Daftar REKSA DANA Syariah Equity Fund atau Saham

REKSA DANA Syariah Equity Fund atau Saham adalah reksa dana yang hampir 85% modalnya dibelikan aset / instrumen investasi dalam bentuk saham yang perusahaannya menjalankan sebuah usaha yang telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Reksa dana jenis ini adalah reksa dana yang dimasukkan dalam kategori High Risk High Return sama dengan reksa dana equity fund atau saham.
reksadana syariah
Reksadana Syariah

Karena hampir 85% modalnya ditempatkan dalam bentuk saham maka reksa dana ini sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar modal. Jika pasar modal mengalami koreksi maka kemungkinan besar nilai reksa dana ini pun juga akan mengalami koreksi.
REKSA DANA Syariah Equity Fund atau Saham
REKSA DANA Syariah Equity Fund atau Saham

Meskipun begitu reksa dana jenis ini adalah reksa dana yang mampu memberikan return atau tingkat pengembalian yang lebih besar dibandingkan reksa dana syariah lainnya (money market, fixed income, dan balanced fund). Dan sebagai contoh adalah reksa dana sucorinvest sharia equity fund yang mampu menghasilkan return sebesar 39,05% dalam kurun waktu 3 tahun yang nilainya ini lebih besar dibandingkan Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) yang hanya sebesar 15,14% dalam waktu 3 tahun.

Dan berikut ini dalah daftar reksa dana syariah yang dimaksud:
  1. Bahana Icon Syariah
  2. Batavia Dana Saham Syariah
  3. BNP Paribas Pesona Syariah
  4. CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah
  5. Cipta Syariah Equity
  6. Danareksa Indeks Syariah
  7. Danareksa Syariah Saham
  8. HPAM Syariah Ekuitas
  9. Lautandhana Saham Syariah
  10. Mandiri Investa Atraktif Syariah
  11. Mandiri Investa Ekuitas Syariah
  12. Manulife Syariah Sektoral Amanah
  13. Maybank Syariah Equity
  14. MNC Dana Syariah Ekuitas
  15. OSO Syariah Equity
  16. Panin Dana Syariah Saham
  17. PNM Ekuitas Syariah
  18. Pratama Syariah
  19. Simas Syariah Unggulan
  20. Sucorinvest Sharia Equity Fund
  21. TRIM Syariah Saham

Sebelum Anda memilih reksa dana syariah ini maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca terlebih dahulu Fund Fact Sheet yang telah disediakan oleh Manajer Investasi. Lihatlah jenis saham yang dimasukkan kedalam portofolio kemudian silahkan cek lagi apakah saham tersebut masuk kategori saham syariah atau bukan tetapi jika Anda sudah yakin bahwa saham yang dimasukkan kedalam reksa dana diatas adalah saham syariah  maka tidak ada salahnya Anda langsung membeli salah satu reksa dana tersebut diatas.

Pilihlah reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi dengan baik sehingga mampu memberikan return atau tingkat pengembalian yang besar.
Perbandingan REKSA DANA Syariah Equity Fund
Perbandingan REKSA DANA Syariah Equity Fund

Untuk menemukan reksa dana yang bagus memang Anda harus membandingkannya satu persatu antar reksa dana seperti yang kita lakukan diatas! sehingga kita dapat tahu bahwa performance Reksa dana Sucorinvest Sharia Equity Fund lebih baik performance nya dibanding Pratama Syariah dan PNM Ekuitas Syariah.

Jika Anda sudah tahu reksa dana yang bagus itu mana maka silahkan Anda pilih reksa dana tersebut menjadi salah satu aset / instrumen investasi Anda. 

Proses pemilihan reksa dana ini harus selalu Anda pertimbangkan lagi dengan tujuan / target investasi Anda loh ya... sehingga tujuan investasi Anda akan tercapai dan terarah.