Anatomi Candlestick Jepang

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai apa itu candlestick jepang, pada tulisan ini kita akan membahas mengenai anatomi bentuk candlestick jepang itu sendiri. Hal ini penting dan bermanfaat bagi kita seorang trader untuk mengetahui kondisi psikologi pasar.
Anatomi candlestick jepang
Anatomi Candlestick Jepang

Seperti manusia candlestick mempunyai banyak macam bentuk, ada yang panjang, pendek, berekor panjang, dan atau berekor pendek.

Candlestick yang mempunyai bentuk tubuh panjang mengindikasikan besarnya kekuatan pembeli atau penjual. Dan semakin panjang tubuhnya maka semakin tinggi tingkat tekanan jual maupun belinya. Artinya adalah bahwa para penjual dan pembeli sangat kuat dan sedang mengambil alih kondisi pasar.

Sedangkan candlestick yang mempunyai bentuk tubuh pendek mengindikasikan bahwa di dalam pasar jumlah pembeli dan atau penjual sangat sedikit. Perlu diketahui bahwa di dalam forex bahwa yang dimaksud bull adalah para pembeli dan bear adalah para penjual.
Long Body vs Short Body

Candlestick dengan bentuk tubuh panjang dan berwarna putih mengindikasikan tekanan beli yang sangat kuat. Semakin panjang bentuk tubuhnya maka semakin kuat kekuatan para pembeli dan kondisi pasar menjadi bullish. Dengan kata lain bull sedang mengalahkan bear di dalam pasar.

Sedangkan candlestick dengan bentuk tubuh panjang berwarna hitam menunjukkan bahwa tekanan jual yang kuat. Semakin panjang bentuk tubuhnya maka semakin kuat kekuatan para penjual dan kondisi pasar semakin bearish. Dengan kata lain bear sedang mengalahkan bull di dalam pasar.

Misteri Ekor Candlestick Jepang

Ekor candlestick atau biasa disebut dengan "The Shadow" yang muncul diatas dan atau dibawah mempunyai arti sangat penting seperti sebuah kunci yang berharga di dalam sesi perdagangan. Ekor atas mewakili harga tertinggi dan ekor dibawah mewakili harga terendah dalam sebuah sesi perdagangan.

Candlestick dengan ekor yang pendek menunjukkan bahwa harga bergerak disekitar harga pembukaan dan penutupan dan sedangkan candlestick dengan ekor yang panjang menunjukkan bahwa harga bergerak jauh dari harga pembukaan dan penutupan.
Long Shadow Candlestick

Jika candlestick mempunyai ekor yang panjang diatas dan ekor pendek dibawah maka ini menunjukkan bahwa pada awalnya sesi didominasi oleh trader pembeli sehingga permintaan hargapun menjadi sangat tinggi. Tetapi kemudian entah karena apa para penjual datang dan menolak kenaikan harga tersebut dan harga pun tertekan kebawah lagi mendekati harga pembukaan sehingga terbentuklah ekor yang panjang diatas.

Jika candlestick mempunyai ekor yang panjang dibawah dan ekor pendek diatas maka ini menunjukkan bahwa pada awalnya sesi didominasi oleh trader penjual sehingga harga tertekan jauh dibawah harga pembukaan. Tetapi kemudian segerombolan trader pembeli datang dan banyak yang tertarik untuk membeli sehingga harga pun kembali naik keatas dekat harga pembukaan sehingga terbentuklah ekor yang panjang dibawah.

Tulisan Terkait:
  1. Apa itu candlestick jepang
  2. Anatomi condlestick jepang
  3. Dasar bentuk candlestick jepang
  4. Single pattern candlestick jepang
  5. Double pattern candlestick jepang
  6. Triple pattern candlestick jepang