menguntungkan mengingat produk yang dihasilkan adalah cikal bakal bahan pokok makanan yang selalu dibutuhkan oleh manusia.
Petani jagung
Jagung Manis

Apalagi jika ternyata perusahaan yang bermain di industri ini jumlahnya nggak terlalu banyak. Sehingga bisa dikatakan bahwa BISI adalah pemain utama di industri ini.

Tapi apakah kenyataanya seperti yang saya harapkan, kamu bisa pelajari laporan keuangan perusahaan tersebut dan lihat berapakah jumlah laba per saham dasar yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk.

Dan apakah perusahaan mempunyai hutang menumpuk dari tahun ke tahun sehingga keuntungan yang diperoleh hanya untuk membayar hutang. Jika sudah begitu maka pengembangan pun akan terhenti atau tidak terpikirkan sama sekali.

Dari data tersebut kita bisa menyimpulkan, apakah perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuntungan atau nggak. Atau ternyata manajemen lah yang nggak bisa menjalankan perusahaan dengan baik.

Sehingga melalui data tersebut kamu juga bisa memutuskan apakah kamu akan menjadikan saham BISI sebagai instrument investasi atau perdagangan atau malah nggak perlu menyentuhnya sekalipun.

Kita juga menganalisis pergerakan harga sahamnya melalui analisis teknikal yang sebagian besar dipengaruhi oleh psikologi dan pendapat investor maupun trader saham dalam menilai kinerja perusahaan tersebut sehingga harga saham pun mampu bergerak naik atau turun.

Sebagai reminder. Bahwa baik itu analisis fundamental maupun teknikal, semuanya bisa dipelajari dengan mudah asalkan kita punya kemauan untuk belajar lebih giat dan terus berlatih menggunakan analisis yang sudah kita pelajari untuk menentukan level yang tepat untuk masuk dan keluar pasar.

Gimana, kamu tertarik berinvestasi saham sub sektor pertanian (crops) ini. Jika kamu tertarik maka jangan lupa untuk mengevaluasi kinerja perusahaan tersebut terlebih dahulu.