Manfaat Blogwalking Untuk Saya

Manfaat blogwalking, salah satunya adalah mampu memberikan inspirasi para blogger yang sedang mengalami kebuntuan menulis posting blog, termasuk saya sendiri. Tetapi sebelumnya kamu sudah tahu kan, apa itu blogwalking? Jika belum, silahkan kamu pahami terlebih dahulu penjelasan singkat berikut ini.

Manfaat blogwalking
Manfaat Blogwalking Bagi Seorang Blogger
Blogwalking adalah kegiatan surfing blog orang lain, atau jalan-jalan dari satu blog ke blog lainnya. Dan kegiatan jalan-jalan ini nggak peduli dengan topik blog yang akan dikunjungi. Tetapi biasanya, kegiatan jalan-jalan ini dilakukan ke blog yang mempunyai topik sama dengan blog yang dikelola.

Tetapi, saya sendiri suka berkunjung ke blog orang lain tanpa menentukan topik blog terlebih dahulu. Kenapa? Karena, biasanya saya menemukan lebih banyak ide menulis ketika melakukan hal ini.

Seperti ketika saya menulis judul "Manfaat blogwalking untuk saya". Meskipun saya tahu, judul ini sebenarnya sudah kadaluwarsa. Tetapi nggak papa, demi semangat menulis, apa pun akan saya tempuh. Termasuk menulis artikel dengan topik blogging.

Kamu tahu kan, bahwa topik pembahasan utama blog saya, belajarcuan.com, adalah tentang bisnis trading dan investasi. Bukannya blogging maupun jalan-jalan.

Daripada kita basa basi nggak karuan, langsung saja saya sampaikan "Manfaat blogwalking untuk saya". Manfaat blogwalking dibawah ini hanya berlaku untuk saya loh ya, dan syukur jika ternyata bermanfaat juga untuk Anda.

# Manfaat Blogwalking Untuk Saya, Admin dan Author http://www.belajarcuan[dot]com

  1. Menyegarkan pikiran, Ide baru pun akan bermunculan setelah melakukan blogwalking. Blog pun akan terupdate setiap hari. Dan inilah tujuan utama saya ngeblog, mencari ide baru dan segar yang bisa saya tulis didalam blog ini.
  2. Menambah teman. Ketika kita memberikan komentar kedalam blog yang barusan dikunjungi maka ada kemungkinan kita bisa berteman dengan pemiliknya. Kok bisa? Bisa donk, nggak percaya? silahkan saja coba sendiri.
  3. Bisa mendatangkan visitor blog baru. Melanjutkan manfaat blogwalking nomer 2 diatas. Ketika kita memberikan komentar yang baik kedalam kolom yang telah disediakan oleh owner blog dan menaruh alamat blog maka kemungkinan besar banyak orang yang berkunjung kedalam blog kita. Tapi inget, berkunjunglah ke blog yang pemiliknya masih aktif menulis alias update blog secara rutin.
Gimana? sudah tahu kan apa saja manfaat blogwalking, jika sudah tahu. Kenapa masih bengong saja, silahkan Anda lakukan juga blogwalking seperti saya ini. Nggak rugi kok, malah untung Anda nantinya. Seperti untungnya menjalankan bisnis trading saham.

# Apakah Blogwalking Harus Dilakukan Menuju Blog Yang Mempunyai Topik Sama Dengan Kita?

Kalau Anda adalah admin sebuah blog dan ingin mendapatkan ide menulis maka jawabannya adalah "IYA".

Anda memang saya sarankan untuk blogwalking menuju blog yang mempunyai topik pembahasan yang sama dengan topik yang ingin Anda tulis. Kenapa? Biar Anda nggak membuang banyak waktu berharga Anda.

Hanya itu alasannya.

Berarti, nggak masalah dong jika saya blogwalking menuju blog yang mempunyai topik berbeda dengan blog saya? Nggak ada masalah dan nggak ada aturan yang melarang Anda melakukannya.

Tapi inget!, Anda harus mempunyai etika atau attitude yang baik ketika blogwalking terutama ketika memberikan komentar.

Jangan pernah melakukan spam dengan cara menulis komentar yang isinya cuman link aktif jualan. Kenapa? Karena hal itu adalah hal yang sangat dibenci banyak orang. Termasuk saya.

