Bisnis Trading Saham dan Kenapa saya Memilihnya

Bisnis trading saham adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan cara membeli saham (melalui sebuah broker saham) kemudian menjualnya kembali di pasar saham guna memperoleh keuntungan berupa selisih harga jual dengan harga beli.
Bisnis Trading Saham dan Kenapa saya Memilihnya
Saham Bank BRI

Dan jika kita berbicara tentang trading saham maka sebenarnya kita sedang berbicara tentang sebuah teknik. Yaitu, teknik membeli dan menjual saham.
Kenapa memilih bisnis trading saham
Bisnis Trading Saham, BBRI

Apakah teknik ini sama dengan teknik jual beli buah di pasar sayur? Jawabannya adalah "YA".

Biar kamu nggak penasaran dengan apa yang saya bicarakan, silahkan kamu buka halaman yang membahas tentang "Perbedaan antara trading dan investasi". Kenapa? Biar kamu nggak gagal paham.

Trading saham sangat berkaitan dengan psikologis trader di pasar saham. Kenapa? Karena pembentukan harga saham dalam jangka pendek lebih dipengaruhi oleh psikologis atau mental daripada dipengaruhi oleh faktor fundamental saham itu sendiri.

Apa keuntungan menjalankan bisnis trading saham dibandingkan bisnis lainnya?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh ketika kita menjalankan bisnis trading saham. Dan beberapa keuntungan, atau saya lebih suka menyebutnya dengan istilah "Kemudahan" yang saya rasakan selama ini antara lain adalah.
  1. Bisnis trading saham dapat dilakukan oleh siapa saja.
  2. Bisnis trading saham dapat menjadi sumber penghasilan.
  3. Bisnis trading saham tidak memaksa kita untuk mencari penjual dan pembeli.
  4. Bisnis trading saham dapat saya jalankan dimana dan kapan saja.
  5. Bisnis trading saham memberikan peluang kebebasan finansial
  6. Bisnis trading saham dapat saya jalankan ketika masih menjadi karyawan

#1. Bisnis Trading Saham Dapat Dilakukan Oleh Siapa Saja

Bisnis trading saham memang bisa dijalankan oleh siapa saja. Kenapa? Karena mekanisme trading saham sangat mudah dipahami.

Terus, apa yang sulit dari bisnis trading saham ini? Nggak ada! kalau kita berbicara tentang mekanisme trading saham. Dan karena hal inilah (mekanisme) bisnis trading saham bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk kamu.

Trus yang sulit apa? Bagian tersulit dari bisnis trading saham adalah "Kesabaran". Kenapa? Karena ketika kita menjalankan bisnis trading forex, kita harus bisa belajar sabar, sabar, sabar dalam hal memahami psikologis pasar.

Maksudnya? Kita sebagai seorang trader saham bisa tahu kapan pasar bergerak turun (downtrend) atau bergerak naik (uptrend) dan kapan waktu yang tepat membeli saham dan kemudian menjualnya.

Untuk menentukan "Timing" atau "Kapan waktu yang tepat" kita bisa mempelajarinya melalui analisis teknikal.

Kita kembali ke topik utama dulu, bisnis trading saham bisa dijalankan oleh siapa saja termasuk anak sekolah atau ibu rumah tangga. Tapi ada satu syarat, kamu harus bisa memahami apa itu saham terlebih dahulu dan mempunyai keinginan kuat untuk sukses dan belajar.

Dan jangan takut rugi, karena semua orang sukses pernah rugi atau gagal. Kenapa? Karena kerugian itulah yang akan membawa kita ke jalan yang benar. Asalkan satu, kamu harus berpikiran positif terhadap itu semua.

#2. Bisnis Trading Saham Dapat Menjadi Sumber Penghasilan

Bisnis trading saham bisa menjadi sumber penghasilan selain dari gaji bulanan bekerja. Dan bisnis trading saham bisa menjadi sumber penghasilan utama jika kita memang ingin fokus mendapatkan uang dari bisnis ini.

Dan inilah enaknya, bisnis trading saham bisa dijalankan oleh siapa saja meskipun itu adalah Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Karyawan Swasta atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Saya sendiri menjadikan bisnis trading saham tidak hanya sebagai "Sampingan" tetapi sudah saya jadikan sebagai sumber penghasilan utama selain gaji bulanan.

Apakah saya selalu untung menjalankan bisnis trading saham ini? Nggak juga, namanya juga bisnis. Saya sendiri juga pernah mengalami kerugian, dan kerugian itu terjadi ketika pertama kali mengenal saham. Maklum lah, biaya belajar.

Kita harus inget, ini adalah sebuah bisnis. Dan yang namanya bisnis, pasti ada istilah untung dan rugi. Dan untuk mengurangi kerugian maka kita harus menerapkan manajemen risiko yang benar.

Besarnya keuntungan bisnis trading saham sangat tergantung ketrampilan yang kita miliki yaitu ketrampilan membeli saham pada harga yang murah kemudian menjualnya pada harga yang lebih mahal. Dan yang tidak kalah penting adalah jumlah modal yang kita miliki.

