Apakah Investasi Properti Itu Menguntungkan

Apakah investasi properti itu menguntungkan? mungkin ini adalah pertanyaan dasar yang paling sering ditanyakan oleh orang awam yang sangat mendambakan hidup bebas finansial. Tapi masalahnya seberapa besar modal yang diperlukan untuk menjalankan investasi properti ini.
Investasi Properti
Investasi Properti

Menurut saya, investasi properti itu sangat menguntungkan jika dilakukan dengan tepat. Nggak ada investasi properti yang tidak menguntungkan kecuali kamu beli tanah disamping kuburan keramat yang banyak hantunya. Mungkin dari sejuta orang hanya satu orang yang berani membeli tanah tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai tempat tinggal.

Tapi, seberapa menguntungkannya investasi properti dibandingkan investasi lainnya semisal investasi saham atau obligasi. Dan seberapa besar modal yang diperlukan untuk membeli properti.

Jika kamu berinvestasi properti di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan Kota besar lainnya mungkin akan sangat berbeda jika kamu investasi di kota kecil apalagi pinggiran kota kecil yang kegiatan ekonominya sangat rendah.

Di kota-kota besar nilai properti lebih cepat mengalami kenaikan karena pesatnya pertumbuhan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk jika dibandingkan dengan nilai properti di kota kecil dengan pertumbuhan ekonomi lambat.

Jadi dapat dikatakan bahwa besarnya keuntungan investasi tanah sangat tergantung dengan lokasi, lokasi, dan lokasi. Jika lokasi kamu sangat strategis atau setidaknya akan menjadi sangat strategis maka kemungkinan akan mendapatkan untung yang tinggi akan semakin besar.

Nggak percaya, coba saja kamu datang ke pedalaman Papua dan tanyakan berapa harga tanah di sana. Pasti nilainya lebih murah dibandingkan di kota Malang. Kenapa? Karena siapa yang kepengen beli tanah disana dengan harga murah tetapi sekelilingnya nggak ada tetangga dan masih banyak binatang buas.

Tempat tinggal bukan bentuk investasiJadi, jika kamu adalah pekerja yang memang hidupnya ingin selalu aman dan nyaman. Maka berinvestasilah di properti. Kenapa? Karena properti adalah salah satu bentuk instrumen investasi yang mampu memberikan hasil yang tinggi.

Daripada uang bulanan kamu tabung kedalam bentuk tabungan atau deposito maka kamu bisa menabungnya dalam bentuk properti (tanah maupun rumah).

Investasi properti bisa kamu gunakan sebagai sarana tabungan untuk masa tua atau biaya anak sekolah yang bisa kamu jual ketika kamu membutuhkannya.

Tapi ingat! rumah yang kamu gunakan sebagai tempat tinggal bukan termasuk bentuk investasi loh ya.

Kenapa? Karena jika kamu jual rumah yang kamu tempati maka kamu nggak akan punya tempat tinggal lagi.

Dan ingat satu hal penting tentang prinsip investasi "Jangan menggunakan dana hasil pinjaman untuk melakukan investasi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang besar". Kenapa? Karena investasi properti adalah bentuk lain dari istilah "Menabung". Masak kamu mo menabung menggunakan dana pinjaman bank.

Nggak banyak untungnya...

Makanya kenapa banyak sekali orang tua selalu menyarankan kepada anaknya untuk selalu membeli tanah atau rumah daripada menabung uangnya di Bank.

# Tips Membeli Properti Untuk Investasi

Sebenarnya nggak bisa dikatakan sebagai tips sih, kenapa? Karena saya yakin bahwa hampir semua orang sudah tahu hal ini. Dan tips yang saya maksud adalah,
  1. Belilah properti berupa tanah atau rumah yang mempunyai letak strategis dan merupakan incaran banyak orang. Semakin strategis properti yang kamu miliki maka kamu nggak usah khawatir nggak ada yang akan membelinya.
  2. Belilah properti yang mempunyai akses jalan bagus untuk kendaraan seperti motor, mobil, atau truck. Semakin bagus jalannya maka semakin mahal properti tersebut dan saya yakin harganya pun akan terus meningkat.
  3. Belilah properti yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, perkantoran, dan rumah sakit. Karena didekat fasilitas umum seperti ini banyak properti yang menjadi incaran banyak orang. Entah itu untuk tempat tinggal maupun untuk usaha.
  4. Jangan membeli properti yang dekat dengan kuburan, kenapa? karena kamu nanti akan susah menjualnya. Mungkin harga properti kamu akan semakin meningkat, tetapi jika kamu sulit mencari pembeli maka kamu nggak akan pernah bisa menikmatinya. 
Gimana, tertarik berinvestasi properti.

Jika kamu tertarik dengan investasi properti maka belilah properti sejak dini terutama setelah kamu membeli tempat tinggal keluarga kamu terlebih dahulu tentunya.

Sebelum saya tutup posting "Apakah investasi properti itu menguntungkan". Jika kamu punya tips atau strategi investasi yang ciamik dan ingin berbagi dengan kami. Saya persilahkan untuk menyampaikannya melalu Contact Us.