Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging

Cara menghasilkan uang dari kegiatan blogging sebenarnya bukanlah hal baru. Tetapi jika kamu adalah blogger pemula yang memang benar-benar baru membuat sebuah blog maka kemungkinan besar hal ini memang hal yang baru.
Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging
Menghasilkan Uang Dari Blogging

Jika kamu punya sebuah blog tetapi kamu nggak tahu apa itu namanya monetize blog maka saya ucapkan selamat bahwa kamu adalah blogger yang memang hanya menginginkan kebahagiaan ketika blogging atau ngeblog.

Apakah itu salah? Nggak, sama sekali nggak salah. Karena setiap blogger mempunyai tujuannya masing-masing ketika mereka mengelola sebuah blog. Entah itu mereka tujukan untuk kegiatan amal, politik, hobi, nyari duit, atau yang lainnya.

Posting saya hari ini adalah tentang "Cara menghasilkan uang dari kegiatan blogging", kenapa? Karena saya ingin berbagi informasi kepada kalian semua yang baru saja mengenal blogging. Dan bahwa blogging mampu menjadi sumber pendapatan jika dikelola secara profesional.

Apakah sudah ada buktinya? Banyak sekali buktinya dan hal ini adalah sesuatu yang sudah lumrah di jagad maya alias internet.

# Cara Menghasilkan Uang atau Pendapatan Dari Kegiatan Blogging

Jika kamu sudah nggak sabar dengan apa yang saya maksud maka berikut ini adalah beberapa  cara yang bisa dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan uang dari kegiatan blogging.

# Menghasilkan Uang Melalui Program Publisher Iklan

Untuk bisa menghasilkan uang atau pendapatan dari kegiatan blogging, kita bisa memperolehnya dengan cara menjadi "Publisher iklan" entah itu milik Google yang dikenal dengan Google Adsense atau milik Yahoo dan Bing melalui Media.net.
Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging
Publisher Yahoo dan Bing

Menjadi seorang publisher adalah hal yang paling lumrah dilakukan oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan. Kenapa? Karena mungkin semua orang merasa mampu membuat sebuah konten blog.

Tapi ingat, nggak mudah untuk menjadi seorang publisher sukses. Kenapa? Karena blog yang kita kelola harus mampu mendatangkan banyak pengunjung. Dan untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung berarti kita harus mampu membuat konten blog yang bermanfaat untuk banyak orang.

Selain mampu menghasilkan konten blog yang bermanfaat, kita juga harus memperhatikan Search Engine Optimization (SEO) agar blog yang kita kelola mampu tampil di halaman pertama search engine untuk kata kunci tertentu.

Kenapa semua blogger ingin blog yang dikelolanya bisa tampil di halaman pertama search engine? Karena blog yang tampil di halaman pertama biasanya mempunyai peluang lebih besar dikunjungi oleh para pencari informasi.

Selain itu kita juga bisa melakukan marketing blog melalui periklanan untuk mendatangkan pengunjung atau istilahnya marketing blog adalah salah satu cara kita memperkenalkan blog kedalam jagad maya.

Tapi ingat, jika kamu adalah blogger pemula maka saya sarankan fokus saja terlebih dahulu membuat konten blog dan membangun jaringan didalam jagad maya.

Jika kamu adalah blogger pemula dan blog yang kamu kelola belum mempunyai banyak pengunjung maka percuma saja kamu mendaftar sebagai publisher. Kenapa? Karena diperlukan banyak pengunjung untuk menghasilkan uang yang lumayan bisa mencukupi kebutuhan hidup.

Dan sebelum kamu mendaftar sebagai publisher maka silahkan kamu baca terlebih dahulu persyaratannya dan silahkan kamu penuhi dulu persyaratan tersebut agar bisa diterima sebagai publisher iklan.

# Menghasilkan Uang Melalui Program Affiliasi 

Selain kita bisa menghasilkan uang melalui program publisher iklan, kita juga bisa menghasilkan uang dari program affiliasi.

Tahu kan apa itu program affiliasi?

Jadi, program affiliasi itu adalah program makelar yang dibuat oleh toko online sebagai salah satu strategi marketing mereka untuk berjualan produk.

Kalau didunia nyata kamu kenal dengan istilah makelar tanah, makelar rumah, makelar sapi, atau jenis makelar lainnya maka program affiliasi itu mirip dengan istilah "Makelar-makelar" tersebut. Nggak jauh beda pokoknya.

Ketika kamu menjalankan program affiliasi, tugas kamu adalah mempromosikan produk dan memasang link produk kedalam blog. Jika pengunjung blog kamu tertarik membeli produk yang kamu promosikan melalui link yang kamu pasang. Maka kamu akan mendapatkan komisi penjualan dari toko online yang kamu ikuti program affiliasinya.

Toko online mana saja yang menyediakan program affiliasi? Banyak sekali toko online yang menyediakan program affiliasi seperti ini. Salah satunya adalah Amazon.com yang dimiliki oleh Jeff Bezos (orang terkaya di US ketika posting ini ditulis).

Apakah banyak yang berhasil mendapatkan uang melalui program affiliasi seperti ini? Banyak, tetapi kamu tetap harus menjalankan program ini secara "Professional" jika ingin bisa menghasilkan uang yang banyak.

Kenapa kamu harus professional? Karena ketika kamu mengikuti program affiliasi sebenarnya posisi kamu sama dengan posisi toko online yaitu sama-sama menjual produk.

# Menghasilkan Uang Melalui Jualan Produk Sendiri

Selain kamu bisa mendapatkan uang dengan cara jualan produk orang lain maka kamu bisa menghasilkan uang dengan cara jualan produk kamu sendiri.

Blog yang kamu kelola bisa kamu gunakan untuk menjual produk yang kamu miliki. Apalagi blog yang kamu kelola memang berbicara tentang produk yang kamu miliki.

Apa saja produk yang bisa kamu jual melalui blog?

Kamu bisa menjual tulisan atau novel, resep memasak, tutorial komputer, keanggotaan, dan lain sebagainya. Jika kamu bingung maka kamu bisa baca-baca beberapa ide bisnis yang pernah saya tulis sebelumnya.

Dan hal terpenting yang harus kamu lakukan jika kamu ingin jualan produk kamu sendiri adalah silahkan kamu jual produk "Orisinil" dan "Unik" yang kamu miliki.

# Ide Ngeblog Menghasilkan Uang

Jadi intinya adalah ide ngeblog kamu sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang. Dengan catatan semuanya itu kamu lakukan secara konsisten dan professional sama seperti ketika kamu akan menjalankan bisnis atau usaha di dunia nyata.

Kalau kegiatan blogging kamu asal-asalan maka jangan berharap terlalu tinggi kamu mampu menghasilkan uang banyak melalui kegiatan blogging.

Nggak mudah sukses membuat blog itu, karena diperlukan waktu yang nggak sebentar dan konsistensi kuat menjalankannya. Dan hal seperti inilah yang terkadang nggak semua orang bisa melakukannya.

Apa sih paramater blog itu dikatakan sukses? Tentu banyaknya pengunjung yang setia berkunjung ke blog kamu.

Seperti banyaknya pemirsa televisi yang setia memencet remote televisi untuk melihat program hiburan kesayangannya.

Gimana, masih tertarik menghasilkan uang dari kegiatan blogging.