Bisa dong dapat penghasilan 3 juta per bulan? Bisa banget, malah itu adalah hal mudah jika kita punya modal yang lumayan gede.

#3. Menjalankan Bisnis Trading Saham, Nggak Perlu Sibuk Mencari Penjual dan Pembeli

Makanya, kenapa bisnis trading saham ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga atau karyawan.

Kita nggak perlu susah payah mencari pelanggan atau pemasok barang seperti ketika kita akan menjalankan bisnis konvensional (jualan buah, baju, kosmetik, dan lain sebagainya). Kenapa? Karena semua penjual dan pembeli sudah berkumpul di Pasar Saham, tempat kita menjalankan transaksi jual beli saham.

Gimana? Enak to, mudah kan.

Jadi, jika kamu adalah tipe orang yang malu menawarkan barang dagangan ke pelanggan maka saya yakin ini adalah tipe bisnis yang sangat cocok dengan karakter kamu.

Nah, inilah alasan saya, kenapa saya memilih bisnis trading saham hingga saat ini. Selain karena saya ingin mendapatkan penghasilan selain gaji bulanan. Hanya bisnis trading saham yang bisa saya jalankan ketika masih menjadi seorang karyawan.

Apa nggak ganggu kerjaan mas? Nggak, karena bisnis trading saham tidak memerlukan waktu lama untuk menjalankannya. Saya sendiri hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit per harinya. Dan itu bisa kamu lakukan diwaktu tidak ada kerjaan atau coffe break

#4. Bisnis Trading Saham Dapat Dijalankan Kapan dan Dimana Saja

Inilah hebatnya bisnis yang saya bilang "Wow".

Kenapa? Karena bisnis trading saham bisa kita jalankan dengan cara yang sangat fleksible, tempat dan waktunya.

Kita bisa menjalankan bisnis trading saham kapan saja dan dimana saja kita berada. Kenapa? Karena, bisnis trading saham hanya memerlukan sebuah smartphone atau laptop atau komputer dan sambungan internet, kita sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar.

Sekarang ini, namanya bisnis online itu sudah menjamur. Dan bahkan, apa-apa yang kita lakukan ingin dilakukan secara online. Dan kenapa banyak yang suka online? Karena secara mekanisme, bisnis online memang mudah dilakukan. Begitu juga dengan bisnis trading saham.

Karena hal inilah saya memilih bisnis trading saham dibandingkan bisnis yang lain. Karena apa itu? Karena menjalankan bisnis trading saham tidak harus di kantor.

#5. Bisnis Trading Saham Menjanjikan Kebebasan Finansial

Bebas secara finansial? Siapa yang nggak mau juragaaan....

Untungnya, bisnis trading saham sangat menjanjikan peluang kebebasan finansial. Dan hal yang harus kita lakukan adalah "Belajar", "Belajar", "Belajar", "Belajar", dan terus "Belajar".

Banyak sekali orang yang hidup sukses dari kegiatan bisnis trading saham dan kemudian memiliki kebebasan finansial.

Anda ingin bebas secara finansial? Nggak usah ragu, silahkan Anda bergabung di pasar saham. Tapi, silahkan Anda pelajari lebih lanjut lagi tentang saham sebelum memutuskan "Iya, Saya mau".

Silahkan Anda belajar di halaman blog ini atau Anda juga bisa membaca buku yang membahas tentang saham yang sudah banyak dijual di toko buku. Salah satu contoh adalah buku-buku saya tentang saham yang saya beli dari Amazon.

Kebebasan finansial inilah yang selalu saya cari-cari selama ini, makanya saya memilih bisnis trading saham untuk mewujudkannya.

#6. Bisnis Trading Saham Dapat Dijalankan Ketika Masih Menjadi Karyawan

Karena saya adalah seorang karyawan, pekerja, yang aktif bekerja. Tetapi menginginkan penghasilan tambahan. Makanya saya memilih bisnis trading saham untuk mewujudkan hal ini.

Bisnis trading saham adalah sebuah bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah karena tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Hanya 15 menit itu sudah termasuk analisis singkat dan proses transaksi jual beli.

Tetapi sebelum saya memutuskan melakuka transaksi jual beli saham, biasanya pada saat bursa saham tutup saya melakukan analisis terlebih dahulu. Dan hasil analisis tersebut tidak mengharuskan setiap hari kita akan melakukan transaksi jual beli.

Oh iya, bisnis trading saham ini tidak mengharuskan kita untuk menjalankannya setiap hari loh. 

Proses transaksi jual beli hanya perlu 15 menit tetapi hal ini tidak harus kita jalankan setiap hari tergantung momentum harga saham yang terbentuk.

Kok bisa? Bisa donk, karena waktu tepat untuk membeli dan menjual saham tidak selalu ada setiap hari secara berurutan (senin s/d jum'at).

Karena hal inilah saya memutuskan memilih bisnis trading saham sebagai media saya untuk mewujudkan semua impian tentang kebebasan finansial.

Gimana, kamu tertarik menjalankan bisnis trading saham seperti ini? Jika iya, jangan menunggu lama. Silahkan kamu cari broker saham yang cocok untuk Anda dan langsung action!.