Jika Anda adalah pengunjung blog saya yang hanya ingin nitip iklan jualan maka akan langsung saya masukkan kedalam kantong spammer.

Jadi, jangan kamu lakukan ya hal seperti ini. Karena hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia saja.

Blogwalking menuju blog yang mempunyai topik sama dengan apa yang kita tulis, didalam blog kita, dapat kita ambil manfaatnya yaitu sebagai data pembanding.

Kita bisa membandingkan blog kita dengan blog orang lain khususnya saingan kita di search engine. Sehingga kita bisa melakukan banyak pembenahan dan bisa bersaing dengan pemilik blog penghuni halaman pertama search engine google.

Kegiatan blogwalking kedalam blog yang mempunyai topik sama dengan saya biasanya saya sebut sebagai kegiatan riset.

# Apakah Benar Kegiatan Blogwalking Mampu Meningkatkan Rangking SEO di Search Engine Google?

Sudah tahu kan apa itu Search Engine Optimisation (SEO)? Belum! Oke ini penjelasan singkatnya.

Rangking SEO adalah adalah sebuah rangking yang paling banyak dicari oleh pemilik blog (blogger), Kenapa? Karena semakin baik rangking SEO maka semakin banyak pengunjung yang akan datang masuk kedalam blognya.

Kok bisa? Bisa dooong, karena hanya blog yang mempunyai ranking SEO yang bagus saja yang akan ditampilkan dihalaman pertama search engine google.

Dan jika blog kita berada di halaman pertama google maka kemungkinan akan dilihat dan diklik pengunjung sangat besar.

Kenapa banyak sekali blogger yang melakukan hal ini? Karena pengunjung sama dengan cash.

Nah, kita kembali lagi ke laptop.

Apakah benar blogwalking bisa mempengaruhi SEO? Hmmmm, kalo menurut saya sih nggak bisa. Kenapa? Karena secara logika, itu adalah hal yang gak mungkin dilakukan google.

Aktifnya kita blogwalking tidak mencerminkan kualitas artikel-artikel kita. Tetapi menurut saya, blogwalking dapat meningkatkan SEO secara nggak langsung. Caranya yaitu dengan mendatangkan pengunjung baru yang berasal dari link atau alamat blog yang ditinggalkan didalam kotak komentar blog yang barusan dikunjungi.

Tapi, apakah ini efektif? Menurut saya juga nggak terlalu efektif. Kenapa? Capek mas dan buang-buang waktu saja. Lebih baik kita meningkatkan SEO dari kualitas artikel daripada mendatangkan pengunjung dari kegiatan blogwalking.

Berarti nggak perlu blogwalking dong.

Ya nggak apa-apa kamu blogwalking, tetapi jangan terlalu berharap hal itu akan meningkatkan SEO blog kamu. Nanti kamu malah lupa bahwa kamu mempunyai tugas penting, menulis artikel berkualitas.

# Apakah Blogwalking Bisa Menambah Teman?

Anda suka menambah teman baru?

Jika kamu suka menambah teman baru, lakukan kegiatan blogwalking. Tapi inget, kamu harus pilih blog yang pemiliknya aktif melakukan updating.

Kenapa? Karena jika kamu pilih blog yang nggak aktif diupdate maka hal itu akan percuma saja. Perkenalan yang kamu ajukan melalui kolom komentar nggak akan direspon, ya karena blog yang Anda kunjungi sudah nggak aktif.

Kalau kamu ingin menambah teman dari kegiatan blogwalking, silahkan kamu cari sebuah blog yang pemiliknya selalu aktif melakukan update blog. Bagaimana caranya? Kamu bisa lihat melalui tanggal dikeluarkannya artikel terakhir dan tanggal terakhir pemilik memberikan respon didalam kolom komentar.

Intinya, banyak sekali manfaat blogwalking yang bisa kita rasakan. Entah itu karena kita sebagai pemilik blog atau bukan. Dan apa yang saya tulis pada hari ini, semuanya adalah manfaat blogwalking yang selama ini saya rasakan.

Manfaat blogwalking seperti ini, nggak harus sama kok. Apa yang kamu rasakan dengan apa yang saya rasakan. Kenapa? Karena tujuan kita tidaklah sama.

Jika kamu ingin tahu manfaat blogwalking maka silahkan kamu lakukan hal ini. Tapi sekali lagi, kamu harus ingat! JANGAN MENJADI SPAMMER!