Cara Trading Emas Internasional

Cara trading emas internasional, jika sebelumnya kita sudah belajar tentang konsep trading emas. Langkah selanjutnya yang harus kita tempuh adalah latihan bagaimana cara trading emas itu sendiri dilakukan.
Cara Trading Emas Internasional

Dan karena resiko menjalankan bisnis ini begitu besar maka disarankan untuk banyak berlatih, belajar, dan berlatih lagi sehingga mampu meminimalkan resiko kehilangan uang.
cara trading emas internasional
Cara Trading Emas

Tetapi sebelumnya kamu sudah tahu kan, kenapa saya sebut dengan istilah "Cara trading emas internasional". Kalau kamu belum tahu, saya akan menjelaskan secara singkat kepada Anda tentang hal ini.

Cara trading emas internasional adalah kegiatan jual beli emas dalam skala dunia. Maksudnya? Pembeli dan penjual yang melakukan bisnis ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja tetapi berasal dari Negara di belahan dunia.

Dan untuk membeli emas maka kita memerlukan mata uang dollar (USD). Dan ketika kita membeli emas di pasar, kita akan menggunakan simbol perdagangan XAUUSD. Kok bisa begini? Karena emas atau gold di pasar dunia diberi simbol XAU.

Sehingga simbol XAUUSD mempunyai maksud, membeli emas atau gold (XAU) dengan mata uang dollar (USD).

# Belajar Cara Trading Emas Internasional

Kita sangat beruntung sekali. Kok bisa? Karena jika kita ingin belajar cara trading emas skala internasiona, kita bisa menggunakan akun demo secara gratis di semua broker emas untuk belajar cara trading emas secara gratis.

Eiits, kamu sudah tahu kan, kenapa harus menggunakan jasa broker? Oke nggak papa kalau kamu belum tahu. Jadi, kita sebenarnya nggak bisa secara langsung membeli atau menjual emas di pasaran. Sehingga kita harus menggunakan broker sebagai perantara.

Oke kita kembali lagi ke laptop.

Kita mempunyai banyak sekali kemudahan ketika memakai akun demo sebagai media belajar. Kenapa? Karena kita bisa banyak belajar tentang platform trading emas yang digunakan, manajemen resiko, manajemen modal, manajemen emosi, cara trading emas (mekanisme), dan masih banyak lagi yang bisa kita pelajari. Dan tentu untuk menjalankan trading emas menggunakan akun demo, kita hanya memakai uang virtual atau bukan uang sungguhan.

Ketika menggunakan akun demo ini, kita akan tahu seberapa besar resiko yang akan kita hadapi jika kita menjalankan bisnis trading emas ini dengan cara yang nggak sungguh-sungguh. Dan kita juga bisa tahu, berapa besarnya keuntungan yang bisa diperoleh jika kita menjalankan bisnis trading emas dengan benar.

Menggunakan akun demo sangat disarankan untuk setiap calon trader emas (gold) sebelum mereka memakai akun real. Tetapi jika Anda sudah profesional dan berani menanggung resiko yang besar maka silahkan saja memakai akun real secara langsung.

Untuk belajar cara trading emas internasional kita bisa menggunakan akun demo ke broker mana saja, entah itu broker yang teregulasi maupun tidak.

Tetapi untuk saya pribadi lebih suka menggunakan jasa broker asing terutama yang sudah teregulasi di negaranya dan masuk ke bursa saham (go public) misalnya NYSE, salah satunya adalah broker FXCM Inc. (NYSE:FXCM). Disini kita bisa deposit mulai $50 berbeda jika menggunakan broker lokal Indonesia minimal deposit mulai 5 Juta Rupiah (salah satu pertimbangan).

Tetapi, karena di akun demo broker FXCM saya nggak bisa menemukan perdagangan emas (XAUUSD) maka saya memilih broker FXDD untuk belajar cara trading emas.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara trading emas internasional dilakukan, silahkan kamu ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini.

