Daftar Saham Sub Sektor Tobacco Manufacture atau Industri Tembakau

Daftar saham sub sektor tobacco manufacture atau industri tembakau adalah saham perusahaan yang unit usahanya adalah berjualan rokok di masyarakat.
Daftar Saham Industri Tembakau (Rokok)
Daftar Saham Industri Tembakau (Rokok)

Rokok adalah sebuah simbol sosial di masyarakat dan merupakan kebutuhan bagi kaum adam yang nggak pernah bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Meskipun semakin lama semakin banyak kampanye yang menyerukan larangan merokok tetapi yang namanya rokok tetap saja laku keras di masyarakat dengan pembeli khususnya kaum laki-laki.

Apakah kamu suka merokok?

Kalau iya, kamu pasti sudah tahu kalau berjualan rokok selalu menguntungkan.

Daftar Saham Sub Sektor Tobacco Manufacture atau Industri Tembakau

Berikut ini adalah daftar saham perusahaan rokok atau industri tembakau yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

NoKode SahamNama Perusahaan
1 GGRM PT Gudang Garam Tbk
Jl. Jend. A. Yani No. 79 Jakarta 10510 Jl. Semampir II/1 Kediri 64121
www.gudanggaramtbk.com
2 HMSP PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk
One Pacific, Sudirman Central Business Distric (SCBD) Lantai 18
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190 - Indonesia
www.sampoerna.com
3 RMBA PT Bentoel Internasional Investama Tbk
Capital Place Office Tower Lantai 6, Jalan Gatot Subroto Kavling 18,
Jakarta Selatan 12710
www.bentoelgroup.com
4 WIIM PT Wismilak Inti Makmur Tbk
Grha Wismilak
 Jl. Dr. Soetomo 27 Surabaya 60264, Indonesia
www.wismilak.com

Berdasarkan data yang ada di BEI, nggak banyak jumlah perusahaan rokok yang terdaftar di papan pasar modal.

Hanya ada 4 perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di pasar modal. Dan semua perusahaan tersebut adalah pemain lama di industri ini.

Saham rokok
Saham Rokok
Kebutuhan membeli rokok terkadang mengalahkan kebutuhan membeli makanan dan minuman khususnya oleh kaum laki-laki. Bahkan ada pepatah "Lebih baik gak makan daripada gak bisa merokok".

Meskipun sekarang ini banyak sekali aturan tentang penjualan rokok (penambahan stiker rokok) dan larangan merokok di tempat umum, tetap saja yang namanya rokok laku keras di masyarakat.

Karena jumlah perusahaan yang mencatatkan sahamnya di papan pasar modal nggak banyak, kamu dapat dengan mudah menemukan perusahaan terbaik di industri ini.

Silahkan kamu bandingkan data laporan keuangan masing-masing perusahaan diatas dan pilihlah prusahaan berkinerja paling baik.

Saham perusahaan rokok juga disebut sebagai saham perusahaan yang tahan banting karena orang merokok nggak pernah melihat kondisi ekonomi negara terlebih dahulu.

Karena adanya kebutuhan rokok seperti inilah perusahaan yang menjual rokok selalu bisa mencetak keuntungan sepanjang tahun.

Faktor Berpengaruh Terhadap Pergerakan Harga Saham Industri Tembakau

Menurut saya industri tembakau sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah seperti pemasangan stiker peringatan di kemasan rokok, pajak, larangan merokok di tempat umum, dan larangan mempromosikan penjualan rokok secara terang-terangan di media televisi.

Kebijakan pemerintah seperti diatas lambat laun akan mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap kebutuhan rokok.

Semakin banyak orang yang sadar akan bahaya merokok baik dari sisi finansial maupun fisik maka semakin menurun jumlah perokok.

Jika semakin menurun jumlah perokok maka semakin menurun jumlah penjualan rokok, pada akhirnya hal tersebut akan menurunkan besarnya keuntungan perusahaan.

Gimana, masih ingin menjadikan saham perusahaan rokok sebagai instrumen perdagangan atau investasi.

Jika kamu ingin menjadikannya sebagai instrumen perdagangan atau investasi maka kamu jangan lupa untuk melihat dan mempelajari laporan keuangannya terlebih dahulu sebelum membeli sahamnya.