Daftar REKSA DANA Syariah Balanced Fund atau Campuran

REKSA DANA Syariah Balanced Fund atau Campuran adalah reksa dana yang isi portfolionya adalah surat utang dan saham serta mempunyai return / tingkat pengembalian lebih besar dibandingkan reksa dana syariah money market dan fixed income.
Daftar REKSA DANA Syariah Balanced Fund atau Campuran
Reksadana Syariah Campuran

Isi portfolio ini tentunya adalah aset yang dipilih karena telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu pasar uang, saham, dan pendapatan tetap.
REKSA DANA Syariah Balanced Fund atau Campuran
REKSA DANA Syariah Balanced Fund atau Campuran

Reksa dana syariah balanced fund ini adalah reksa dana yang dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk mengisi isi portoflio investasi Anda tentu selain karena memenuhi kaidah syariah reksa dana ini juga mampu memberikan return yang lebih baik (tetapi risiko juga lumayan loh ya).

Perbandingan prosentase isi portfolio antara saham, pasar uang, dan pendapatan tetap adalah saham yang mempunyai prosentase yang lebih besar. Salah satu contoh adalah komposisi portfolio reksa dana Asanusa Amanah Syariah Fund diatas yaitu saham sebesar 50,06%; pasar uang sebesar 18,42%; dan pendapatan tetap sebesar 31,52%.

Jika kita melihat komponen isi portfolionya yang 50% adalah dalam bentuk saham maka reksa dana ini pun akan sangat terpengaruh dengan kondisi pasar modal dan kondisi makro ekonomi sehingga dapat kita katakan bahwa nilai risikonya termasuk lumayan mampu mempengaruhi nilai portfolio investasi kita.

Jumlah reksa dana syariah tipe ini pun lebih sedikit dibandingkan reksa dana balanced fund atau campuran yang tanpa memperhatikan prinsip-prinsip syariah mungkin dikarenakan kesulitannya mencari aset investasi yang memenuhi kaidah syariah dan mampu memberikan return yang baik. 

Dan jika Anda penasaran dengan reksa dana tipe ini maka silahkan Anda baca-baca daftar reksa dana yang telah kami sampaikan seperti berikut dibawah ini.
  1. Asanusa Amanah Syariah Fund
  2. Avrist Balanced Amar Syariah
  3. Avrist Equity Amar Syariah
  4. CIMB-Principal Balanced Growth Syariah
  5. Cipta Syariah Balance
  6. Danareksa Syariah Berimbang
  7. Insight Syariah Berimbang (I-Share)
  8. Mandiri Investa Syariah Berimbang
  9. Mega Asset Madania Syariah
  10. MNC Dana Syariah Kombinasi
  11. Pacific Balance Syariah
  12. Panin Dana Syariah Berimbang
  13. PNM Syariah
  14. Pratama Syariah Imbang
  15. SAM Syariah Berimbang
  16. Schroder Syariah Balanced Fund
  17. Simas Syariah Berkembang
  18. Syailendra Indo Balance Fund
  19. TRIM Syariah Berimbang

Sebelum Anda memutuskan beli reksa dana syariah campuran ini maka silahkan Anda pelajari terlebih dahulu performance yang dimilikinya melalui Fund Fact Sheet yang disediakan oleh Manajer Investasi. Selain performance pelajarilah komposisi isi portfolionya secara detail untuk memastikan bahwa aset yang menjadi portfolio adalah aset yang benar-benar mampu memberikan keuntungan.

Bandingkan beberapa reksa dana syariah diatas dan pilihlah reksa dana yang terbaik yaitu reksa dana yang mampu menghasilkan return paling baik diantara reksa dana syariah yang ada di pasaran.
REKSA DANA Syariah Balanced Fund
REKSA DANA Syariah Balanced Fund

Setelah Anda membelinya Anda jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kinerjanya secara periodik. Apakah reksa dana tersebut kinerjanya masih sesuai dengan target investasi yang telah Anda tentukan sebelumnya atau tidak. Sehingga jika kinerjanya sudah tidak sesuai maka Anda bisa menggantinya dengan instrumen investasi lainnya.