Cara Trading Emas Internasional (XAUUSD)

1. Download software Metatrader 4 disini kemudian install di laptop / komputer / smartphone.
2. Klik File >> Open an account kemudian carilah server FXDD-MT4 Demo Server >> Next >> New demo account >> Isikan data akun, jangan lupa centang I agree to subscribe to your newsletter >> Next >> Finish.
3. Selamat Anda sudah mempunyai akun demo di FXDD, untuk melihat akun Anda silahkan cek di jendela Navigator >> Accounts.
cara trading emas menggunakan Trading Platform MetaTrader
Cara Trading Emas

4. Di akun demo yang barusan saya buat, saya memilih deposit uang virtual sebesar $5000 USD dan mengatur leverage sebesar 1:100. Belum tahu apa itu leverage? Silahkan kamu baca dulu penjelasannya di halaman "Penjelasan singkat tentang leverage dan margin".
5. Buka jendela Market Watch cari simbol XAUUSD (perdagangan emas) >> Klik kanan >> pilih Chart Window
6. Klik File >> New Order untuk melakukan transaksi Jual Beli emas seperti ditunjukkan jendela pemesanan (order) di bawah.
cara trading emas menggunakan Trading Platform MetaTrader
Cara Trading Emas, Open Order

Melalui jendela order, kita bisa melakukan transaksi membeli emas (Buy) atau menjual emas (Sell).

7. Selesai.

Untuk melihat posisi trading emas, Profit/Loss, yang sedang kita jalankan. Kita bisa melihatnya melalui Account History seperti ditunjukkan gambar dibawah ini.
cara trading emas menggunakan Trading Platform MetaTrader
Cara Trading Emas, Posisi Trading

Dari jendela ini, kita bisa melihat berapa jumlah transaksi emas yang sudah kita lakukan.

Gimana? Sudah paham kan, bagaimana cara trading emas skala internasional. Tapi tunggu dulu, ini semua belum berakhir loh ya. Kenapa? Karena langkah 1 (satu) sampai dengan langkah 6 (enam) masih menunjukkan bagaimana cara trading emas dari sisi mekanisme perdagangan. Tetapi belum menunjukkan bagaimana cara menghasilkan keuntungan.

Terus apa donk yang harus kita lakukan selanjutnya?

Selanjutnya, kita harus belajar menentukan kapan waktu yang tepat masuk kedalam pasar dan kapan waktu yang tepat keluar pasar. Untuk apa itu semua? Untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

Sebelum kita lanjut belajarnya. Jika Anda masih kesulitan belajar bagaimana cara trading emas maka Anda bisa melihat tutorialnya yang ada di youtube. Kenapa? Karena tutorialnya memakai video sehingga kemungkinan lebih jelas. Anda sebenarnya juga bisa langsung mengutak-atik sendiri platform trading metatrader4 berdasarkan userguide yang sudah disediakan broker tempat Anda mendaftar.

Dan biasanya, hal seperti ini yang saya lakukan ketika belajar cara trading emas secara otodidak, utak-atik sendiri platform trading sampai bisa.

#Keuntungan Trading Emas Internasional, Dapat Untung Ketika Harga Emas Naik dan Turun

Seperti yang pernah saya jelaskan di halaman "Konsep trading emas internasional", trading emas itu sangat sederhana yaitu membeli emas di harga rendah kemudian menjual emas di harga tinggi dan raih keuntungan secara dua arah ketika harga naik atau pun turun.

Dan untuk bisa melakukan konsep sederhana ini kita harus cerdas saat melakukan trading emas dengan memegang teguh prinsip "Follow the trend". Maksudnya? Jangan pernah membuka posisi yang berlawanan dengan trend harga pasar, tapi ikutilah trend harga yang terbentuk di pasar.

# Cara Trading Emas - Trend Harga Sedang Downtrend

Ketika pergerakan harga emas menurun (downtrend) maka untuk meraih keuntungan kita harus membuka posisi Jual (Open: Sell) dan menutup posisi Beli (Close: Buy) seperti ditunjukkan gambar berikut:
Pergerakan harga emas
Trending Bearih (Downtrend) Trading Emas

Gimana, sudah paham kaaan?

# Cara Trading Emas - Trend Harga Sedang Uptrend

Begitu sebaliknya ketika pergerakan harga emas naik (uptrend) maka untuk meraih keuntungan kita harus membuka poisi Beli (Open: Buy) dan menutup posisi Jual (Close: Sell) seperti ditunjukkan gambar berikut:
Pergerakan harga emas
Trending Bullish (Uptrend) Trading Emas

Mudah kan konsepnya. Tetapi meskipun mudah ternyata banyak sekali trader yang kehilangan uang ketika menjalankan bisnis ini.

Maka dari itu hal yang harus kita lakukan adalah belajar dan berlatih terus menerus agar bisa menjadi seorang trader emas profesional, jika kita ingin bisa hidup melalui bisnis ini.

Pada posting selanjutnya kita akan belajar lebih detail mengenai istilah yang sering kita jumpai pada saat trading emas. Jadi jangan kemana-mana ya, ikuti terus artikel kami seputar trading emas atau gold.